Macam-macam jenis Kran Air dan fungsinya

Fungsi dan Jenis Kran Air
www.materialbahanbangunan

Kita semua pasti mengwnal yg namanya kran air.
Kran yaitu alat yang dipakai untuk mengeluarkan air dari selang atau sistem instalasi air. Karena meski ukurannya hanya kecil saja, namun kran menjadi salah satu element penting dalam rumah atau bangunan. Sebab segala jenis urusan yang berhubungan dengan air hampir semuanya selalu membutuhkan alat ini. Keberadaan kran sama pentingnya dengan selang atau pipa yang dipakai untuk mengalirkan air tersebut.Kali ini kqmi www.materialbahanbangunan.com akan mengulas tentang jenis kran dan fungsinya.

Kran air berfungsi untuk mengontrol jumlah air yang dikeluarkan. Meski ukurannya kecil, kehadiran kran air sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak lain karena segala sesuatu yang berkaitan dengan air seperti selang dan kamar mandi akan lebih mudah dioperasikan dengan alat ini. Desain kran air juga dapat mempengaruhi keindahan suatu ruang atau elemen tertentu. Saat ini banyak yang jual kran air di pasaran, baik dari bentuk desain atau warnanya.

Dalam sebuah rumah atau hunian, fungsi kran air secara umum terbagi menjadi 3, yaitu kran untuk dapur, kran di kamar mandi yang biasanya masih terbagi menjadi 2 lagi yaitu untuk wastafel dan bathtub, serta kran air tambahan yang berada di luar atau out door.
Mengenai cara pemasangan kran yuair, perlu pula diperhatikan fungsinya. Sebagai contoh, kran air yang digunakan di dapur tentu diletakkan lebih tinggi sekitar 30 sentimeter, karena fungsinya digunakan untuk mencuci. Hal ini berbeda dengan cara pemasangan kran di wastafel dimana cenderung lebih rendah dan lebih dekat dengan tatakannya, karena fungsinya adalah untuk mencuci tangan. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”
Selain itu, ada juga sistem kran air panas dingin dengan cukup menggeser kran ke kiri atau ke kanan. Bahkan dalam standarisasi sudah ditentukan bahwa geser ke kiri adalah untuk air panas dan gerakan geser ke kanan untuk air dingin. Panas diberi tanda warna merah serta dingin ditandai dengan warna biru. Sedangkan untuk yang normal di tengah-tengahnya.
Dalam perkembangannya, kran pada awalnya menggunakan model ulir dengan sistem naik turun pada lubang yang tertutup dan bisa dibuka. Lalu kemudian dibuat juga kran dengan sistem putar yang menggunakan bola di dalamnya sebagai penutup. Yang cukup canggih adalah sistem kran yang cara membukanya dengan ditekan, serta yang terakhir adalah kran dengan menggunakan sensor gerak.
Perlu diketahui juga, saat ini di pasaran sudah tersedia aneka macam kran baik bentuk dan corak atau ukurannya. Tapi secara garis besar, kran ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu :

  1. kran bola atau juga sering disebut dengan ball faucet
    Kran yang satu ini merupakan kran yangpaling banyak sekaligus paling mudah ditemukan serta dijumpai. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami” Ciri utamanya terletak pada pegangannya yang berbentuk tunggal. Untuk mematikan atau menghidupkan aliran air caranya sangat mudah tinggal menggerakan putaran yang berada di bagian atas kran. Kemudian bola yang ada di dalam kran akan terbuka sehingga air dapat keluar atau meluncur ke bawah.
  2. kran tabung atau cartridge faucet.
BACA ARTIKEL YANG LAIN  Bagaimana Cara Mengatasi Dinding Supaya Tidak Lembab? Berikut Dibawah Ini!

Kran yang satu ini juga punya tabung namun fungsinya sangat berbeda. Tabung pada cartridge faucet ini bisa digerakan kebawah atau atas dengan cara dipencet. Tujuannya adalah untuk mengatur volume air yang ingin dikeluarkan dari pipa atau selang.

  1. kran piringan atau disc faucet.

Kran jenis ini adalah hasil dari teknologi dan penemuan baru. Pegangannya punya bentuk tunggal. Sedangkan badan serta bodinya berupa slilinder. Salah satu keistimewaan dari kran piringan adalah dilengkapi dengan tabung yang ukurannya cukup lebar.
Fungsi dari tabung ini yaitu sebagai naungan piringan yang jumlahnya ada dua. Piringan ini bisa digeser dari arah satu kearah lainnya. Tujuan dari pergeseran ini adalah untuk mendaptakan suhu air yang dibutuhkan, baik panas, dingin atau hangat. Sebab kran ini memang dipasang pada bak yang airnya ada dua macam, panas dan dingin. Kelebihannya adalah kran ini punya mutu yang sangat bagus dan jarang terjadi kebocoran.

  1. kran kompresi atau compression faucet.

Kran ini adalah jenis yang modelnya paling lama. Pada umumnya puya dua pegangan atau handle yang dipakai untuk mengeluarkan air panas atau dingin. Sistem kerjanya memakai kompresi berbentuk batang yang terdiri dari semacam batu atau sekrup dan penyekat atau washer. Ketika dimatikan, alat ini akan menekan katup penutup sehingga air tidak bisa keluar lagi.
Setelah ditemukan teknologi pada kran jenis disc facuet, kran kompresi ini jarang sekali dipakai. Karena sering menimbulkan masalah yaitu mudah terjadi kebocoran dan pada umumnya bocor yang muncul berada di penyekat serta di bagian ring.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=kran

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Solusi 4 Masalah yang Sering Terjadi di Kamar Mandi Depok Jakarta

Dan kami akan mengirimkan barang pesanan anda.
atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032801

khusus pemesanan barang barang yang besar

0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesanan Anda

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.