Toko Citra Bangunan Depok menjual plitur klik di www.materialbahanbangunan.com

Ketika Anda menggunakan plitur untuk finishing furniture baru atau recoating furniture yang lama bisa saja berhasil dan bisa saja tidak. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Tidakah semua finishing itu akan bisa berhasil dengan baik? Akan sayang sekali jika ternyata aplikasi plitur kayu Anda gagal padahal Anda sedang melakukan reacoating pada furniture lama warisan dari orang tua Anda. Ujung-ujungnya Anda akan datang ke tukang reparasi untuk mengecat ulang.

Ternyata Pernis Kayu Bisa Untuk Finishing Triplek

Padahal biaya plitur pintu dengan profesional yang dikeluarkan akan sangat mahal. Lalu untuk apa Anda harus mengeluarkan uang lebih padahal Anda bisa melakukannya dengan mudah dan pasti berhasil dengan cara yang benar? “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Mungkin Anda masih belum tau cara plitur kayu yang benar dan pasti berhasil. Kunci keberhasilan dalam melakukan finishing adalah memilih kuas yang tepat sesuia dengan bidangnya dan juga memiliki bulu-bulu halus. Selain itu Anda juga harus mencampurkan plitur dengan bahan pelarut yang tepat dan ukuran yang sesuai pada petunjuk cara aplikasi pada kaleng plitur

Siapkan peralatan seperti plitur, kuas berukuran 3 inci dan 2 inci atau lebih kecil, bahan pelarut plitur (solvent atau air tergantung jenis solvent), amplas alumunium oxide no. 180 dan 400, kain katun bersih dan kering, gelas plastik.

Ingin Tahu Cara Plitur Kayu Yang Benar

Siapkan media yang akan difinishing, pastikan media sudah kering benar dan memiliki rata-rata MC 12%-15%. Jika permukaan tekstur kayu masih kasar atau masih terdapat lapisan cat yang lama, gunakan amplas no. 180 dan amplas hingga halus. Jika masih ada debu amplas maka bersihkan dengan kain katun.

Menyiapkan plitur sesuai dengan bahan pelarutnya. Campurkan plitur dengan bahan pelarutnya dalam gelas plastik jangan langusng dicampurkan pada kaleng cat. Gunakan sendok untuk mendapatkan perbandingan yang sesuai seperti yang tertera pada petunjuk pemakaian. Aduk plitru hingga tercampur benar.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam-macam Bentuk Alat Pelindung Diri (APD) Depok

Kuaskan plitur kayu dengan kuas berukuran 3 inci untuk bidang yang luas sedangkan untuk bidang yang sempit seperti siku Anda bisa menggunakan kuas yang lebih kecil berukuran 2 inci. Aplikaskan searah serat kayu jangan sampai salah, jika Anda mengaplikaskan berlawanan serat kayu maka serat tidak akan terlihat. Bahkan setelah kering akan terlihat pengecatan yang tidak rata.

Setelah semua permukaan terlapisi plitur maka tunggu kering. Untuk plitur solvent harus dijemur di bawah sinar matahari. Sedangkan plitur water based tidak butuh dijemur hanya membutuhkan suhu ruangan saja.

Permukaan yang sudah kering sudah bisa mulai diamplas dengan kertas amplas no. 400. Amplas ambang saja hingga halus, Anda bisa mengeceknya dengan diraba. Bersihkan debu amplas dan Anda bisa menggunakan aplikaskan kembali plitur. Lakukan berulangkali hingga mendapatkan warna yang sesuai.

Ingin Menggunakan Plitur Solvent Atau Plitur Water Based

Dari jenis plitur kayu terdapat dua perbedaan yaitu plitur solvent based dan water based. Kedua plitur ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja Anda harus memilih plitur mana yang memiliki kelebihan paling banyak dari sini maka Anda akan mendapatkan plitur yang berkualitas. Untuk pilihan warna keduanya sama yaitu warna natural transparan. Perbedaan yang terlihat adalah dari cara aplikasi di atas. Untuk plitur solvent membutuhkan panas matahari agar cepat kering atau lebih tepatnya agar bahan pelarutnya lebih cepat menguap. Jika plitur solvent tidak dijemur panas matahari maka setelah kering akan muncul efek bayang putih. Efek tersebut akan mempengaruhi penampilan dari furniture kayu Anda. Sedangkan untuk plitur water based tidak membutuhan panas matahari untuk kering, dengan suhu ruangan saja plitur water based akan tetap kering dengan baik tanpa efek tampilan.

Cat Water Based Vs Solvent Based

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Penting Plastik Cor Dalam Pengecoran / Pembuatan Jalan

Yang membedakan antara plitur solvent dan plitur water based adalah bahan pembuatnya dan juga bahan pelarutnya. Plitur solvent based sangat mudah untuk disatukan dengan resin dan membentuk bahan plitur. Plitur water based berbeda karena membutuhkan emuslifier khusus yang mampu menyatukan antara resin dan juga air. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Maka untuk harga, plitur solvent lebih murah dibandingkan dengan plitur water based. Masalah ketahanan plitur water based lebih baik dibandingkan plitur solvent based. Plitur solvent biasanya disarankan hanya untuk furniture indoor saja. Padahal plitur water based dapat digunakan untuk finishing indoor dan juga outdoor. Ketahan terhadap perubahan cuaca lebih baik dihasilkan oleh plitur water based. Sehingga jika Anda berencana mengecat furniture outdoor, pagar atau gazebo gunakan plitur water based.

Soal tampilan, plitur kayu solvent based lebih baik dibandingkan dengan plitur water based. Terlebih jika Anda menggunakan politur melamin. Untuk tampilan tingkat glossy cat melamin memiliki penampilan high gloss. Sedangkan untuk plitur water based tidak bisa memiliki penampilan tingkat glossy yang tinggi. Biasanya untuk tingkat glossy politur water based adalah sekitar 80%-85% saja. Plitur water based termasuk katagori teknologi terbaru sehingga ke depannya masih akan ada peningkatan yang lebih baik. Semoga di masa mendatang dengan penampilan yang lebih baik plitur water based bisa melebihi plitur solvent based.

Kemanan Penggunaan Plitur Kayu

Kelebihan terbesar yang dimiliki oleh plitur kayu water based adalah bahan pembuatnya yaitu air bukan merupakan bahan kimia beracun bagi tubuh manusia. Alasan inilah yang membuat plitur water based diciptakan. Pada awalnya negara majau seperti Jepang, Amerika dan Eropa banyak yang masih menggunakan plitur solvent based. Penggunaan plitur solvent based ini ditujukan untuk mendapatkan penampilan yang menarik dari furniture. Sehingga segala kemewahan dan kemegahan bisa diwujudkan melalui bahan finishing furniture. “tim www.materialbahanbangunan.co.id membuat artikel ini dengan sepetuh harti, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Akan tetapi akan terjadi efek berat di kemudian hari yang bisa mengancam nyawa manusia yaitu penyakit. Plitur solvent terbuat dan ri bahan solvent dan juga resin. Bahan solvent inilah yang berbahaya karena merupakan bahan beracun yang akan mempengaruhi tubuh manusia. Bahan ini sangat berbahaya karena dalam kadar sedikit pun akan menimbulkan bom waktu. Misalnya saja furniture dengan plitur solvent diletakan di dalam kamar Anda. Bahan solvent membutuhkan waktu yang lama untuk menguap. Uap bahan yang beracun ini akan memenuhi ruangan kamar Anda. Dimana Anda akan menghirupnya setiap hari ketika sedang beristirahat.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pentingnya Pemadam Api untuk Mengatasi Berbagai Klasifikasi Kebakaran

Efek ke depannya, tentu akan tumbuh bibit penyakit di dalam tubuh Anda. Bahkan sebuah percobaan telah dilakukan para ahli. Percobaan ini menggunakan tikus yang menghirup gas solvent terus menerus dari berbagai kadar.


Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 18.30 WIB Kecuali untuk hari Kamis, Jumat dan Minggu. kami hanya buka dari jam 7 pagi-5 sore

dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=plitur


atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032801

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesanan Anda.

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.