Jenis – Jenis Mata Gerinda Serta Fungsinya

Jenis – Jenis Mata Gerinda Serta Fungsinya

Mesin Gerinda adalah suatu alat ekonomis untuk menghasilkan bahan dasar benda kerja dengan permukaan kasar maupun permukaan halus untuk mendapatkan hasil dengan ketelitian tinggi. “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Mesin Gerinda dalam pengoperasiannya menggunakan Mata Gerinda atau Batu Gerinda, dimana mata potongnya berjumlah banyak dan digunakan untuk kemampuan dalam penggunaan untuk mengasah maupun sebagai alat potong benda kerja.

Dari berbagai macam bentuk Mata Gerinda, berikut jenis – jenis dari Mata Gerinda serta fungsi dari mata gurinda tersebut :

1. Mata Gerinda Asah ( Grinding Wheel )

Mata batu gerinda atau biasa disebut dengan Grinding Wheel ini berfungsi untuk mengikis permukaan logam, baik pada besi, baja, maupun stainless steel.

2. Mata Gerinda Fleksibel ( Flexible Disc )

Mata batu gerinda ini biasanya digunakan untuk mengikis permukaan logam khusus pada area-area yang terbatas/sempit. Mata Gerinda Fleksibel ini juga dapat digunakan untuk memotong logam, namun kelemahannya yang dihasilkan dari fungsi ini yaitu area yang terpotong akan lebih banyak atau lebar daripada dengan menggunakan batu gerinda potong.

3. Mata Batu Gerinda Potong ( Cutting Wheel )

Sesuai dengan namanya, mata batu ini berfungsi untuk melakukan pemotongan pada media logam, baik untuk besi mildsteel, baja, hingga stainless steel, tentunya dengan menyesuaikan spesifikasi pada produk tersebut.

4. Sikat Gerinda ( Steel Wire Brush )

Fungsi dari sikat gerinda adalah untuk membersihkan bagian-bagian permukaan logam dari adanya kotoran, seperti karat, kerak serta akibat proses oksidasi pada permukaan logam. Sikat gerinda ini juga berfungsi untuk mengelupas lapisan permukaan kulit luar kayu, dengan tujuan untuk menghilangkan lapisan tersebut.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mudah Memasang Kawat Harmonika Pagar Pembatas Lapangan Olahraga depok

5. Ampelas Gerinda

Ampelas gerinda ini memiliki dua jenis yaitu Ampelas Gerinda Susun ( Flap Disc ) dan Ampelas Gerinda Datar ( Fibre Disc ). Fungsi dari alat ini yaitu untuk mengikis permukaan, baik pada permukaan logam maupun pada permukaan kayu yang bertujuan untuk menghasikan finishing permukaan yang rata dan halus

6. Pisau Potong Keramik ( Diamond Wheel )

Pisau potong keramik ini memiliki dua jenis, yaitu jenis basah dan jenis kering. Sesuai dengan namanya pisau ini berfungsi untuk memotong keramik.

7. Gerinda Tembok ( Diamond Turbo Wheel )

Fungsi dari gerinda ini adalah sebagai pengikis pada bidang permukaan semen, tembok, dan marble/granit yang bertujuan untuk menghasilkan permukaan yang rata dan untuk meratakan serta mengikia sisi dari granit untuk menciptakan lekukan sesuai pola yang diinginkan.

8. Pisau Kayu ( Circular Saw )

Sesuai dengan namanya, pisau potong ini berfungsi untuk memotong kayu. Pada varian produknya, circular saw diciptakan dengan berbagai jumlah mata gerigi yang biasa disebut teeth.

9. Mata Gerinda Asah Spons ( Grinding Wheel Sponge )

Mata gerinda asah spons memiliki fungsi yaitu, untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan pada batu marmer/granit.

10. Mata Gerinda Asah Woven ( Non Woven Nylon Wheel )

Seperti halnya dengan gerinda asah spons, gerinda asah spons juga berfungsi untuk menghaluskan dan mengkilapkan, namun perbedaannya adalah pada medianya. “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Jika gerinda asah spons untuk material bebatuan, maka untuk gerinda asah spons berfungsi untuk untuk mengikis serta mengkilapkan pada permukaan logam, khususnya pada Stainless steel dan Alumunium

11. Polishing Pad & Kain Poles ( Wool Polishing Bonnet )

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jadwal Perawatan Lantai Parket Kayu Agar Tetap Mengkilap Depok Jakarta

Alat ini berfungsi sebagai pengkilap dari tampilan produk yang menggunakan cat clear coat.

Dengan segala keunggulan serta fungsinya, tidak salah jika gerinda tangan adalah salah satu power tools yang wajib Anda miliki untuk kegiatan sehari-hari (selain mesin bor). Tidak harus menjadi profesional untuk menggunakan gerinda tangan.

Jangan lupa, lengkapi diri Anda dengan perangkat keselamatan kerja saat menggunakan mesin gerinda tangan.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=gerinda

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *