Cara Tepat Memilih Anti Karat Depok Jakarta

Toko citra bangunan depok menjual anti karat wd 40 www.materialbahanbangunan.com

Cara Tepat Memilih Anti Karat

Barang yang sudah lama tentu akan berkarat.

Korosi atau karat menjadi salah satu masalah yang sering muncul pada penggunaan alat-alat atau mesin berbahan logam. Korosi terjadi sebagai akibat adanya reaksi antara logam dengan zat-zat “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” lain disekelilingnya. Udara lembab yang mengandung oksigen dan air bereaksi terhadap besi sehingga muncul zat baru. Zat baru ini berupa lapisan kemerah-merahan, rapuh, dan keropos.

Jika dibiarkan, korosi yang terjadi bisa menyebabkan rusaknya barang-barang yang terbuat dari logam. Usia barang-barang yang mengalami korosi pun menjadi lebih pendek. Dalam dunia industri, terjadinya korosi menjadi pemicu kerusakan mesin dan alat-alat produksi serta menjadi penyebab terjadinya kebocoran. Akibatnya, produksi terhambat, bertambahnya biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan atau bahkan pembelian mesin-mesin baru, terjadinya kontaminasi pada produk, pencemaran lingkungan hingga munculnya gangguan kesehatan.

Lapisan anti karat biasanya memang sudah diaplikasikan oleh produsen mesin atau peralatan. Namun tetap perlu dilakukan pengecekan berkala. Terlebih jika mesin atau peralatan berada di tempat yang lembab, berdekatan dengan laut, atau terpapar bahan-bahan kimia seperti asam mineral, asam organik, alkali amonia, uap, gas, pelarut-pelarut organik dan minyak.

Lapisan anti karat yang sudah berkurang bisa diperbaharui dengan menambahkan lapisan anti karat baru. Lapisan anti karat berbentuk cairan dan cara penggunaannya terbilang cukup mudah.

Bersihkan terlebih dahulu bagian-bagian yang hendak dilapisi dengan cairan anti karat dengan menggunakan kuas. Pastikan bagian-bagian tersebut benar-benar bersih dan kering.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Wastafel yang Tepat

Setelah itu semprot merata dengan menggunakan cairan anti karat atau cairan pencegah karat. Selain dengan cara disemprot, kuas juga bisa dipakai untuk melapisi bagian-bagian pada mesin atau peralatan. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan perendaman dalam cairan anti karat. Baut-baut, rantai dan bagian-bagian mesin yang bisa dilepaskan dapat direndam dalam cairan pencegah karat ini. Perendaman bisa memberikan pelapisan yang lebih sempurna hingga ke celah-celah kecil pada komponen – komponen mesin atau peralatan.

Biarkan cairan anti karat mengering sebelum mesin atau peralatan digunakan kembali.

Bersihkan mesin atau komponen secara rutin untuk menjaga lapisan anti karat tetap berfungsi dengan baik.

Lakukan pengecekan secara berkala dan ulangi memberian lapisan cairan anti karat jika diperlukan.

Di dunia industri, cairan anti karat ini akan melindungi baut, rantai, pipa gas, pipa air, pipa minyak, tangki, roda-roda gigi dan komponen-komponen lain berbahan logam yang berpotensi mengalami korosi. Lebih luas lagi, cairan anti karat ini juga bisa digunakan pada kendaraan bermotor terutama pada bagian-bagian yang sering terkena air. Lapisan anti karat pada kendaraan bermotor biasanya mudah terkelupas sebagai akibat pencucian kendaraan yang tidak tepat.

Di pasaran telah tersedia cairan anti karat atau cairan pencegah karat yang dikemas dalam botol kaleng dengan bagian kepala yang dilengkapi alat semprot dan ada pula cairan anti karat dalam kemasan jeriken besar yang biasanya diperuntukkan bagi keperluan industri. Untuk memilih produk cairan pencegah karat yang baik, ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan.

Pilih cairan anti karat atau pencegah karat yang ramah lingkungan

Pilih produk anti karat yang tidak mudah terbakar sehingga aman untuk disimpan di lingkungan kerja

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jenis Meteran Air Sesuai Dengan Cara Kerjanya

Pertimbangkan untuk memilih produk anti karat yang tidak menimbulkan iritasi supaya aman bagi tenaga kerja yang bertugas melapisi mesin dan peralatan dengan cairan anti karat.

Jika perlu, lakukan uji anti karat untuk mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas. Caranya, siapkan gelas bening. Kemudian semprotkan cairan anti karat ke dalam gelas setinggi sekitar 1 cm. Lantas tuangkan air ke dalam gelas setinggi kurang lebih 6 cm hingga 7 cm. Lalu aduklah sampai cairan anti karat dan air tercampur. Diamkan beberapa saat dan aduk kembali. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Ulangi langkah tersebut sebanyak 2x sampai 3x. Cairan anti karat atau pencegah karat yang berkualitas bagus akan terpisah dari air dengan cepat. Sebaliknya, cairan anti karat yang berkualitas buruk akan bercampur dengan air atau membutuhkan waktu yang lama untuk terpisah dari air.

Kriteria-kriteria tersebut penting untuk diperhatikan mengingat saat ini ada cukup banyak produk anti karat atau pencegah karat yang beredar di pasaran. Tak sedikit di antara produk-produk tersebut yang mengandung bahan kimia berbahaya baik untuk kesehatan maupun untuk lingkungan sekitar.

Silahkan hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com untuk mendapatkan anti karat yang anda inginkan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Grendel

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=cairan

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=pembersih

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=anti%20karat

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.