Gergaji Besi, Dan Cara Memasangnya Depok Jakarta

Toko citra bangunan depok menjual gergaji www.materialbahanbangunan.com  

Gergaji Besi, Dan Cara Memasangnya

Seperti namanya, gergaji besi tentu saja

gergaji besi digunakan untuk memotong baja dan logam lainnya. Ini juga bisa digunakan untuk memotong plastik, atau juga kayu, meski biasanya tidak digunakan untuk memotong kayu. Kadang-kadang disebut gergaji adjustable “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” karena panjang frame dapat diubah untuk menahan bilah dengan ukuran yang berbeda. 

Pisau gergaji tangan manual di pasaran biasanya dipasok dalam dua ukuran panjang yang standar yaitu 250mm dan 300mm. dua ukuran ini dapat dipasang pada frame gergaji Jika sekrup pengatur dilepas, rangka bisa ditekan ke pegangan sehingga bilah yang lebih kecil pas dengan gergaji besi. 

Pisau gergaji juga digambarkan dengan jumlah gigi per inci (TPI). Mata pisau gergaji memiliki ukuran gigi 14, 18, 24, 32 per 25mm (inci). Sebuah pisau dengan 14 TPI kasar, pisau dengan 24 TPI sedang,  sementara pisau dengan 32 TPI sangat halus.

tabel mata pisau untuk gergaji dan cara penggunaanya

Jumlah mata pisau per inch

Kegunaan pemotongan

14 gigi per inch (TPI)     (kasar)

Untuk alumunium, dan logam lunak

18 gigi per inch (TPI)     (cukup kasar)

Untuk pemotongan umum

24 gigi per inch (TPI)     (sedang)

Untuk pemotongan besi 5 –  6 mm

32 gigi per inch (TPI)     (halus)

Untuk pemotongan hollow dan pipa

Cara penggunaan gergaji harus diperhatikan kecepatan nya berdasarkan bahan yang akan dipotong. semakin keras bahan semakin lambat gerakan pemotongannya.“dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” disamping stand berdiri yang baik dan cara memegang gergaji berguna sekali dalam menentukan tekan, ayunan dan kecepatan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jual Lem Kayu untuk Box Speaker Terbaik Seluruh Indonesia Depok Jakarta

Ketika mata gergaji tumpul atau putus dan perlu diganti.

Mata Pisau gergaji  itu bisa diganti dengan melonggarkan adjuster sayap sayap sampai terlepas dari dua ‘kancing’ atau stud yang biasanya menahannya dalam ketegangan di bingkai.

Mata Pisau gergaji  harus selalu diposisikan dengan gigi yang mengarah kedepan atau menjauh dari gagangnya.

Dua jenis gergaji besi umumnya tersedia. Bilah Baja Karbon Tinggi digunakan untuk pemotongan / penggergajian umum. Mereka tidak bertahan lama dengan pisau High Speed Steel. Ini jauh lebih mahal tapi tetap bertahan lebih lama dan cocok untuk memotong bahan keras seperti baja tahan karat dan paduan.

Memilih Pisau gergaji  yang benar agar sesuai dengan bahan yang harus dipotong penting saat memasang gergaji besi. Pisau High Speed Steel (HSS) digunakan untuk material yang tangguh dan tahan, sedangkan bilah Baja Karbon Tinggi untuk pemotongan umum.

Memilih jumlah gigi yang benar per inci (  25,4 mm ) juga penting. Aturan umumnya adalah setidaknya tiga gigi harus melintasi permukaan material yang akan dipotong.

Material bahan yang akan di potong  harus ditandai dengan hati-hati. Ini biasanya melibatkan menggunakan alat lain seperti siku  busur dan penggores.

Satu tangan memegang gagang gergaji tangan. Perhatikan bagaimana jari telunjuk digunakan untuk menopang pegangan dan juga menunjuk ke arah pemotongan.

Tangan satunya memegang bingkai, di dekat sayap sayap. Pemotongan / penggergajian harus dilakukan dekat dengan rahang ragum dan tidak lebih dari 10 mm. Ini memastikan bahwa logam tidak melenturkan atau membengkokkan di bawah kekuatan gergaji besi dan gerakan penggergajian.

Langkah penggergajian :

Langkah 1

– Istirahat pisau terhadap bahan

Istirahatkan bilah gergaji besi ke permukaan material

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memotong Selang Air dengan Gunting Depok Jakarta

Langkah 2

 – Tarik  kembali ke arah Anda

Tarik gergaji ke arah Anda, aplikasikan sedikit tekanan ke bawah dalam satu pukulan panjang dan lambat. Meskipun pemotongan gergaji pada dorongan stroke, beberapa goresan pertama harus dilakukan dengan menarik pisau ke arah Anda. Tindakan ini memungkinkan tindakan penggergajian lebih lembut untuk mengurangi luka Anda

Begitu potongan pertama dibuat, Anda harus menerapkan tekanan pada pukulan dorong, dan sedikit bebas pada pukulan balik

Meskipun memiliki “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” kedua tangan di gergaji, Anda hanya harus mendorong gergaji dengan tangan dominan Anda (atau yang memegang gagangnya).

Gunakan tangan Anda yang lain hanya untuk memandu gergaji dan tetap pada jalurnya. 

Langkah 3 

– kecepatan pemotongan

Begitu potongan pertama dibuat, kita bisa meningkatkan kecepatan, dan melihat irama yang tetap

Jangan memotong terlalu cepat karena hal ini bisa menyebabkan pisau memanas dan menjadi tumpul dengan cepat. (Sekitar 1 stroke per detik adalah ritme yang bagus untuk dipelihara).

Semakin keras bahan yang di potong semakin lambat ritme stroke penggergajian

Normal kecepatan 1 ayunan pemotongan = ± 1 detik

1 menit = 60 stroke ritme ayunan

Saat logam sudah dipotong, itu akan perlu pengikiran. Ini menghilangkan tajam sisi tajam sehingga logam bisa ditangani dengan aman, tanpa kemungkinan luka ke tangan.

Demikianlah cara memilih gergaji dan cara kerja gergaji besi, semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda. Jangan lupa klik kami di www.materialbahanbangunan.com untuk informasi yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Berbagai Jenis Lem HPL Untuk Berbagai Kebutuhan Depok

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=gergaji

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *