Fungsi Rompi Proyek

Toko citra bangunan depok menjual rompi proyek www.materialbahanbangunan.com

Fungsi rompi proyek

Sekarang ini banyak bangunan bangunan yang menjulang tinggi ke langit.

 Konstruksi bangunan merupakan area yang cukup berbahaya apabila tidak dilakukan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar.

Bahayanya semakin besar kalau konstruksi dilakukan di medan yang sulit seperti jembatan di sungai besar atau gedung-gedung tinggi.

Karena itu, dalam melakukan pembangunan, seorang pekerja harus memenuhi SOP,“dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” termasuk dengan mengenakan rompi keamanan selama melakukan tugasnya di lapangan.

Bukan rompi biasa, rompi atau jaket keselamatan yang digunakan oleh para pekerja bangunan dirancang khusus.

Bukan hanya sebagai pelindung tubuh dari debu, pasir, atau serpihan batu yang ada di area konstruksi, perlengkapan satu ini juga dipakai untuk mempermudah pengawas lapangan mengenali posisi seorang tukang. Mengapa?

Rompi keselamatan dilengkapi dengan iluminator, suatu bahan yang berpendar kalau terkena cahaya. Karena itu, orang yang memakai rompi tersebut mudah untuk dilihat.

Adapun informasi selengkapnya tentang produk tersebut adalah sebagai berikut:

Fungsi Rompi Safety (rompi keamanan)

Bukan tanpa alasan mengapa rompi keselamatan harus dipakai oleh para pekerja bangunan. Rompi tersebut memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan di lapangan.

Secara detail, fungsi tersebut tergantung pada jenis rompinya. Water related safety vest

Dibuat secara khusus untuk pekerjaan yang dilakukan di air. Biasanya, rompi jenis ini juga dilengkapi dengan perlengkapan penyelamat seperti pelampung dan peluit.

Rainwear

Sejenis rompi keamanan yang digunakan di area konstruksi yang sering hujan. Sama seperti jenis safety vest lain, rainwear juga memiliki visibilitas tinggi sehingga mudah terlihat dari kejauhan.

Construction safety vest

Merupakan jenis rompi keamanan yang digunakan dalam konstruksi di atas permukaan tanah. Kebanyakan pekerja bangunan mengenakan rompi yang jenis ini.

Safety harness vest

Dirancang khusus untuk para pekerja konstruksi yang dilakukan di wilayah laut.

Dengan adanya beberapa jenis safety vest, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda akan memakainya untuk melakukan konstruksi di mana.

Macam – Macam Rompi safety atau Macam – Macam Rompi Keamanan

Bukan hanya dilihat dari fungsinya, macam – macam rompi keamanan juga dapat dilihat dari industri tempat Anda akan menggunakannya.

Di Indonesia dikenal jenis safety vest untuk pekerja pertambangan dan perminyakan, untuk konstruksi jalan raya, untuk konstruksi bangunan pencakar langit (high-rise building), untuk pekerja perusahaan alat berat, dan untuk penyedia jasa eskpedisi dan logistik.

Kalau dilihat dari material atau bahan pembuatannya, perlengkapan keamanan ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Bahan yang digunakan cukup bervariasi, di antaranya polyester, parasit, nilon taslon, dan drill.

Nah, apa pun bahan yang digunakan, yang terpenting adalah rompi tersebut cukup aman dan memiliki visibilitas yang baik.

Kalau pun tidak seluruh bagian dapat berpendar kalau terkena cahaya, rompi keamanan harus memiliki beberapa strip yang bisa memantulkan cahaya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Menjernihkan Air Sumur Bor Di Rumah Anda Depok - Jakarta

Strip ini menjadi penting karena fungsi utama jaket keamanan memang erat kaitannya dengan penampakan atau visibilitas pemakainya di lapangan.

Kalau dilihat dari warnanya, jenis rompi keamanan tidak kalah banyak. Yang paling umum adalah warna oranye, hijau, hijau limau, dan kuning.

Warna yang dipilih sengaja yang mencolok agar visibilitas semakin baik rompi tersebut mudah terlihat.

Selain itu, strip yang ada di pakaian lapangan tersebut perlu menggunakan warna yang berbeda, misalnya silver, putih, atau warna lain yang kontras dengan bagian rompi lainnya.

Visibilitas Rompi Keamanan

Standar visibilitas atau penampakan rompi safety dilihat dari apakah barang bersangkutan bisa dipakai pada siang atau malam hari.

Rompi yang cukup jelas terlihat saat dipakai pada siang hari belum tentu tampak jelas ketika digunakan pada malam hari. Penyebabnya, pada malam hari, intensitas cahaya di tempat konstruksi lebih rendah.

Ada beberapa alasan visibilitas menjadi hal yang sangat penting dalam membuat safety vest, di antaranya sebagai berikut.Alasan keamanan

Alasan pertama mengapa visibilitas jaket menjadi penting tentu saja terkait dengan keamanan. Pada proses konstruksi yang menggunakan alat – alat berat, operator alat tersebut harus melihat area yang dikerjakannya dengan jelas.

Ia tidak boleh menggerakkan alat berat tersebut ke pekerja yang berada di lapangan. Nah, untuk mempermudah operator alat berat melihat para pekerja inilah, para pekerja lapangan harus memakai rompi atau jaket keselamatan.

Memudahkan identifikasi

Pemakaian rompi keamanan dengan visibilitas baik mempermudah Anda untuk melakukan identifikasi apakah orang yang ada di area konstruksi adalah pekerja atau bukan.

Hal ini membantu Anda untuk menjaga area konstruksi dari orang luar yang dilarang masuk, misalnya pejalan kaki atau penduduk di sekitar area konstruksi.

Dengan mengisolasi area konstruksi dari orang yang tidak berkepentingan, lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol keamanan area pembangunan.

Penunjuk arah

Baik dalam pembangunan maupun ekspedisi barang, tidak sedikit orang yang bingung arah. Penyebabnya, pekerjaan bisa saja dilakukan di lokasi yang asing bagi mereka.

Saat akan mencari di mana lokasi para pekerja berada, Anda barang kali bingung. Apabila para pekerja menggunakan rompi keamanan, tentunya Anda jadi lebih mudah untuk melihat posisi pekerja tersebut, bukan?

Inilah alasan jaket keselamatan bisa berfungsi sebagai penunjuk arah.

Branding

Hal lain yang menjelaskan mengapa material dengan visibilitas baik perlu ada di jaket keselamatan adalah soal branding. Jaket keselamatan tidak harus didesain dengan strip saja, melainkan Anda bisa mendesain sendiri dengan menambahkan logo perusahaan.

Misalnya, kalau Anda adalah kontraktor, Anda bisa memasang logo perusahaan di jaket-jaket keselamatan yang dipakai oleh pekerja lapangan. Dengan cara tersebut, orang dapat melihat nama perusahan Anda.

cara memilih Rompi Safety untuk Pekerja BangunanCara Memilih Rompi Keamanan

Dari banyaknya pilihan jaket keamanan yang ada, memilih salah satu yang paling sesuai bisa menjadi proses yang panjang.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Talang Hujan Yang Baik dan Benar Depok - Jakarta

Anda membutuhkan pertimbangan matang, terutama kalau akan membeli dalam jumlah besar. Misalnya, membeli untuk keperluan satu perusahaan besar dengan ratusan atau ribuan pekerja.

Nah, untuk membantu Anda memilih rompi keselamatan yang tepat, pertimbangkan hal-hal di bawah ini.

Mengutamakan kualitas produk

Pastikan Anda memilih rompi dengan kualitas bagus. Jangan sampai Anda mengabaikan soal kualitas hanya karena ingin berhemat. Rompi dibeli untuk urusan keamanan sehingga Anda perlu membeli yang berkualitas baik agar fungsi keamanan yang diharapkan bisa Anda rasakan.

Mempertimbangkan material yang digunakan

Dalam memilih produk jaket keselamatan yang mana, bahan juga menjadi pertimbangan penting. Pemilihan bahan perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, kalau Anda membutuhkan yang cukup tebal, Anda bisa memilih rompi keselamatan yang terbuat dari nilon polyester.

Memilih bentuk dan ukuran yang sesuai

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih rompi keselamatan adalah bentuk dan ukurannya.

Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran tubuh pemakainya. Bentuk rompi memang bervariasi, contohnya ada yang berkancing di bagian depan, ada yang tidak.

Untuk ukuran, Anda perlu membeli sesuai dengan ukuran masing-masing pekerja.

Meneliti spesifikasi rompi

Sebelum memutuskan untuk membeli rompi safety, Anda perlu membaca spesifikasinya dengan baik.

Cari tahu apakah dengan spesifikasi tersebut, produk bersangkutan sesuai dengan kebutuhan atau ekspektasi Anda.

Dengan memahami spesifikasi, Anda juga bisa jadi tahu kualitas seperti apa yang diharapkan dari produk yang dibeli.

Kriteria seragam dan Rompi Keselamatan yang Baik – rompi safety Kriteria Rompi Keselamatan yang Baik

Setelah tahu kalau ingin membeli rompi keselamatan sebaiknya yang berkualitas, Anda mungkin bertanya – tanya, seperti apa rompi yang berkualitas tersebut?

Menjawab rasa ingin tahu Anda, berikut informasi tentang kriteria rompi atau jaket keselamatan yang baik dan bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli.

Kondisi barang sesuai dengan deskripsi spesifikasinya

kondisi barang yang Anda beli harus sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh produsen atau penjual

Produk tidak memiliki cacat

produsen produk tersebut harus menerapkan quality control yang ketat agar hasil akhir produknya benar-benar sempurna, tanpa ada cacat sama sekali. Produk yang cacat tidak seharusnya dijual di pasaran, terutama untuk produk perlengkapan keamanan seperti jaket atau rompi keamanan.

Jahitan rapi, bagus, dan kuat

Seperti halnya baju yang Anda kenakan sehari-hari, rompi keselamatan juga dibuat dengan cara dijahit. Barang yang bagus memiliki kualitas jahitan bagus, kalau dilihat rapi, dan cukup kuat sehingga rompi bisa digunakan dalam waktu lama.

Bordir atau tempelan logo direkatkan dengan baik

Ini berlaku khusus untuk rompi yang dipesan secara khusus dengan adanya tambahan logo perusahaan.

Kancing atau ritsleting memiliki kualitas bagus

Tujuannya agar rompi bisa dipakai dan dilepas kembali berulang kali, tanpa ada masalah.

Strip berwarna kontras dan cukup memantulkan cahaya

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Glasswool Pelapis Atap Peredam Panas Depok Jakarta

Merupakan kriteria penting dalam memilih rompi keselamatan. Jangan memilih produk yang stripnya berwarna terlalu mirip dengan rompi atau yang kurang bisa memantulkan cahaya.

Apabila model rompinya berkantong, kantong tersebut tidak boleh mengganggu pemakai rompi

Artinya kantong tersebut harus memiliki ukuran dan lokasi yang tepat, misalnya di bagian depan bawah.

Bahaya Tidak Memakai Rompi safety for construction workerBahaya Tidak Memakai Rompi Keamanan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa rompi keselamatan bermanfaat besar untuk menjaga keamanan pekerja selama berada di area konstruksi.

Manfaat tersebut bukanlah main-main. Apabila tidak mengenakan safety vest saat melakukan pekerjaan, orang-orang di konstruksi bisa menghadapi bahaya.

Bahaya yang dihadapi pekerja di konstruksi semakin bertambah ketika mereka bekerja pada malam hari. Mereka jadi semakin sulit terlihat sehingga risiko kecelakaan kerja di lokasi konstruksi pun meningkat.

Karena besarnya risiko inilah, rompi atau jaket safety menjadi perlengkapan yang wajib ada sesuai SOP banyak perusahaan.

Tips Merawat Rompi Agar Awet Digunakan

Seperti halnya perlengkapan keamanan lain di dalam proses konstruksi bangunan, rompi juga harus“dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” dirawat dengan baik agar bisa tahan lama. Ada beberapa cara perawatan yang tepat, misalnya sebagai berikut.

Bersihkan rompi secara teratur

Agar lebih awet, bersihkan rompi setiap kali selesai digunakan. Rompi tersebut dipakai di area konstruksi yang berdebu; pemakainya juga mungkin berkotor-kotoran selama melakukan pekerjaannya.

Belum lagi kalau pembangunan dilakukan ketika terjadi hujan, rompi tersebut tentunya menjadi semakin kotor. Kalau tidak dibersihkan, sulit untuk mengharapkan rompi keselamatan bisa bertahan lama.

Simpan rompi di tempat kering dan bersih

Setelah selesai digunakan dan dibersihkan, simpan rompi safety di tempat yang bersih dan kering. Kalau sebelumnya rompi basah karena hujan atau dicuci dengan air, keringkan terlebih dahulu sebelum Anda menyimpannya.

Lakukan pemeriksaan secara berkala

Selain menjaga kebersihan dan memperhatikan penyimpanan, Anda juga perlu untuk melakukan pemeriksaan rompi secara berkala.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencari tahu apakah perlengkapan keselamatan kerja satu ini masih bisa berfungsi dengan semestinya.

Itulah fungsi rompi proyek yang sebenarnya, jika anda ingin membeli rompi proyek anda cukup klik kami di www.materialbahanbangunan.com anda akan mendapatkan berbagai pilihan jenis rompi proyek.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=rompi

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *