Jenis – jenis palu

 Jenis – jenis palu

Palu Bodem adalah benda yang kita bayangkan ketika kita mendengar kata palu, yaitu sebuah benda yang umumnya digunakan untuk memukul benda lain sebagai objek dengan tujuan tertentu. Misalnya memukul paku ( memaku ), memahat, memecah batu, dan sebagainya.

Sebuah benda dengan struktur bentuk terdiri dari kepala palu yang umumnya dibuat dari besi dan gagang palu sebagai pegangan agar mudah dalam penggunaan, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” umumnya terbuat dari kayu dengan ukuran yang menyesuaikan ukuran kepala palu. Ya, secara umum palu memang memiliki bentuk dan fungsi seperti penjelasan di atas.

Palu sendiri memiliki bermacam-macam jenis seperti kambing, palu konde, palu martil, palu tembaga, palu bodem, palu godam, dan lain-lain.

Di antara sekian banyak palu, ada 2 nama palu yang sebenarnya sama yaitu palu bodem dan palu godam.

Palu godam adalah nama lain dari palu bodem, bedanya palu godam berukuran lebih besar dari palu bodem.

Palu mungkin adalah peralatan paling tua yang masih diketahui keberadaannya. Palu dari batu diketahui telah digunakan sejak tahun 2.600.000 Sebelum Masehi. Palu adalah peralatan dasar untuk banyak profesi. Sebagai analogi, palu juga digunakan sebagai perangkat yang didesain untuk memberikan tumbukan, contohnya dalam mekanisme pelontar peluru pada pistol.

Berbicara mengenai palu belum selesai sebatas bagaimana bentuknya dan apa fungsinya. Sebab, sebagian orang akan memiliki persepsi atau pandangan atau pendapat yang berbeda ketika membahas palu dengan diikuti kata lain setelahnya. Contohya, ada seorang Ayah sedang memperbaiki kaki meja yang hampir patah dan berkata kepada anaknya “Nak, bisa tolong Ayah ambilkan palu martil itu di kotak perkakas?” lalu si anak beranjak dan kemudian kembali dengan sedikit kesusahan karena merasa terlalu berat, “Ini palunya Ayah”. Namun si Ayah justru tertawa karena ternyata anaknya malah mengambil palu godam.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Material Pagar Depok

Dari contoh tersebut dapat kita lihat bahwa si Anak tidak memahami perbedaan palu martil dan palu godam. Mungkin kita akan menganggapnya wajar sebab ia masihlah seorang anak kecil. Namun kenyataannya secara umum, tidak hanya anak kecil yang belum memahami jenis – jenis palu “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” akan tetapi banyak pula orang dewasa yang masih belum mengerti bahwa palu memiliki berbagai jenis dengan berbagai macam bentuk strukturnya yang berbeda guna mendukung dari masing-masing jenis palu tersebut.

Nah, di sini kita akan membahas berbagai jenis palu dengan lebih terperinci agar pembaca dapat lebih mengenal dan juga memahami perbedaan tiap-tiap jenis palu.

1. Palu atau Martil atau Palu Martil

Palu Martil ini adalah palu yang paling umum dan paling dikenal oleh sebagian besar orang. Palu ini digunakan untuk memberikan tumbukan kepada benda seperti memaku, memperbaiki suatu benda, dan lain sebagainya. Palu martil umumnya terbuat dari baja karbon. Palu martil berukuran kecil dengan berat kurang dari 1 kg. Bagian kepala palu martil terdiri dari dua permukaan yang bisa digunakan untuk memukul objek dan terdapat lubang di tengahnya sebagai tempat untuk memasang gagang.

2. Palu Bodem

Palu Bodem memiliki bentuk kotak lonjong dengan lubang di bagian tengah untuk tempat gagang palu. Palu Bodem adalah palu yang berukuran besar, beratnya bisa mencapai 6 kg. Palu Bodem umumnya digunakan pada industri pertambangan untuk memecahkan batu yang besar, menempa besi, dan lain-lain. Palu bodem memiliki berbagai ukuran di antaranya 2Lb, palu bodem 3Lb, palu bodem 4Lb, palu bodem 6Lb, palu bodem 8Lb, palu bodem 10Lb, palu bodem 12Lb.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  pipa air rucika

3. Palu Godam

Palu Godam merupakan palu yang terdiri dari blok besar, berat bisa lebih dari 6 kg, luas, dan datar logam (kepala) yang melekat pada pegangan biasanya berukuran 0,5 meter sampai 1 meter. Desain palu ini dimaksudkan untuk dapat berayun kuat sehingga dampak pada benda atau objek yang dikenainya juga lebih dalam.

4. Palu Kambing

Palu Kambing atau paku palu atau nail hammer adalah palu yang memiliki bentuk rata di satu sisi dan di sisi lain berbentuk melengkung dengan bagian tengah yang terbelah, sehingga mirip dengan kepala kambing bertanduk. Bagian yang rata digunakan untuk memukul benda, sementara bagian yang melengkung dapat digunakan untuk mencabut atau mencongkel paku yang sudah tertancap ataupun benda lain.

5. Palu konde

Palu Konde memiliki bentuk bulat di bagian belakang dan rata di bagian depan mirip seperti orang yang memakai konde. Oleh Karena itu, sering disebut dengan palu konde. Bagian bulat biasanya berukuran lebih besar dan digunakan untuk membuat benda yang dikenai menjadi cekung. Bagian rata digunakan sebagai pemukul benda atau objek, seperti paku atau kayu.

Itulah beberapa perbedaan pada jenis-jenis palu yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahan pembuatan palu bisa berasal dari besi, baja karbon, karet, tembaga, palstik, dan kayu. Bahan pembuatan ini dibedakan berdasarkan tujuan dari pembuatan palu itu sendiri sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya palu karet dibuat dari karet karena nantinya berfungsi untuk pekerjaan plat, contohnya seperti untuk meratakan permukaan plat tanpa ada goresan. Sementara palu plastic berfungsi untuk memukul objek benda yang lunak sehingga objek tersebut tidak tergores atau pecah. Begitu pula dengan palu – palu yang lainnya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara WD-40 Dalam Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan Depok Jakarta

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=palu

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *