: Toko Citra Bangunan Depok menjual rak piring klik di www.materialbahanbangunan.com

Rak Piring Stainless: Tips Memilih dan Merawatnya

Sebagai jantungnya rumah, terutama untuk para pencinta kuliner yang hobi memasak, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” dapur yang nyaman dengan segala perlengkapannya menjadi sebuah keharusan.

Rak piring stainless menjadi salah satu dari sekian banyak elemen penting yang harus ada di dapur. Memang di pasaran dijual aneka rak piring dari berbagai material dengan berbagai model, namun ada alasan penting mengapa bahan stainless menjadi pilihan terbaik. Mari telusuri tips memilih sekaligus merawat rak piring stainless dalam artikel berikut!

1. Fungsi Rak Piring Stainless

Rak piring yang kuat, sesuai kebutuhan, serta tahan lama, pastilah dambaan sang pemilik dapur. Meskipun semakin banyak yang menggunakan mesin pencuci piring, namun rak piring tetap dibutuhkan untuk mempermudah pengeringan dan penyimpanan peralatan makan setelah dicuci.

Bahkan terkadang, di dapur mungil dengan pemilik yang super sibuk dan hanya memiliki sedikit peralatan makan, rak piring menjadi kebutuhan utama untuk meletakkan semua peralatan makan. Jadi, harus mampu menampung semua kebutuhan, termasuk ukuran, bentuk, jumlah, serta menjaga higienitas peralatan makan

Memang banyak rak piring dengan bahan selain stainless steel, seperti plastik dan kayu. Namun, ketahanan bahan stainless dari segi kekuatan struktur dan ketahanan terhadap air atau anti karat, menjadi keunggulannya.

2. Ukuran Rak Piring Stainless

Keberadaan rak piring bukan sekedar tempat meletakkan peralatan makan setelah dicuci. Ukuran, kompartemen, dan bahannya harus sesuai kebutuhan dan menambah nilai estetika interior dapur.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Masang Atau Menggunakan Instalasi Air Bersih Depok - Jakarta

Sebelum memilih model dan ukurannya, perhatikan jenis, jumlah, ukuran, dan bentuk peralatan makan yang dimiliki, termasuk piring, mangkuk, gelas, cangkir, sendok, garpu, sumpit, dan pisau.

Pastikan semua peralatan yang biasanya harus dicuci dalam sekali pemakaian, mampu ditampung dalam rak piring yang akan dibeli.

Pastikan pula ukuran ruang tempat rak piring akan diletakkan. Jika rak piring akan diletakkan di samping tempat cuci piring, sediakan dan ukur dulu area yang akan dijadikan tempat meletakkan rak piring, termasuk panjang, lebar, dan tingginya

Jangan sampai rak piring yang dibeli, ternyata dimensinya terlalu besar dan tidak ada tempat untuk meletakkannya. Atau panjang lebarnya cukup tapi ternyata terlalu tinggi dan terhalang rak gantung di dapur.

Kini, rak piring gantung yang digantung di dinding atau di atas tempat cuci piring atau di dalam kabinet dapur sudah banyak dijual di pasaran. Ada pula rak piring lipat yang bisa disimpan saat tidak digunakan.

Jika meletakkan rak di dalam kabinet, pastikan pencahayaannya memadai agar mudah meletakkan dan mengambil peralatan makan di dalamnya.

3. Kompartemen/Kemampuan Penyimpanan Rak Piring Stainless

Beberapa rak piring yang harganya lebih murah, hanya memiliki sedikit kompartemen karena hanya menggunakan sedikit bahan stainless. Biasanya hanya ada bagian untuk menyimpan piring+mangkuk, sendok+garpu+pisau, dan 2 atau 3 tiang kecil untuk menggantung gelas.

Rak piring sederhana seperti itu, memang masih cocok untuk pemilik dapur yang single atau pasangan muda. Tapi, untuk keluarga dengan jumlah anggota yang lebih banyak, tentu saja tidak memadai.

Misalnya, untuk caturwarga dengan anggota 4 orang, rak piring yang dipilih setidaknya harus memiliki kompartemen untuk menyimpan 4 piring, 4 mangkuk, 4 pasang sendok garpu, 4 pasang sumpit, 4 gelas atau cangkir, tempat aman untuk menyimpan pisau, bahkan tempat untuk meletakkan peralatan memasak.

BACA ARTIKEL YANG LAIN 

4. Kekuatan Konstruksi Rak Piring Stainless

Walau tampaknya tidak banyak peralatan makan yang diletakkan di rak piring, namun kekuatan konstruksinya harus menjadi pertimbangan utama. Kalau memang koleksi peralatan makan kebanyakan terbuat dari melamin yang ringan, kekuatan konstruksi tidak terlalu menjadi masalah. Sangat berbeda jika terbuat dari keramik yang pastinya akan jauh lebih berat.

Kekuatan rak piring harus mampu menahan beban seluruh peralatan makan saat digunakan maksimal. Jangan sampai rak piring tidak kuat, ambruk, dan koleksi kesayangan hancur berantakan.

Pastikan sambungan antar bagian rak tersambung dengan kuat. Pastikan pula slot-slot tiap kompartemen cukup tinggi dan jaraknya memadai untuk menahan semua peralatan makan.

5. Tips Perawatan Rak Piring Stainless

Meski terkenal kuat dan tahan lama, rak piring stainless memerlukan perawatan khusus agar tetap bersih, awet, dan mengkilap. Sebenarnya tidak sulit untuk merawat dan membersihkan rak piring stainless. Kebersihan rak piring tentu akan menjaga kebersihan peralatan makan yang diletakkan di rak.

Sebelum pertama kali meletakkan peralatan makan di rak piring, cuci terlebih dulu dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun dan perasan jeruk nipis. Cara ini dapat menghilangkan kotoran sekaligus menghilangkan noda yang membuatnya kurang berkilau. Lalu, keringkan dengan lap berbahan handuk agar tidak ada noda kerak air.

Sesering mungkin, keringkan rak piring atau jika memungkinkan jemur di bawah sinar matahari agar tidak lembab dan untuk membunuh kuman dan jamur yang biasanya senang tinggal di tempat lembab.

Bersihkan rak piring secara berkala dengan air perasan lemon atau cuka untuk membunuh kuman dan mempertahankan kilaunya. Gunakan spons atau sikat dengan bulu yang lembut, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” seperti sikat botol atau sikat gigi untuk menghilangkan noda sampai ke sela-sela sambungan agar permukaannya tidak tergores saat dibersihkan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mempertajam Pisau Dapur, Ikuti Teknik yang Dilakukan Para Juru Masak Ini

Rak piring stainless kuat dan tahan lama, tampilannya pun berkilau dan tampak elegan mempercantik interior dapur. Pastikan dimensi dan kompartemen yang ada sesuai kebutuhan. Rawatlah secara berkala agar rak piring dapat bertahan lama menemani kegiatan masak memasak yang menyenangkan.

Jika anda membutuhkan rak piring hubungi kami di www.materibahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=rak

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=stainless

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.