Cara Pasang Batu Bata Yang Baik Agar Kokoh

Cara Pasang Batu Bata Yang Baik Agar Kokoh

Merendam Batu Bata Di Dalam Air, 1 Jam Sebelum Penggunaan

Sering kita lihat bahwa pekerja konstruksi biasanya merendam batu bata di dalam tangki air, atau menggunakan selang air untuk membasahi batu bata. Ngomong-ngomong, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” sebelum memulai pekerjaan, diharuskan untuk membasahi permukaan hingga menjadi lembab terlebih dahulu.

2.    Perlu Membuat Garis Pedoman Pemasangan

Garis pedoman dalam pemasangan adalah untuk membuat pengikatdiantara lapisan batu bata, dengan tujuan untuk menguatkan tembok. Ada banyakcara untuk membuat pedoman pemasangannya, tapi pada umumnya yang digunakanadalah bentuk “setengah batu bata”. Apapun bentuk pemasangannya, biasanyaalasan utamanya tetap sama, yaitu untuk membuat tembok menjadi kuat.

3.    Buatlah Ketebalan Pemasangan KurangDari 1.5 cm

Dalam penggunaan batu bata atau bata blok, ketebalan lapisanpemasangan semen tidak boleh melebihi 1.5 cm dikarenakan akan menggunakanterlalu banyak semen, bahkan semen akan jatuh lebih banyak daripada yangdibutuhkan saat mengering (proses jatuh yang normal dan tidak berbahaya), danjuga cenderung membuat dinding menjadi tidak lurus. Terkecuali pada saat kitamenggunakan mortar tertentu untuk beton ringan yang memiliki penguat dayarekat, formasinya biasanya mencapai 2-3 mm.

4.    Membuat Kolom Dan Palang Balok

Setiap kolom dan palang balok harus memiliki lebar 2.5 meterdan tinggi 1.5 meter karena ini berfungsi untuk meratakan berat dinding batadan membantu menghindari dindingnya untuk terjatuh. Lebar kolom dan lebarpalang balok tidak boleh kurang dari 15 cm dan ketebalannya harus sama denganketebalan batu bata. Strukturnya harus diperkuat sebelum mengecor untukmemperkuat dinding juga.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mengaci Tembok Untuk Pemula Depok Jakarta

5.    Membuat Kolom Di Pintu Dan Jendela

Semua lubang bor harus memiliki kolom dan palang balok yangdikelilingi oleh bingkai, untuk membantu membingkai pintu atau jendela, yangakan selalu bergerak masuk dan keluar. Hal ini juga akan membantu untukmeratakan kekuatan yang dibebankan ke dinding bata. Jangan lupa untukmenempelkan kawat baja pada kusen untuk membantu penyebaran beban ke lantai denganplesteran.

Membuat Kolom Di Sudut Dinding

Seperti tiang yang disisipkan di antara dinding, kolom akanberfungsi sebagai bingkai untuk pemasangan dinding. Kita tidak boleh memilikisudut dinding tanpa pilar bata, jika tidak batu bata akan berbaris tidakteratur dan tidak bisa untuk menahan beban. Hal ini akan berpengaruh terhadapkekuatan dinding dalam jangka panjang.

7.    Memasang Rangka Baja

Dinding bata yang kuat harus memiliki sesuatu untuk menahanlantai dengan pilar batu bata, itulah alasan mengapa kita harus menyambungkankawat berdiameter 6mm ke dalam pilar beton. Buatlah panjang minimal 40 cm untukmenjaga dinding bata kuat agar tidak jatuh ke bawah.

8.    Basahi Batu Bata Sebelum MemulaiPlesteran

Setelah pembentukan selesai, diamkan beberapa saat sebelummemulai plesteran. Kemudian, satu hari sebelum plesteran, kita harus mebasahidinding, kemudian sekali lagi di pagi hari pada tanggal plesteran. Hal iniuntuk mencegah air menyerap yang dapat menyebabkan dinding retak nantinya.

9.    Gunakan Mixer Untuk Mencampur MortarUntuk Plesteran

Walaupun cara tradisional juga bisa digunakan untukmencampur mortar, namun kita bisa mendapatkan hasil mortar yang lebih baik saatmenggunakan mixer dimana hal ini lebih efisien untuk dilakukan daripada menggunakancara tradisional.

10.    Tetap Basahi Dinding Untuk MenjagaPlesteran Tetap Baik

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mengatasi Engsel Pintu Yang Macet Depok Jakarta

Karena air adalah kunci untuk mengembangkan kekuatan semen, maka, untuk memberi air yang cukup pada semen, pengairan harus dilakukan setelah melakukan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” plesteran, setidaknya satu hari sekali hingga 3-7 hari. Airnya bisa saja mengotori area lainnya, tapi proses ini tidak boleh tidak dilakukan. Langkah pengairan ini akan membantu menghindari retak yang berpengaruh pada kekuatan dinding.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Atau kunjungi website kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bata

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

BACA ARTIKEL YANG LAIN  8 Tips Menyapu yang Benar, Cepat, dan Efektif Untuk Lingkungan Depok

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *