PENGGUNAAN PAPAN GRC SEBAGAI MATERIAL DIDING PRAKTIS


GRC kini hadir sebagai material dinding memang sangat praktis. GRC (Glassfiber Reinforced Cement) merupakan bahan bangunan atau material yang terbuat dari campuran/adukan semen dan agregat halus yang diperkuat dengan serat fibreglass alkali resistance serta bahan tambahan penguat.

GRC (Glassfiber Reinforced Cement) produksi Dikivindo GRC yang  memiliki kelebihan sebagai berikut : ringan, memiliki ketahanan terhadap bahan kimia, tidak mengandung asbes, tidak lapuk dan berkarat serta tidak berbahaya terhadap kesehatan.

Manfaat

   Manfaat yang diperoleh dari pemasangan GRC sebagai material dinding yaitu bahan yang ringan, lebih praktis, waktu pengerjaan lebih singkat dan juga anti terhadap rayap.

Deskripsi Dinding

  Dinding adalah salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan/ membentuk ruang. Teknologi menghadirkan fungsi baru dari dinding dan menyuguhkan berbagai macam jenis finishing. Fungsi lain dari dinding yaitu sebagai penyekat ruangan, peredam suara, pelindung bagian dalam bangunan dari cuaca dan sebagainya. Berdasarkan fungsinya, dinding terbagi menjadi beberapa bagian. Di antaranya dinding partisi, dinding pembatas (boundary wall), dinding penahan (retaining wall) dan sebagainya.

Berikut ini adalah macam-macam dinding:

1. Dinding Partisi : Dinding ringan yang memisahkan antar ruang dalam. Terbuat dari gypsum, fiber, tripleks atau Duplex.

2. Dinding Pembatas : Untung menandakan batas lahan. Atau bisa disebut dinding Privasi.

3. Dinding Penahan : Digunakan pada tanah yang berkontur dan dibutuhkan struktur tambahan untuk menahan tekanan tanah.

4. Dinding Struktural : Untuk menopang atap dan sama sekali tidak menggunakan cor beton untuk kolom. Konstruksinya 100% mengandalkan pasangan batu bata dan semen.

5. Dinding Non-Struktural : Dinding yang tidak menopang beban, hanya sebagai pembatas apabila dinding di robohkan, maka bangunan tetap berdiri. beberapa material dinding non-struktural diantara-Nya seperti batu bata, batako, bata ringan, kayu dan kaca.

GRC merupakan dinding partisi Glassfibre Reinforced Cement, adalah sebuah produk precast / pracetak dari beton yang di-mixed dengan serat fiberglass. Keuntungan produk GRC adalah lebih ringan di banding dengan produk beton pracetak pada umumnya dan bisa dibuat lebih tipis sebagai papan GRC / GRC board atau panel GRC.(Glass-fibre Reinforced Cement) GRC Board atau papan semen fiber glass adalah inovasi teknologi dari negara Jepang.

Glassfibre Reinforced Cement atau yang lebih di kenal dengan sebutan GRC. GRC Board mempunyai karakteristik yang sangat istimewa, Produk yang bahan bakunya terdiri dari semen, pasir, dan serat fiber alkali resistant ini mampu memberikan solusi untuk mewujudkan berbagai desain secara mudah dan efisien dan hal ini yang menjadikan GRC lebih diminati oleh Konsultan dan Kontraktor di Indonesia karena sifatnya yang efisien dan fleksibel serta sangat baik untuk diterapkan dalam beragam desain Arsitektur ( eksterior maupun interior).

BACA ARTIKEL YANG LAIN  tips membuat garis pada papan gypsum

2.2. Komposisi GRC

KOMPOSISI BAHAN SESUAI SETANDAR GRC:

A.  Semen                                                                                                                                                 Semen yang diisyaratkan menggunakan semen portland biasa seperti diisyaratkan SII untuk beton.

B. Pasir                                                                                                                                   

Pasir (agregat halus) yang digunakan pasir bersih, kering dan keras serta bergradasi 150 mikron – 1.2 mm.

C. Serat Fiberglass                                                                                                                Serat fiberglass yang dipakai adalah ROFFING (Na2O – CaO – ZrO2 – SiO2), serat ini berbentuk panjang seperti tali dan terpotong-potong menjadi 18 – 36 mm.

D. Air                                                                                                                                        

Air yang digunakan adalah air bersih tidak mengandung lumpur. Setara dengan air yang digunakan untuk adukan beton.

1.3. Cara Membuat GRC

Proses desain

Tahapan ini merupakan tahapan paling awal dari proses pembuatan. Desain yang dibuat merupakan acuan awal dalam membentuk produk GRC yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan dari konsumen. Proses desain itu sendiri meliputi beberapa tahapan seperti:

·      Brainstorming

·      Propose

·      ACC konsumen

·      Desain disetujui

Output dari proses desain bisa berupa shop-drawing atau 3D visual image.

Pembuatan mal acuan

Desain GRC yang telah disetujui kemudian dilanjutkan dengan tahap pembuatan mal aplikasi (skala 1:1) yang nantinya akan dijadikan acuan pembuatan master prototype. Mal acuan ini harus dibuat semaksimal mungkin persis dan akurat dengan desain yang sudah ada untuk memudahkan dalam proses produksi GRC. Hal ini akan sangat mempengaruhi kemudahan proses instalasi GRC nantinya.

