Mengenal Paranet dan Fungsinya untuk Tanaman

Mengenal Paranet dan Fungsinya untuk Tanaman

Para penggiat tanaman tentu mengenal Green House. Green house (rumah hijau atau rumah kaca) dibuat sebagai ‘rumah’ tanaman dengan membangun kondisi optimal yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh.  Suhu, kelembaban, intensitas cahaya, kadar asam dan lain sebagainya dibuat sedimikian rupa sehingga menyerupai habitat tanaman yang asli.  Namun karena biaya yang mahal untuk membangun sebuah rumah kaca, ditemukan alternatif lain yaitu dengan rumah plastik karena plastik lebih murah dan mudah didapat. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” 

Pengertian dan Fungsi Paranet

Salah satu tipe rumah plastik pengganti green house yang lazim ditemui adalah shading house. Shading house atau rumah naungan mudah dibuat, tidak memiliki atap khusus, tidak memerlukan dinding dan yang pasti tidak membutuhkan biaya tinggi. Bahan untuk membuat shading house ini umumnya menggunakan net (jaring). Net memiliki beberapa nama dagang seperti paranet, agronet, multinet, polinet dan lain-lain. Paranet adalah nama dagang net yang paling populer.

Fungsi paranet adalah sebagai bahan pembuat naungan. Beberapa jenis tanaman tertentu seperti mawar, anggrek, anyelir, tomat, lettuce, strawberry, dan sawi tidak menyukai cahaya matahari dengan intensitas yang tinggi. Penggunaan paranet sebagai naungan dapat mengontrol jumlah intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tanaman.

Mengenal Paranet dan Fungsinya untuk Tanaman

Jenis-jenis Paranet

Paranet umumnya terbuat dari bahan yang mengandung polietilen berbentuk anyaman jaring plastik. Bahan polietilen biasanya berasal dari nylon (senar) atau plastik. “tim www.materialbahanbangunan.co.id membuat artikel ini dengan sepetuh harti, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Namun, ada beberapa paranet yang terbuat dari tambang dan kawat. Bahan tambang dan kawat jarang diminati oleh penggiat tanaman, karena tambang memiliki jarak antar lubang yang lebar saat dianyam sedangkan kawat mudah berkarat.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Membuka Baut Yang Macet Atau Keras Karena Karat Depok – Jakarta

Paranet dipasarkan dengan tingkat kerapatan anyaman yang berbeda. Kerapatan paranet yang umum ditemukan antara lain 40%, 50%, 55% hingga 90%. Kerapatan paranet yang ditandai dengan persentase menunjukkan kemampuan paranet untuk menahan intensitas cahaya matahari yang mengenai tanaman. Semakin besar persentase, semakin rapat anyaman paranet.  Jadi, jika Anda berencana membeli paranet, cek kebutuhan intensitas cahaya tanaman Anda karena setiap tanaman memiliki kebutuhannya sendiri.

Sebagai contoh, tanaman anggrek Vanda yang membutuhkan intensitas cahaya optimal sekitar 20%-30% saja, maka paranet yang dibutuhkan sebagai naungan adalah paranet 75%-90%. Paranet 75% menahan cahaya matahari sedemikian hingga cahaya yang diterima tanaman anggrek Vanda sekitar 25% saja. Untuk tanaman tembakau memerlukan paranet 30%-40% dan bibit kopi membutuhkan  paranet 60%-75%

Kisaran harga paranet bergantung pada bahan, ukuran (lebar) dan kerapatan paranet. Saat ini kami menyediakan paranet berbahan plastik yang harganya murah, bervariasi tergantung kerapatannya.

Anda sudah mengenal tentang seluk beluk paranet. Penggunaan paranet dalam shading house memang belum dirasa optimal untuk membangun iklim mikro seperti suhu atau kelembaban layaknya green house karena lubang-lubang paranet belum cukup menahan curah hujan tinggi. Jadi dalam hal ini paranet masih berfungsi sebagai pelindung naungan saja. Selain itu perhatikan tentang pemasangan net pelindung ini. Gunakan penyangga di beberapa tempat dan pastikan Anda tidak memasangnya terlalu rapat dan longgar, agar paranet dapat menyesuaikan dengan kondisi hembusan angin, hujan dan terik panas matahari.


 

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 18.30 WIB Kecuali untuk hari Kamis, Jumat dan Minggu. kami hanya buka dari jam 7 pagi-5 sore

dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=net

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Kitchen Set Dinding Dengan Benar Dan Tepat Depok – Jakarta


atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032801

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.