Cara Tepat Menggunakan Fire Hydrant Depok Jakarta

Toko citra depok menjual selang pemadam kebakaran www.materialbahanbangunan.com

Cara Tepat Menggunakan Fire Hydrant

Seperti halnya selang kebakaran ,ppfire hydrant juga memegang peranann penting oada saat terjadinya kebakaran.

Pengetahuan tentang bahaya dan penanggulangan kebakaran harusnya diketahui oleh setiap orang. informasi tentang Cara Penggunaan Fire Hydrant harus disisipkan Dalam lingkungan kerja, perumahan, pabrik, hotel, sekolah maupun tempat lainnya pasti ada hal-hal yang menjadi ancaman untuk memicu “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” terjadinya kebakaran. paling tidak orang kini harus mengetahui dasar-dasar penggunaan alat pemadam api ringan, fire hydrant, fire alarm atau prosedur evakuasi saat terjadinya kebakaran untuk mengurangi resiko yang terjadi akibat kebakaran tersebut, yang berupa kerugian material, investasi berharga, bahkan korban jiwa. Pengetahuan dasar mengenai cara penggunaan fire hydrant ini bisa didapat dengan mudah dari internet. Atau bisa mengikuti training tentang basic penggunaan alat pemadam yang biasanya diadakan oleh perusahaan untuk memberikan pengetahuan kepada para karyawan dengan pemateri dari orang-orang yang telah ahli dalam bidang penanganan fire fighting atau dari personel pemadam kebakaran.

Dalam penggunaan fire hydrant secara umum, misal di sebuah perusahaan ada beberapa orang yang tergabung dalam tim fire brigade yang bertanggung jawab dalam tindakan pemadaman jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di area yang diproteksi. tim tersebut paling tidak terdiri dari:

Nozzleman : Bertugas berada di paling ujung yang mengarahkan noozle ke titik api

Hoseman : Bertugas mempersiapkan selang dan menggulung saat pemadaman berhasil dilakukan

Pumpman : Bertugas menangani permasalahan yang ada di ruang pompa

Valveman : Bertugas membuka aliran air pada hydrant pillar

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jenis Roll Untuk Mengecat Depok Jakarta

Commando : Bertugas memberikan komando ke semua anggota tim sekaligus penyampai pesan dari pumpman sampai nozzleman

Support : Bertugas membersihkan area kebakaran agar petugas mudah menuju lokasi dan membantu hoseman mengatur selang sekaligus support pada nozzleman jika tekanan terlalu besar. untuk posisi ini paling tidak ada 2 orang.

Prosedur Cara penggunaan Fire Hydrant

Menggunakan Fire Hydrant harus sesuai dengan prosedur-prosedur yang berlaku, selain agar api dapat dipadamkan dengan baik juga untuk menjaga komponen yang digunakan lebih awet. Sehingga dapat digunakan lagi sebagai media memadamkan api jika suatu saat terjadi kebakaran di tempat yang sama. Secara garis besar, Cara Penggunaan Fire Hydrant yang benar adalah sebagai berikut:

1. Persiapan Selang Fire Hose (Hoseman)

Angkat selang fire hose mendekat, bisa juga dipanggul jika terasa berat dan lempar selang tersebut ke arah yang mendekati api. Posisikan selang agar tidak terbelit, sehingga aliran air nantinya bisa berjalan dengan lancar. Jika panjang selang kurang, maka bisa ditambah dengan selang lainnya.Menyambungkan pangkal selang dengan hydrant pillar. Jika sumber air dari box hydrant biasanya tidak perlu menyambungkan selang namun Langsung ditarik ke arah api.

 2. Persiapan Nozzle (Nozzleman)

Posisikan kaki agak merenggang agar tumpuan ke tanah kuat, persiapkan nozzle dengan pegangan yang sempurna. posisi salah satu tangan adalah memegang ujung nozzle, dan tangan satunya pada pangkal dengan menjepitkan ke ketiak supaya tidak goyah. berikan kode ke operator jika anda merasa sudah siap memadamkan api.

 3. Persiapan Aliran Air (Commando, Valveman, Pumpman )

Kode untuk mengalirkan air dari pemegang nozzle adalah tangan lurus keatas

Sedangkan kode untuk menghentikan aliran air adalah melipat siku tangan dengan berulang-ulang.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kelebihan dan kekurangan besi hollow

Cara Penggunaan Fire Hydrant sesuai prosedur berdampak baik untuk instalasi

Beberapa Pedoman Penggunaan Fire Hydrant diatas ada yang perlu diperhatikan, yaitu saat menjadi Operator adalah tidak membuka kran air (valve) terlalu cepat. Sifat air yang ada dalam instalasi fire hydrant adalah air yang mempunyai tekanan, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” sehingga bisa membahayakan petugas yang ada di depan (pemegang nozzle) seperti terpental karena pijakan tidak kuat. Menutup kran juga tidak disarankan dengan tergesa-gesa karena bisa mengakibatkan water hammer yang dapat merusak peralatan fire hydrant. Dengan mengikuti prosedur Cara Penggunaan Fire Hydrant yang tertulis diatas diharapkan fire hydrant dapat berfungsi dengan baik untuk memadamkan api.

Itu tadi uraian kami tentang fire hydrant, semoga dengan apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda. Silahkan hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com untuk mendapatkan informasi yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=pemadam

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mengatasi Cat Tembok yang Mengelupas

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *