Begini 5 Langkah Mengasah Pisau dengan Batu Asah yang Benar

Toko Citra Bangunan Depok menjual batu asahan klik di www.materialbahanbangunan.com

Begini 5 Langkah Mengasah Pisau dengan Batu Asah yang Benar

Pisau tumpul justru lebih berbahaya lho, makanya diasah

Kita gak mungkin bisa mulai memasak kalau gak ada pisau. Nah, pastinya pisau yang digunakan pun harus tajam. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Menurut para chef profesional, pisau yang tumpul justru lebih bahaya karena usaha kita untuk memotong bahan lebih besar. Hal ini memungkinkan jari kita terluka karena teriris.

Maka, jangan malas-malas untuk sesekali mengasah pisau dapurmu. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, mulai dari yang elektrik, besi, hingga batu. Nah, alat yang paling mudah kita temui adalah batu asah.

Bila dicermati, batu asah pisau memiliki dua sisi yang berbeda. Ternyata keduanya ini juga punya fungsi tersendiri lho. Biar gak salah mengasah pisau lagi, yuk simak cara tepatnya menggunakan batu asah.

1. Pertama, rendam dulu batu asahnya ke dalam air

Masukkan balok batu asahnya ke dalam kontainer transparan. Gunanya agar kamu bisa memastikan gelembung-gelembung yang menempel pada batu hilang. Bila sudah tidak ada gelembung, baru angkat batunya dan jangan dikeringkan.

Kok dibasahi batunya? Karena air di sini berfungsi sebagai pelumas asahan. Sehingga saat mengasah gerakanmu lebih licin dan nyaman.

2. Selanjutnya, siapkan alas buat batu asah supaya gak licin saat mengasah pisau

Saat mengasah, kedua tanganmu harus aktif memegang pisaunya sehingga bisa menjaga batu asah agar tidak ikut bergerak ke mana-mana. Maka, gunakan alas untuk batunya supaya bisa tetap berada di tempatnya. Alasnya boleh menggunakan handuk atau alas karet yang lebih menempel pada keramik.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam - macam jenis kunci pintu

3. Gunakan sisi yang kasar dulu untuk mengasah. Perhatikan posisi pisaunya

hnltoollibrary.org

Nah, pertama gunakan dulu bagian batu asah yang kasar. Kemudian gosokkan mata pisaunya pada batu di kedua sisinya. Gosok 10 kali di setiap sisinya. Lakukan beberapa kali.

Perlu diperhatikan, tanganmu harus menekan bagian metal pisau saat mengasah. Hal ini agar bagian yang tumpul dapat bersinggungan rekat dengan batunya.

4. Setelah melakukannya beberapa kali, asah pisau menggunakan sisi yang halus

cartercutlery.com

Bila sudah dirasa cukup, balikkan batu asahnya. Sekarang gunakan bagian yang halus untuk mengasah mata pisau. Lakukan hal yang sama, tekan dan gosok mata pisaunya sebanyak 10 kali di setiap sisinya.

Perlu dicatat, cara menggosoknya jangan bolak-balik. Tapi lakukan dari ujung ke ujung. Angkat pisaunya ketika sudah digosok sampai ujung atas, kemudian kembali asah dari bagian bawahnya.

5. Begini posisi pisau yang benar saat diasah

Nah, ini juga penting. Saat mengasah kamu harus memperhatikan posisi pisaunya. Perhatikan kemiringan tingginya saat diasah. Menurut para chef, begini posisi pisau yang benar saat diasah:

Ketinggian mata pisau disarankan setengah duas ibujari. Kemiringannya kira-kira 15–22 derajat mendekati batu

Mata pisau harus menghadap ke depan  – membelakangimu. Ini karena kamu harus menggosok pisaunya ke depan

Letakkan jari – jari tangan kirimu di atas bagian metalnya untuk menekan mata pisau

Bagaimana cara tahu bahwa proses mengasah sudah cukup

Cermati dengan teliti bagian mata pisau sebelum diasah. Pisau yang tumpul pasti punya bagian yang bergerigi atau tidak rata. Biasanya bila terkena cahaya akan lebih kelihatan bagian gerigi tersebut.

Nah, untuk mengecek apakah proses mengasah sudah cukup, cek lagi bagian mata pisaunya. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Bila perlu diraba perlahan menggunakan jari. Kalau bagian bergerigi sudah tidak nampak, berarti sudah cukup prosesnya. Hati – hati, jangan sampai terluka ya!

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Luas Jaring Bangunan Proyek

Itulah langkah tepat mengasah pisau menggunakan batu asah. Jadi, kalau pisau dapurmu tumpul jangan buru – buru beli baru. Coba diasah dulu menggunakan cara di atas. Semoga membantu ya

Jika anda membutuhkan batu asahan hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=batu%20asah

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=batu%20

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *