Macam-Macam Jenis Kabel Listrik yang perlu Anda Ketahui

Macam macam kabel listrik.

Ada banyak sekali jenis kabel listrik yang beredar dipasaran yg mungkin anda belum ketahui semua.kami www.materialbahanbangunan.com akan mengulasnya untuk anda .

     Kabel listrik merupakan suatu alat atau benda penghantar arus listrik, pada umumnya kabel memiliki 2 (dua) buah bagian yaitu :

ISOLATOR

     Isolator merupakan bagian pembungkus kabel atau pengaman pada kabel yang tidak dapat menghantarkan aliran listrik. Isolator ini berfungsi sebagai pelindung dan pengaman kabel agar tidak terpapar oleh pengaruh alam disekitarnya. Selain itu isolator berfungsi sebagai pelindung agar tidak terjadinya kontak langsung dengan benda lain yang akan penyebabkan arus pendek atau biasa disebut dengan konsleting.

Isolator berfungsi pula sebagai pelindung bagi kita agar kita tidak tersengat aliran listrik. Biasanya semakin baik kualitas suatu isolator maka semakin baik juga kualitas kabel dalam menghantarkan aliran listrik.

       2. KONDUKTOR

     Konduktor merupakan bagian dari kabel yang berfungsi sebagai penghantar aliran listrik. Bagian konduktor berada di dalam bagian isolator. Biasanya konduktor terbuat dari bahan tembaga dan almunium.

Dalam menghantar listrik suatu konduktor berbeda beda antara satu jenis kabel dengan jenis kabel lainya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan suatu konduktor dalam mengantar aliran listrik.

     Banyaknya macam-macam jenis kabel yang tersedia tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kekuatan dari kapasitas kabel itu sendiri. “tim www.materialbahanbangunan.co.id membuat artikel ini dengan sepetuh harti, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Sebagai contohnya jenis kabel listrik dapat kita kelompokan menjadi 3(tiga) yaitu :

Kabel listrik tegangan rendah

Kabel listrik tegangan menengah

Kabel listrik tegangan tinggi

Dari ketiga golongan diatas dapat kita simpulkan bahwa satu jenis kabel dengan kabel lainya berbeda dalam segi ukuran, tahanan, dan penghantar pada kabel tersebut. Berikut adalah jenis-jenis kabel beserta kegunaanya yang perlu kita ketahui :

       1. JENIS KABEL NYM

     Kabel NYM merupakan jenis kabel yang memiliki isolasi PVC yang biasanya memiliki warna putih dan abu-abu. Kabel NYM memiliki inti kabel yang beragam ada yang berinti 2,3, dan 4 inti, inti kabel yang dimaksud adalah konduktor penghantar kabel. Jenis kabel NYM ini memiliki jenis konduktor kawat tungga tembaga pada setiap inti kabelnya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Hati-hati, Salah Memilih Kabel Roll Bisa Menyebabkan Kebakaran Depok

Kabel NYM memiliki ukuran diameter inti kabel yang berbeda-beda yaitu 1,5mm, 2,5 mm, dan 4 mm sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Biasanya kabel jenis ini menjadi jenis kabel standar untuk digunakan sebagai instalasi listrik dirumah maupun pada gedung. Kabel ini dapat digunakan pada lingkungan yang kering maupun basah. Namun perlu diingat jenis kabel ini tidak boleh ditanam di dalam tanah, dan jika ingin di tanam di dalam tembok jangan lupa juga deberi pipi conduit.

       2. JENIS KABEL NYY

     Kabel jenis NYY ini secara bentuk atau tekstur sama seperti jenis kabel NYM bahkan inti pada kabel jenis ini pula sama dengan inti kabel NYM yaitu menggunakan penghantar kawat tembaga tunggal.

Untuk penggunaanya sama seperti kabel jenis NYM namun yang membedakan dari kabel ini adalah dari segi isolator atau pelindungnya. Bahan isolator pada kabel jenis ini mempunyai kontruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel NYM. Bahan isolator pada jenis kabel ini biasanya anti gigitan tikus. Maka dari itu kabel ini dapat digunakan atau di tanam didalam tanah, namun untuk amanya perlu kita gunakan pipa conduit untuk penambah isolatornya.

       3. JENIS KABEL NYA

     Kabel NYA merupakan jenis kabel tunggal yang inti kabelnya menggunakan kawat tembaga tunggal. Kabel jenis ini tidak memiliki isolator luar seperti kabel jenis NYM dan NYY, atau dalam artian kabel jenis ini hanya memiliki satu isolator saja.

Kabel jenis ini banyak digunakan untuk instalasi rumah yang memiliki besaran inti diameternya 1,5mm dan 2.5mm. Untuk isolatornya sendiri berbahan pvc yang memiliki kode warna hitam, biru, kuning, kung garis hijau, dan merah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  cable stripper aliran listrik yang mendukung kegiatan rumah

Namun perlu diketahui kabel jenis ini memiliki kelemahan seperti gampang tergores akibat gigitan tikus maupun cuaca. Namun hal tersebut dapat kita cegah dengan menambahkan pipa conduit pada pemasanganya.

       4. JENIS KABEL NYAF

     Kabel NYAF ini secara bentuk dan tekstur sama seperti kabel jenis NYA yang hanya memiliki satu buah lapisan isolator berbahan pvc. Perbedaan antara kabel jenis ini dan kabel NYA yaitu terletak pada bahan inti kabelnya, kabel jenis ini mempunyai inti kabel tembaga serabut yang dilapisi isolasi pvc menengah.

Kelebihan dari kabel ini adalah mudah dipasang bila jalur kabel yang dilewati banyak tekukan atau tikungan karna kabelnya yang lentur dan mudah dibengkokan. Namun kekurangan dari kabel jenis ini adalah mudahnya korosi dalam jangka waktu yang panjang (lama kelamaan). Oleh karena itu kabel jenis ini tidak cocok digunakan pada lingkungan yang lembab.

       5. JENIS KABEL NYMHYO

     Kabel jenis NYMHYO ini memiliki inti kabel yang memiliki 2(dua) serabut atau lebih. Kabel jenis ini sering digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga atau alat elektronika yang membutuhkan arus listrik rendah. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Arus listrik rendah yang dimaksud seperti kabel audio atau kabel speaker dan lain-lain.

Kabel jenis ini banyak dijual dipasaran dengan bahan inti kabelnya berupa tembaga murni dan tembaga campuran. Semakin bagus kualitas kabel jenis ini maka harganya pun juga semakin mahal. Namun tidak di sarankan untuk menggunakan kabel ini untuk arus listrik menengah, karena memang kekuatan penghantar dari kabel ini tidak sebaik kabel NYM atau NYY.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  stang listrik penyambungan logam yang memanfaatkan listrik

       6. JENIS KABEL NYMHY/NYYHY

     Kabel jenis NYMHY ini memiliki inti kabel tembaga serabut dan memiliki 2(dua) lapisan isolator berbahan pvc. Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga berskala kecil yaitu bisa dikatakan tahananya hanya maximal mampu menahan beban 900watt.

Mengingat batasan dari tahanan beban kabel yang tidak begitu besar biasanya kabel jenis ini dapat digunakan untuk instalasi lampu dan saklar. Oleh karena itu bila kita membuat instalasi stop kontak tidak disarankan menggunakan kabel jenis ini. Gunakanlah kabel jenis NYM yang mampu menahan beban di atas 900watt.

       7. JENIS KABEL NYFGBY/NYRGBY

     Kabel jenis NYFGBY ini memiliki lapisan isolator yang sangat kuat dan tahan lama. Bagaimana tidak kuat kabel jenis ini memiliki lapisan isolator sebanyak 5 lapisan yang terdiri dari lapisan PVC kelas atas yang kuat ditambah lapisan seng untuk menambah kekuatanya.

Untuk karena itu kabel jenis ini sangat cocok untuk ditaruh didalam tanah tanpa memerlukan perlindungan tambahan lagi. Namun dalam kondisi normalnya kabel ini dapat di tanam ke dalam tanah sedalam 0,8 meter saja.


Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 18.30 WIB Kecuali untuk hari Kamis, Jumat dan Minggu. kami hanya buka dari jam 7 pagi-5 sore

dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=kabel

butuh kebutuhan listrik lainnya?

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=listrik


atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032801

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan