SEGALA MACAM STOPKONTAK

SEGALA MACAM STOPKONTAK

Semua makluk hidup pasti membutuhkan stopkontak atau colokan kabel listrik untuk menyambungkan kabel, agar dapat menyalakan sebuah benda seperti lampu yang kita miliki dirumah saat sekarang.

Stop kontak adalah sebuah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan grounding pada instalasi listrik. Dan yang lebih penting lagi ELCB bisa memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak antara listrik dan tubuh manusia, “Jangan mengkopi atau menduplikat artikel ini tanpa menuliskan sumber artikel dari https://materialbahanbangunan.com” banyak sekali macam- macam stopkontak:

Berikut saya akan jelaskan macam – macam stopkontak, fungsi dari stopkontak, cara kerja nya, cara memasangnya.

  1. Macam – macam stopkontak

 

  • Stopkontak 1 lubang
  • Stopkontak 2 lubang
  • Stopkontak 3 lubang
  • “Jangan mengkopi atau menduplikat artikel ini tanpa menuliskan sumber artikel dari https://materialbahanbangunan.com”
  • Stopkontak 4 lubang
  • Stopkontak 5 lubang
  • Stopkontak 6 lubang

 

  1. Fungsi dari stopkontak

 

Fungsi stopkontak yaitu

 

Berdasarkan bentuk serta fungsinya, stop kontak dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
– Stop kontak kecil, merupakan stop kontak dengan dua lubang (kanal) yang berfungsi untuk menyalurkan listrik pada daya rendah ke alat-alat listrik melalui steker yang juga berjenis kecil.

– Stop kontak besar, juga merupakan stop kontak dengan dua kanal AC yang dilengkapi dengan lempeng logam pada sisi atas dan bawah kanal AC yang berfungsi sebagai ground.sakelar jenis ini biasanya digunakan untuk daya yang lebih besar.

 

  1. Cara kerja stopkontak
  • Cara kerja stopkontak yaitu: Umumnya bila peralatan listrik bekerja normal maka total arus yang mengalir pada kawat “plus” dan “netral” adalah sama sehingga tidak ada perbedaan arus. Namun bila seseorang tersengat listrik, kawat “plus” akan mengalirkan arus tambahan melewati tubuh orang yang tersengat ke tanah. Bahwa banyak kita ketahui stopkontak sangat berbahaya bagi anak- anak maupun orang dewasa.
BACA ARTIKEL YANG LAIN  kabel roll/ kabel panjang/ kabel gulung/ kabel listrik

 

  1. Cara memasang stopkontak yaitu sebagai berikut:

 

Secara prinsip pemasangan stop kontak sederhana, yakni dengan menyisipkan stop kontak antara peralatan listrik dengan sumber listrik. Kedua kawat baik “plus” maupun “netral” dilewatkan stop kontak sebelum mencapai titik yang dilindungi, agar lebih aman memasang stopkontak memakai sandal atau alas lainnya agar lebih aman saat pemasangan nya.”Jangan mengkopi atau menduplikat artikel ini tanpa menuliskan sumber artikel dari https://materialbahanbangunan.com”