Master prototype

Selanjutnya setelah mal acuan dibuat masuk pada proses pembuatan master prototype. Sebenarnya master prototype ini bisa jadi diperlukan ataupun tidak, tergantung dari jumlah hasil moulding yang diperlukan, sehingga proses ini dapat dikategorikan tidak wajib dalam pembutaan produk GRC.

Moulding

Moulding GRC merupakan tahapan yang paling krusial dalam mendapatkan kualitas produk GRC yang dibuat. Moulding GRC merupakan istilah lain dari cetakan negative dari sebuah produk GRC. Biasanya moulding GRC ini dibuat dengan teknik repro dan cetak rusak. Cetakan repro bertujuan untuk membuat cetakan masal yang berulang pada satu moulding (produksi), sedangkan cetak rusak hanya dapat digunakan sekali produksi saja.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Toko bangunan buka malam hari? kami selalu hadir

Material dari moulding sangat beragam tergantung yang dibutuhkan, antara lain:

·      Kayu/multipleks

·      Resin

·      Spons

·      Silicon, dan lain-lain

Material moulding/cetakan produk GRC yang dipilih, ditentukan oleh tingkat kesulitan, tingkat detail, dan jangkauan harganya.

Produksi

Teknik produksi GRC ada beberapa macam antara lain sprying (teknik semprot menggunakan mesin GRC) dan casting/premik (teknik cetak tuang, baik manual atau menggunakan mesin).

Finishing akhir

Fnishing akhir bertujuan untuk meneliti dan merevisi jika ada yang diperlukan, misalnya  saat melepas produk GRC dari cetakan setelah proses produksi GRC terdapat kekurangan seperti kurang halus atau sedikit berpori pada permukaan produk, dapat diperbaiki. Dengan kata lain proses finishing adalah proses penyempurnaan produk pada tahap akhir produksi.

Curing

Proses curing adalah proses pengeringan produk GRC. Proses ini memerlukan tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Agar tingkat kematangan/pengeringan bisa maksimal, proses ini normalnya membutuhkan waktu minimal satu minggu masa curing.

1.4. Cara Pemasangan GRC

A. Rangka yang digunakan bisa rangka metal stud, hollow, siku.

B. Jarak rangka yang dianjurkan bisa 610 x 1220mm atau 610 x 2440mm.

C. Pemasangan panel ke rangka bisa menggunakan sekrup sebagai penguat dengan jarak 50mm dari sudut dan 15mm dari sisi panel, kemudian jarak antar sekrup atau paku 200mm untuk sisi panel dan 300mm untuk tengah panel.

Beri celah antar panel ± 3mm untuk penempatan compound A+B (pemakaian 1:1).

D. Tutup compound A+B dengan GRC Tape yang sudah diolesi tipis compound A+B, kemudian GRC Tape diratakan agar keluar gelembung udaranya sampai rata dan tunggu kering ± 24 jam.

E. Tahap terakhir gunakan cornice adhesive untuk finishing sambungan flushjoint (tanpa nat).“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”.

F. Untuk mengatasi dilatasi, setiap pemasangan maksimum 15 lembar diberi expansion joint (pada sambungan GRC board antar celah/nat diisi dengan sealant PU/Poly Urethane).

G. Untuk finishing bisa langsung dicat tanpa harus di plamir terlebih dahulu.

H. Produk yang digunakan GRC board 6mm, 8mm atau 10mm.

Keunggulan :

– Tahan air dan kelembaban.

– Tahan terhadap api.

– Tahan jamur dan rayap.

– Kuat dan tahan benturan.

– Permukaan rata tanpa perlu di plamir.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kelebihan dari Triplek dan keunggulan memakai triplek

– Kedap suara.

– Pemasangan lebih cepat dan praktis.

– Biaya lebih efisien.

– Dapat difinishing dengan cat, wallpaper serta keramik.

Kekurangan :                                                                                                       Kekurangannya sama dengan plafon eternit atau asbes tak tahan benturan. Material GRC di beberapa daerah masih jarang di jumpai.

   GRC( Glassfibre Reinforced Cement ) merupakan inovasi baru untuk material dinding yang praktis, efektif dan efisien. Bahannya yang ringan dapat mempermudah proses pemasangannya dan dengan tekstur luar yang halus juga mempermudah proses finishing

Selain itu keunggulan yang di dapat antara lain :

– Tahan air dan kelembaban.

– Tahan terhadap api.

– Tahan jamur dan rayap.

– Kuat dan tahan benturan.

– Permukaan rata tanpa perlu di plamir.

– Kedap suara.

– Pemasangan lebih cepat dan praktis.

– Biaya lebih efisien.

– Dapat difinishing dengan cat, wallpaper serta keramik.

  Untuk material dinding gedung perkantoran, sekolah maupun rumah agar lebih cepat, praktis, efisien sebaiknya memakai produk ini karena sudah terbukti keunggulannya, baik dari segi waktu pemasangan maupun keawetan bahannya. anda bisa mendapatkan berbagai ukuran GRC dengan ketebalan dari 4 mm sampai 20 mm di Toko kami yang beralamat https://materialbahanbangunan.com/alamat/
Toko kami buka SETIAP HARI jam 7 pagi dan tutup jam 8 malam. Kecuali hari Minggu-Rabu-Kamis kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 Sore.

Anda juga bisa berbelanja di toko kami secara online di https://www.tokopedia.com/citrabangunan?nref=shphead&keyword=gypsum Dan kami akan mengirimkan barang pesanan anda.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032 801

khusus pemesanan barang barang yang besar

0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesanan Anda.