Keuntungan Membangun Rumah Dengan Bata Ringan

Toko Citra Bangunan Depok menjual bata ringan klik di www.materialbahanbangunan.com

Keuntungan Membangun Rumah Dengan Bata Ringan

Penggunaan material bangunan berbobot ringan kini semakin populer. Tidak hanya material baja ringan yang digunakan untuk struktur bangunan rumah, “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” kini salah satu bahan baku pembuat dinding, yaitu bata ringan, juga sangat diminati dan mulai menyaingi permintaan bata konvensional.

Sifatnya yang ringan namun solid sehingga tetap tahan terhadap goncangan menjadi satu dari sekian banyak keunggulan bata ringan. Selain itu, bata ringan juga lebih terjamin kualitas materialnya.

Kelebihan Bata Ringan

Berbeda dengan batako atau bata merah yang proses produksinya masih dilakukan secara tradisional, bata ringan merupakan material fabrikasi yang diproduksi menggunakan mesin canggih. Bahan baku bata ringan terbuat dari beton (semen, pasir kuarsa, dan gipsum) yang dicampur dengan pasta alumunium.

Keuntungan apa lagi yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan bata ringan sebagai bahan bangunan rumahmu Simak penjelasannya di sini

Dua Jenis Bata Ringan

Bata ringan juga dikenal dengan nama pasarnya, yakni bata hebel atau bata celcon. Terdapat dua jenis bata ringan yang umum dipakai sebagai bahan baku penyusun dinding bangunan, yaitu Autoclaved Aerated Concrete ( AAC ) dan Cellular Lightweight Concrete ( CLC ).

Kedua bata ringan ini dibuat dari campuran material yang sama, namun komposisi tiap-tiap materialnya berbeda. Proses pengeringan dua bata ringan ini juga berbeda. AAC dikeringkan dengan menggunakan tekanan tinggi, sedangkan CLC dikeringkan secara alami.

Jenis Bata

Jenis bata ringan yang dipilih menentukan seberapa cepat produktivitas pemasangan dan besar biaya yang dikeluarkan. Bata ringan AAC jauh lebih cepat dari bata ringan CLC, namun membutuhkan biaya yang lebih besar dalam pemasangannya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Kifa Super, Bubuk Pembersih Peralatan Dapur Dalam Sekejap Depok

Ketahanan Sekuat Beton

Dimensi dan bentuk bata ringan memang tidak jauh berbeda dengan batu bata konvensional, namun ia memiliki bobot 3 kali lebih ringan dibandingkan dengan bata merah dan batako.

Karena terbuat dari campuran bahan yang sama dengan bahan pembuat beton, bata ringan pun memiliki ketahanan yang sama kuatnya dengan beton. Ketahanan bata ringan pun memenuhi standar bahan bangunan anti gempa.Tak heran, kalau bata ringan awalnya lebih populer digunakan sebagai bahan bangunan untuk gedung-gedung bertingkat dan mall.

Insulator yang Baik

Eksterior Dinding Bata

Selain memperingan dan memperkuat ketahanan bangunan, bata ringan juga mampu melindungi bangunan secara utuh.

Pori-pori di permukaan bata ringan – yang menurunkan berat massa bata – mampu menyerap panas udara dari luar bangunan dan mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan. Karena bentuknya cukup solid dan padat, bata ringan juga termasuk material bangunan yang kedap suara sehingga mampu menghalau suara bising masuk ke dalam ruangan.

Proses Pemasangan Lebih Cepat

Dibandingkan bata yang dicetak dengan cara tradisional, bata ringan memiliki dimensi yang lebih presisi ( 2mm per bata ) dan tingkat kerataan permukaan yang lebih baik. Keunggulan bata ringan ini jelas mempercepat proses pengerjaan konstruksi bangunan.

Bobotnya yang ringan turut memudahkan proses pemasangan bata ringan sehingga mendapatkan hasil yang lebi rapi. Namun untuk merekatkan tiap-tiap bata ringan, diperlukan cairan perekat khusus berupa semen instan atau mortar.

Finishing Dinding Lebih Mudah

Dalam tahapan finishing pembuatan dinding, dinding yang tersusun dari bata merah perlu dilapisi denga plester aci untuk memperhalus permukaannya.

Bata ringan telah memiliki tekstrur permukaan yang halus dan rata sehingga tidak memerlukan perlapisan yang tebal pada permukaannya. Bahkan permukaan bata ringan bisa langsung di cat atau dibiarkan terbuka jika menginginkan tampilan dinding ekspos.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Penjelasan Jenis Jenis Lem kayu

Harga satuan bata ringan memang lebih mahal dari bata merah. Namun jika menggunakan bata ringan sebagai bahan untuk membangun rumah, kamu bisa menghemat “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” biaya pemakaian plester sebanyak 50 persen. Proses pemasangan bata ringan yang lebih praktis dan cepat juga dapat mengurangi biaya harian pekerja bangunan.

Jika anda membutuhkan bata ringan hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bata

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *