Cara Mengganti Gagang Pintu

Toko citra depok menjual kunci pintu. www.materialbahanbangunan.com

Cara Mengganti Gagang Pintu

Pintu sebagai gerbang pertama ketika akan memasuki rumah memerlukan asesoris yang menunjang kecantikan pintu tersebut. Ketika gagang pintu m engalami kerusakan anda tentu ingin menggantinya.

Anda tidak perlu memanggil tukan g untuk mengganti gagang pintu. Kalau Anda memiliki alat dan pengetahuan yang tepat, gagang interior pintu bisa diganti sendiri. Untuk mengganti gagang pintu, Anda perlu melepaskan gagang lama dan menggantinya dengan yang baru. Jika Anda menggunakan langkah dan alat yang tepat, gagang pintu bisa diganti dengan mudah.

Melepaskan Gagang Pintu

Lepaskan sekrup yang terlihat di pelat gagang pintu. Gagang pintu tradisional memiliki dua sekrup di pelat gagang. Gunakan obeng kepala Phillips dan putar sekrup “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” berlawanan dengan arah jarum jam sampai terbuka. Kalau sekrup sudah lepas, seharusnya gagang tidak lagi terpasang rapat. 

Masukkan benda tajam ke lubang kunci jika tidak ada sekrup yang kelihatan. Seharusnya Anda bisa merasakan lekukan kecil atau lubang di batang yang terpasang ke gagang. Jika lubangnya berbentuk lingkaran, masukkan klip kertas atau paku ke dalam lubang. Jika lubangnya pipih dan tipis, Anda bisa menggunakan obeng pipih (minus). Tekan di lubang untuk melepaskan gagang pintu. 

Tarik gagang interior dari daun pintu. Tahan daun pintu dengan satu tangan selagi menarik gagang pintu. Tarik terus sampai gagang lepas dari pintu. Mungkin Anda perlu menggoyang – goyang pintu sedikit jika batang gagang agak tersangkut. 

Bongkar dan lepaskan sekrup pelat gagang pintu (kalau ada). Masukkan obeng pipih ke lekukan di sisi pelat gagang dan lepaskan dari pintu. Anda akan melihat set sekrup lainnya. Putar sekrup berlawanan dengan arah jarum jam menggunakan obeng kepala Phillips sampai lepas. Setelah semua sekrup ini terbuka, gagang eksterior akan lepas dari pintu. Jika tidak ada lekukan di pelat, gunakan alat yang lebih tipis seperti pisau untuk membongkar pelat dengan hati – hati sampai lepas dari pintu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Teknik Menggulung Selang Pemadam Kebakaran yang Benar Depok

Lepaskan gagang di eksterior pintu. Terkadang, gagang pintu eksterior bisa langsung dicabut, tetapi adakalanya Anda harus membongkar pelat dengan obeng pipih sampai lepas dari pintu. Jika sudah longgar, tariklah gagang untuk melepaskannya dari pintu. 

Buka sekrup kunci pintu. Seharusnya, ada dua sekrup di dekat bagian bawah dan atas bagian kunci pintu. Gunakan obeng kepala Phillips untuk melepaskan sekrup. 

Keluarkan bagian kunci keluar dari lubang pintu.Gunakan obeng pipih untuk membongkar pelat kunci dari sisi pintu, lalu tarik seluruh kunci gagang pintu. Kalau dilakukan dengan benar, gagang pintu dan seluruh komponennya sudah dikeluarkan dari daun pintu.

Memasang Kunci Baru

Dorong bagian kunci ke lubang di pintu. Kunci gagang pintu adalah bagian serupa gerendel yang masuk ke bingkai pintu sehingga pintu tidak bisa dibuka. Satu sisi kunci pintu bertepi miring sedangkan sisi lainnya rata. Masukkan bagian kunci sehingga sisi datarnya mengarah ke bagian dalam ruangan. Hal ini memastikan Anda bisa mengunci pintu dari dalam. 

Luruskan pelat kunci dengan lubang-lubang sekrup. Atur posisi lubang sekrup di pintu dengan lubang pelat kunci sehingga Anda bisa memasukkan sekrup ke dalamnya. Jika ada lekukan kunci di pintu, dorong kunci sampai terpasang pas. 

Pasang sekrup kunci. Rapatkan pelat kunci pintu dengan mengencangkan sekrup di atas dan bawah kunci. Gunakan lubang sekrup yang telah ada di pintu untuk memasang sekrup-sekrup baru.

Memasang Gagang Pintu

Dorong bilah di gagang pintu eksterior melalui lubang di bagian kunci. Gagang pintu eksterior seharusnya memiliki tiga bilah yang terhubung dengan gagang. Tiga bilah ini harus lurus dengan lubang di bagian dalam kunci. Luruskan lubang di interior kunci dengan bilah yang terhubung dengan gagang, dan dorong gagang memasuki lubang. [10]Bilah tengah biasanya akan berbentuk kotak sementara bilah di setiap sisinya berbentuk lingkaran.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tampil Alami dengan Tipe Lantai Bambu yang Cantik

Pasangkan pelat ke sisi balik pintu, kalau memungkinkan. Pelat merupakan bagian dari gagang yang mengoperasikan \flush terhadap pintu dan menghubungkan gagang dengan pintu. Luruskan pelat sehingga lubang-lubang di pelat lurus dengan lubang –lubang di gagang eksterior. Kencangkan sekrup dengan obeng kepala Phillips dan pasang pelat luar menutupi pelat interior, lalu kencangkan untuk menyembunyikan sekrup-sekrup Anda. Terkadang, pelat sudah terpasang di gagang itu sendiri.

Sambungkan gagang interior ke pintu jika Anda tidak memiiki pelat. Bilah dari gagang eksterior seharusnya mencuat dari balik pintu Anda. Ambil gagang interior Anda dan luruskan lubang di gagang dengan bilah di gagang eksterior. Kalau sudah, tekan gagang interior ke bilah gagang eksterior sampai gagang bisa mengoperasikan \flush dengan baik. 

Rapatkan sekrup gagang pintu ke daun pintu.Putar sekrup Anda di lubang gagang pintu interior. Putarlah searah jarum jam supaya sekrup bisa masuk dan mengencang. 

Selipkan kembali gagang baru ke batang pintu jika Anda memiliki pelat. Gagang eksterior Anda seharusnya memiliki bilah atau batang yang keluar dari pintu. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Luruskan lubang di gagang interior dengan batang gagang eksterior pintu. Tekan gagang untuk mendorong batang masuk ke lubang. Anda mungkin perlu memutar gagang ke kiri atau kanan sampai akhirnya bisa menyelip masuk sepenuhnya dan terpasang rapat. 

Sekarang, dengan cara diatas anda bisa mengganti gagang pintu sendiri tanpa harus memangil tukang. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. silahkan klik kami di www.materialbahanbangunan.com untuk mendapatkan informasi kami yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Apa Itu Aplus Cornice Adhesive Manfaat Yang Perlu Anda Ketahui?

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=gagang%20pintu

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *