Mengenal Jenis, Bahan, Dan Cara Merawat Whiteboard Di Rumah Anda Depok – Jakarta

Merawat Whiteboard

Papan tulis putih alias whiteboard telah populer sebagaisalah satu barang wajib di perkantoran, kampus, studio, dan sekolah sejak tahun1990-an, hampir 40 tahun setelah ditemukan oleh fotografer dan veteran PerangKorea, Martin Heit. Whiteboard dengan cepat menggeser popularitas papan tulishitam (blackboard) karena mudah dihapus dan ditulisi, serta cocok untukorang-orang yang menderita alergi debu atau serbuk kapur.

Membeli papan tulis putih terlihat seperti hal sepele, tetapi ada baiknya mengetahui jenis-jenis serta cara merawat whiteboard, terutama jika Anda ingin barang ini cepat awet.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

6 Jenis Bahan Umum Pembuat Whiteboard

Merawat Whiteboard

Salah satu ciri khas papan tulis putih adalah permukaan yangmengilap dan licin (glossy), sehingga mudah ditulisi. Akan tetapi, tidak semuapapan tulis putih dibuat dari bahan yang sama. Masing-masing bahan memilikikarakteristik khusus yang menentukan bagaimana Anda menggunakan papan tulistersebut.

Ada enam jenis bahan yang umum digunakan untuk membuatpermukaan papan tulis putih, yaitu:

Melamin

Melamin adalah salah satu bahan terpopuler dalam pembuatanpapan tulis putih. Permukaan melamin memiliki pori-pori besar, dan kualitasnyabisa bervariasi tergantung dari jumlah resin yang dicampurkan ke dalam bahandasar. Papan tulis melamin murah banyak tersedia dengan harga murah, namun yangberkualitas bisa cukup mahal.

Aluminum atau baja

Aluminum atau baja yang dilapisi memberi ketahanan yang sedikit lebih besar dibandingkan melamin. Permukaannya jauh lebih mulus dan porinya rapat, serta memiliki beberapa zat pelapis. Papan tulis putih dari baja juga bisa ditempeli magnet, sehingga bisa digunakan untuk tugas-tugas khusus di sekolah atau kantor. Papan tulis ini cocok untuk penggunaan yang sering di lokasi dengan lalu-lintas tinggi.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Hardcoat laminate

Hardcoat laminate sebenarnya hampir mirip dengan melamin, namunpermukaannya memiliki pori lebih kecil dari papan melamin biasa. Papan tulisputih berbahan hardcoat laminate juga bisanya lebih jarang ditemukan darimelamin. Akan tetapi, permukaan papan ini memiliki daya tahan sedikit lebihlama ketimbang melamin biasa.

Keramik

Papan tulis putih berbahan keramik atau porselen termasuksalah satu yang paling keras, terutama karena lapisan keramik ini seringdipasang di permukaan baja untuk membuat papan tulis putih. Papan tulis daribahan ini bisa ditempeli magnet, dan terkenal sangat keras serta memilikikualitas anti gores. Papan ini memiliki permukaan mulus yang enak dipakaimenulis.

Kaca antigores

Kaca antigores juga sering dijadikan bahan untuk membuatpapan tulis putih. Papan semacam ini biasanya tidak memiliki bingkai, dantermasuk keras namun mudah dibersihkan. Papan ini memiliki beragam variasi,bahkan ada yang berwarna-warni atau malah tembus pandang, sehinggapenggunaannya bisa bermacam-macam.

Lapisan Polypropylene

Lapisan Polypropylene merupakan salah satu inovasi barudalam pembuatan papan tulis putih. Papan yang terbuat dari bahan ini tahangoresan dan enak ditulisi dengan spidol macam apa. Bahannya juga mudah didaurulang.

Setelah mengetahui bahan-bahan umum pembuatan papan tulisputih, Anda bisa mulai mempertimbangkan jenis whiteboard untuk dibeli sesuaikebutuhan.

Pertanyaan Penting Sebelum Membeli

Ingin membeli papan tulis putih yang sesuai dengan kebutuhanAnda? Agar tidak menyesal, pastikan menanyakan beberapa hal penting ini kepadadiri sendiri:

Seberapa sering Anda menggunakannya?

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Penting Kunci Ring - Kunci Bengkel Bulat Pasang Buka Baut Depok

Ketika menggunakan papan tulis putih, Anda terus-menerus mengaplikasikan goresan tinta spidol ke atas permukaannya, serta menghapusnya. Frekuensi penggunaan papan tulis putih akan membantu Anda menentukan jenisnya, terutama jika Anda ingin papan tetap cerah dan enak ditulisi serta dibersihkan.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Di mana Anda akan menggunakannya?

Papan tulis untuk di rumah atau ruang kelas berbeda denganpapan yang digunakan di kantor-kantor dan pabrik. Jenis dan bahan papan yangberbeda juga menentukan kualitasnya. Pastikan Anda memiliki anggaran lebihbanyak untuk membeli papan tulis yang cocok untuk medan “keras” seperti pabrikdan kantor besar.

Berapa ukurannya?

Papan tulis putih tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dariyang kecil dan cukup untuk digantung di pintu, hingga yang berukuran sangatbesar sehingga bisa dijadikan papan skor untuk lapangan olahraga. Semakin luaspapan, semakin besar juga modal yang Anda perlukan untuk perawatan. Pastikanmenyesuaikan ukuran papan dengan kebutuhan.

Bagaimana Anda akan menggunakannya?

Papan tulis putih adalah benda yang fleksibel, dan adaberbagai cara menggunakannya. Anda mungkin membutuhkannya untuk digantung diruang kelas, ditempelkan di dinding, diletakkan di kamar anak atau kelasplayground, dijadikan papan buletin, dibingkai, atau diletakkan di permukaankhusus seperti di lemari dan meja. Pilihlah papan yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika sudah mengetahui tujuan penggunaan whiteboard, janganlupa memilih jenis papan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini bisa Andalakukan dengan membandingkan antara tipe dan frekuensi penggunaan dengan bahanpapan tulis tersebut.

Panduan Mudah untuk Memilih Whiteboard

Merawat Whiteboard

Pastikan memilih papan tulis yang tepat sesuai ebutuhan Andaagar papan tersebut awet. Anda bisa membandingkan antara karakteristikpenggunaan dengan bahan papan tulis putih. Berikut beberapa panduan untukmemilih papan yang tepat:

Melamin untuk penggunaan ringan

Papan tulis putih berbahan melamin cocok untuk penggunaan ringanatau yang tidak terlalu sering. Papan jenis ini berpori besar, mudahterkelupas, dan mungkin akan meninggalkan bebas tinta spidol setelah dipakaibeberapa tahun, sehingga kurang cocok untuk pemakaian yang terlalu sering. Inijuga alasan mengapa papan melamin termasuk murah.

Papan tulis putih berbahan melamin cocok untuk ruang kerja pribadi, kamar anak, atau penggunaan lain yang tidak terlalu sering. Jika ingin pemakaian yang agak lebih sering, atau ingin menempel papan tulis di pintu, lemari, dan meja (pemakaian horizontal), pilih jenis hardcoat laminate.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Keramik untuk pemakaian sedang hingga sering

Papan tulis putih berbahan keramik saat ini merupakan“primadona” di kalangan pengguna yang harus sering menulis dengan spidol dipermukaannya. Papan jenis ini memang mahal, tetapi lebih awet dan tidak mudahmeninggalkan noda dibandingkan papan melamin. Permukaannya juga cenderung tahangores, sehingga cocok untuk dipasang di tempat-tempat dengan lalu lintastinggi.

Papan keramik cocok untuk digunakan di kantor-kantor,terutama di ruang rapat atau presentasi. Papan ini juga cocok untuk ruang kelasdi sekolah.

Kaca untuk penggunaan di lingkungan kreatif

Papan tulis kaca sering digunakan di lingkungan pendidikanatau zona kreatif karena keunikannya. Papan tulis semacam ini sering dipasangdi kampus, studio desain, atau ruang rapat di berbagai perusahaan. Papan inicocok untuk presentasi, perencanaan proyek kreatif, atau kerja grup.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Membersihkan Kaca Aquarium

Anda bisa menggunakan berbagai jenis spidol atau tinta, dandengan mudah menghapusnya. Papan tulis kaca juga bisa ditaruh di depan tembokatau permukaan berwarna terang (atau gelap), tergantung penggunaannya.

Papan metal untuk penggunaan di luar ruangan

Papan berbahan metal seperti baja atau aluminum kerapdigunakan untuk penggunaan di luar ruangan, misalnya sebagai papan skor dipertandingan olah raga. Hal ini karena papan jenis ini cenderung tangguh, bisamempertahankan tampilan tinta, dan mudah dibersihkan walau Anda menggunakanspidol permanen.

Papan tulis putih semacam ini juga sering digunakan untukmenampilkan informasi dalam waktu lama, misalnya sebagai papan pengumuman ditempat-tempat umum. Papan tulis putih metal mudah untuk dibersihkan, bahkanuntuk tinta spidol yang dibiarkan lama di ruang ber-AC, misalnya.

Memilih bingkai papan yang tepat

Anda bisa saja memasang papan tulis tanpa bingkai, namunpemberian bingkai akan menambah nilai manfaatnya. Misalnya, untuk penggunaan disekolah, Anda bisa menggunakan bingkai dengan area kecil di sisi bawah untukmenaruh spidol dan penghapus.

Bahan bingkai juga berpengaruh terhadap penampilan papan.Misalnya, aluminum dan titanium cocok untuk sebagian besar lingkungan sekolahatau perkantoran. Akan tetapi, jika Anda ingin memberi kesan lebih serius,profesional, sekaligus elegan, Anda bisa memilih bingkai dari bahan kayuberwarna gelap.

Papan berbahan kaca biasanya tidak dipasangi bingkai.Beberapa pabrik pembuat papan tulis putih dari kaca kerap membuat ujung-ujungtumpul atau melingkar, untuk menghindari insiden ketika papan ini dipasangtanpa bingkai.

Tips Menjaga Whiteboard tetap Awet dan Bersih

Papan tulis putih yang sudah sering digunakan kerap meninggalkan bekas tinta. Anda bisa mencegahnya dengan selalu menjaga kondisi papan tulis, bahkan jika papan tersebut dari jenis yang murah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selalu tes spidol baru sebelum menulis

Papan tulis putih murah seperti yang berbahan melamin rentanterhadap ghosting, yaitu noda gelap samar dari tinta yang sulit dihapus. Spidolpermanen bisa meninggalkan bekas ini, bahkan setelah dihapus dengan susahpayah. Cegah hal ini dengan mencoba spidol baru sebelum menuliskannya.

Goreskan ujung spidol di bagian ujung papan sambil sedikitditekan (seperti jika Anda menulis). Jika bisa dihapus dengan mudah, berartispidol tersebut “ramah” untuk papan. Ide ini juga bagus untuk mencegah nodajika Anda keliru membeli spidol permanen.

Gunakan penghapus lembut

Papan tulis putih dengan pori-pori besar atau goresan disana-sini akan menyerap tinta lebih banyak. Papan seperti ini akan lebih susahdihapus sampai bebas noda. Gunakan penghapus dengan permukaan lembut untukmencegah “lubang-lubang” akibat goresan, dan buang penghapus lama yangpermukaannya sudah kasar.

Pita perekat dan lem yang terlalu kuat juga berpotensimenciptakan pori-pori tambahan yang bisa menyerap tinta. Pastikan Anda tidakterlalu sering menempelkan perekat atau lem, terutama jika papan tersebut darijenis yang murah.

Bersihkan papan seminggu sekali

Jika papan tulis putih Anda termasuk sering digunakan,bersihkan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali. Gunakan cairan khususpembersih whiteboard serta kain dengan permukaan lembut untuk membersihkanseluruh permukaan papan tulis. Gunakan sedikit cairan alkohol untuk noda yangkeras kepala, tetapi pastikan melapnya sampai kering dengan kain.

Hindari pemakaian sabun atau busa pembersih

Sabun, busa pembersih/pencuci piring, dan cairan sejeniskurang cocok untuk papan tulis putih. Cairan ini bisa mengikis permukaan papanyang licin, dan membuatnya cepat rusak serta semakin mudah menyerap tinta. Jikaingin menggunakan alkohol untuk noda membandel, pastikan sedikit saja, danjangan biarkan cairan tersebut mengering sendiri tanpa dilap.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam-Macam sepatu Proyek Bangunan

Bersihkan penghapus secara teratur

Penghapus papan tulis yang sudah terlalu kotor bisa membuatpapan cepat rusak. Gunakan handuk basah untuk membersihkan tinta daripermukaannya, tetapi jangan membuat penghapus tersebut basah kuyup.

Jika penghapus papan tulis Anda masih belum terlalu kotor,Anda bisa mengurangi serpihan atau debu yang menempel di permukaannya. Gunakankain bersih atau bahkan ujung pengisap debu berukuran kecil untuk menyedot debudan partikel yang dapat mengikis permukaan papan.

Jangan biarkan tinta mengering lama

Aturan perawatan papan tulis putih adalah tidak membiarkantinta spidol mengering selama 24 jam atau lebih, karena akan lebih mudahmeninggalkan bekas. Jika Anda menggunakan papan yang sudah lama untuk menulis,pastikan selalu menghapus tinta spidol setelah menggunakannya. Hapus semuatinta sampai tidak ada jejaknya sedikitpun.

Menjaga kondisi permukaan papan tulis putih adalah kunciuntuk membuatnya tetap awet dan enak ditulisi. Semua cara ini akan membuatpapan Anda lebih awet, walau sering digunakan.

Tips Membersihkan Whiteboard Kotor dan Bernoda

Bagaimana jika papan tulis putih Anda sudah terlalu bernodasehingga susah menghapusnya? Berikut beberapa cara untuk membuat papan lamamenjadi lebih cemerlang.

Tutupi goresan lama dengan tinta baru

Jika ada goresan tinta yang sulit dihapus, coba tutupigoresan tersebut dengan tinta spidol baru (yang bisa dihapus). Diamkan beberapasaat, lalu coba hapus goresan tersebut. Larutan kimiawi dalam tinta baru bisamembantu mencairkan tinta yang sudah mengering, sehingga mudah dihapus. Metodeini cocok untuk membersihkan goresan yang susah hilang tetapi hanya sedikit.

Gunakan WD-40 untuk merawat permukaan papan

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Permukaan papan yang mulus dan licin akan memudahkanpenulisan serta pembersihan tinta. Jika papan tulis putih Anda sudah termasuklama, semprotkan cairan WD-40 tipis-tipis secara merata, lalu lap sampai bersihdengan kain lembut. Cairan sejenis minyak ini akan menjaga permukaan papantetap licin dan mudah dihapus setelah menulis.

Gunakan pembersih alternatif untuk menghilangkan noda

Jika ada noda membandel yang sulit dihilangkan, coba gunakanproduk-produk rumah tangga yang “ringan” untuk menghilangkannya. Gel pembersihtangan, tisu basah untuk bayi, pasta gigi, dan larutan cuka putih (dicampurair) bisa membantu menghilangkan noda yang agak membandel.  Anda juga bisa menggunakan baking soda untukpembersihan yang agak kuat dengan produk rumahan. Campurkan bubuk baking sodadengan sedikit air sampai membentuk pasta yang agak kental. Oleskan pasta putihtersebut di atas noda tinta yang sulit terhapus, lalu lap dengan handuk ataukain lembut sampai terhapus. Baking soda memiliki sifat korosif ringan yangbisa membantu menghilangkan noda.

Mulai dengan pembersih paling ringan

Cairan alkohol merupakan pembersih tinta yang cukup efektif, tetapi bisa mengikis permukaan papan jika diaplikasikan terus-menerus. Jika Anda ingin membersihkan noda membandel, coba mulai dari pembersih paling lembut (pembersih khusus papan tulis, tisu bayi, pasta gigi, larutan cuka putih, dan sebagainya) sebelum memilih cairan alkohol.

Anda juga bisa belanja dengan kami dengan mengunjungi toko offline kami di alamat www.materialbahanbangunan.com/alamat

Anda juga bisa berbelanja di toko kami secara online di 
https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=triplek
Dan kami akan mengirimkan barang pesanan anda.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032 801 ( alat alat teknik )

khusus pemesanan barang barang yang besar ( sperti gypsum, triplek, besi hollow, tangki air, pipa dll)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan http://www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

WELCOME RESELLER END DROPSHIPPER

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *