Gunting Tanaman Yang Perlu Di Ketahui

Gunting Tanaman yang Perlu di Ketahui

Memiliki tanaman hias berarti kita harus rajin merawatkan guna menjaga nilai estetika tanaman. Salah satu bentuk perawatan wajib dilakukan adalah pemangkasan tanaman secara rutin. Selain untuk merapikan tanaman, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” pemotongan dilakukan guna mendesign bentuk tanaman. Tetapi, perlu diingat bahwa pemotongan harus menggunakan gunting khusus tanaman karena gunting ini memiliki fungsi berbeda dengan gunting biasa. Biar tidak salah, yuk kenalan dengan macam-macam gunting tanaman berikut.

Kenapa Harus Menggunakan Gunting Khusus?

Seberapa penting peran gunting tanaman? Kenapa tidak menggunakan gunting biasa? Mungkin banyak dari Anda bertanya hal tersebut. Yang jelas, gunting tanaman ini didesain khusus untuk tanaman dengan berbagai model mata pisau yang berbeda. Setiap mata pisau akan menghasilkan potongan berbeda dan berpengaruh pada polanya. Begitu juga dengan tingkat ketajamannya.

Selain itu, tidak seperti gunting kain atau kertas, gunting tanaman juga dibedakan berdasar jenis tanamannya. Jadi, tidak semua gunting bisa diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman dan bagian-bagiannya.

Mengenal Aneka Macam Gunting Tanaman

1. Gunting Rumput

Gunting rumput atau biasa disebut dengan nama grass cutter merupakan sebuah gunting tanaman yang didesain khusus untuk memotong rumput. Gunting ini memiliki mata gunting berbentuk lurus, tajan dan meruncing bagian ujungnya. Pegangan gunting terbuat dari kayu dengan diameter sesuai genggaman tangan. Selain digunakan untuk memotong rumput, grass cutter ini juga bisa diaplikasikan pada tanaman lainnya yang tumbuh di dasar taman.

2. Swivel Grass Shear

Swivel grass shear merupakan gunting tanaman yang bersifat multifungsi, bisa digunakan untuk memangkas berbagai jenis tanaman. Menariknya, gunting ini memiliki mata pisau berputar hingga 360°. Kelebihan ini akan memudahkan pengguna dalam memotong beberapa tanaman dengan pertumbuhan cukup rumit. Gunting berukuran 25 cm ini dapat memotong secara vertikal maupun horizontal, cocok untuk memangkas daun maupun ranting kecil.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Memilih Pompa Air Untuk Tandon Depok Jakarta

3. Wavy Hedge Shear dan Wavy Telescopic Hedge Shear

Sama seperti grass cutter, wavy hedge shear maupun telescopic hedge shear juga digunakan untuk memotong tanaman yang tumbuh pada dasar taman seperti rumput. Bedanya, gunting wavy ini memiliki bentuk mata pisau bergelombang sesuai namanya. Bentuk ini sengaja didesain untuk mereka yang ingin memotong rumput dengan pola tak beraturan. Jadi, nantinya hasil potongan rumput akan memiliki ketinggian berbeda.

Kedua gunting tersebut memiliki fungsi serupa, hanya saja dibedakan pada bentuk gagangnya. Gunting wavy telescopic hedge shear ini memiliki gagang bersifat fleksible, bisa dipanjang-pendekkan guna mempermudah pemotongan tanaman.

4. Gunting Deluxe

Gunting deluxe merupakan sebuah gunting tanaman khusus untuk memotong ranting. Gunting ini memiliki bentuk menyerupai tang yang bisa digunakan untuk segala macam ranting. Disbanding lainnya, gunting deluxe ini lebih tajam dan kuat serta mata pisau lebih tebal.

Berdasarkan jenis rantingnya, gunting deluxe dibedakan menjadi 4 yaitu deluxe anvil prunner, deluxe by-pass prunners, deluxe by-pass loppers dan deluxe anvil loppers. Keempatnya memiliki bentuk mata pisau dan ukuran berbeda-beda.

Deluxe anvil prunner mempunyai mata pisau yang dilapisi karet di salah satu sisinya dimana gunting ini khusus untuk memangkas ranting berukuran kecil dan lunak. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Sedangkan, gunting deluxe by-pass prunners digunakan untuk ranting kecil tetapi keras. Pada gunting ini, salah satu mata pisaunya berbentuk gerigi.

Untuk gunting deluxe by-pass loppers memiliki bentuk mata pisau melengkung berfungsi untuk memotong ranting pada ketinggian. Ukuran gunting cukup panjang hingga 76 cm. Terakhir ada gunting deluxe anvil lopper berfungsi untuk memotong ranting besar.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Menggunakan Alat Potong yang Baik dan Benar Depok

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=gunting

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *