10 Rekomendasi Peralatan Safety Yang Penting Untuk Para Pekerja Depok

10 Rekomendasi Peralatan Safety

 Yang Penting Bagi Para Pekerja

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah kunci bagi para pekerja. Mereka berjasa dalam membuat gedung tinggi aman. Tapi kadang kita tak tahu bahwa banyak alas keselamatan yang perlu mereka miliki.

Keselamatan Kerja Adalah Hal Utama Bagi Pekerja Lapangan

Kesehatan dan keselamatan kerja bagi pekerja dan perusahaan diatur secara jelas “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Hal ini menjadi sangat penting apabila Anda bekerja dalam bidang konstruksi atau kegiatan membangun sarana dan prasarana.

Perusahaan dan pekerja harus mengetahui tentang standar yang berlaku, salah satunya tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) terstandarisasi. Terdiri dari kelengkapan wajib yang digunakan pekerja sesuai dengan bahaya dan risiko, APD diatur secara tertulis dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri.

Penggunaan APD atau PPE selama bekerja memiliki banyak tujuan. Selain merupakan wujud sadar hukum dan budaya safety, APD akan melindungi diri akibat insiden atau kecelakaan. Meskipun tak membuat Anda luput darinya, APD bisa mengurangi keparahan luka akibat suatu kecelakaan.

Hal ini dikarenakan APD yang memiliki fungsi untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Oleh sebab itu, para pengusaha wajib menyediakan APD yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Berikut ini merupakan kategori peralatan safety yang perlu Anda gunakan selama berada di tempat kerja atau konstruksi.

Pelindung Mata Dan Wajah

Untuk melindungi area mata dan wajah serta mengurangi risiko cidera pada area tersebut, Anda perlu menggunakan helm dan kacamata khusus dengan lensa yang tahan benturan.

Penggunaan kedua APD tersebut bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan akibat partikel debu yang beterbangan seperti potongan kayu, kaca, dan logam. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa terlindung dari bahan kimia gas, bahan kimia asam, hingga radiasi cahaya.

Kualitas APD untuk area mata dan wajah akan menurun jika alat pelindungnya pernah jatuh, terkena benturan, hingga tergores secara tak sengaja.

Beberapa bagian konstruksi yang memerlukan perlindungan mata dan wajah yaitu pekerjaan operasional seperti gerinda, pemahatan, pengamplasan, dan penyemprotan, aktivitas pengelasan, pemotongan logam, dan pekerjaan yang mengaruskan Anda terkena sinar ultraviolet maupun paparan radiasi inframerah, serta pekerjaan lain di area yang penuh paparan logam cair, kimia, gas, uap, dan radiasi.

Alat Pelindung Kaki dan Tangan

Sepatu safety akan meminimalkan risiko kecelakaan tanpa membuat ruang gerak pemakainya menjadi terbatas atau menurunkan efektivitasnya dalam bekerja dan produksi. Sepatu safety yang baik adalah yang berbahan kokoh, kuat, dan tebal, tahan terhadap bahan kimia, dan memiliki alas yang tak licin.

Fungsi sepatu safety yaitu melindungi kaki dari serpihan kaca maupun besi yang dapat melukai, mencegah kecelakaan kerja akibat tertimpa benda berat, memberi perlindungan dari benda panas dan cairan berbahan kimia, serta menghindarkan pemakai tergelincir.

Selain sepatu safety, glove atau sarung tangan juga diperlukan untuk para pekerja konstruksi. Glove dengan kualitas yang tinggi akan melindungi Anda dari cedera saat sedang bekerja. Glove untuk para pekerja konstruksi biasanya terbuat dari karet, kulit, dan katun, tergantung dengan pekerjaan, paparan bahan dan bahaya yang dihadapi saat bekerja.

Untuk meminimalkan terjadinya cedera, Anda patut memilih glove dengan kualitas bahan yang tinggi dan jahitan yang rapi. Glove dengan ukuran yang pas dengan tangan akan membuat Anda nyaman saat menggunakannya.

Pilihlah glove yang menutupi hingga pergelangan, supaya area tangan terlindung secara maksimal. Tak hanya itu saja, pastikan Anda memilih glove yang sesuai dengan kegunaan dan bantalan pada permukaan telapak yang kuat.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jenis-Jenis dan Fungsi Palu

Alat Pelindung Kepala

Topi pelindung atau helm yang sesuai ukuran akan berguna untuk melindungi area kepala dari paparan aliran listrik atau bahan kimia hingga kecelakaan akibat tertimpa benda berat dan tajam.

Umumnya, helm keselamatan memiliki warna putih dengan fitur tambahan berupa tali penahan, braket pelindung telinga, dan bantalan kepala. Bantalan tali dalam helm berguna untuk meredam kejutan dari benturan atau hempasan benda jatuh sehingga leher tidak cedera. Biasanya alat pelindung kepala terdiri dari safety helm, topi atau tudung kepala, penutup, dan pengaman rambut.

Kegunaan helm keselamatan adalah melindungi kepala dari benturan, terantuk, kejatuhan, atau terpukul benda tajam dan keras yang melayang. Tak hanya itu saja, helm berguna untuk melindungi kepala dari radiasi panas, percikan bahan kimia, jasad renik, hingga suhu yang ekstrem.

Pelindung Tubuh

Pakaian pelindung memiliki fungsi untuk melindungi badan dari bahaya temperatur ekstrem, paparan bahan kimia, cairan, dan logam panas, benturan dengan mesin dan radiasi binatang atau makhluk hidup lain. Biasanya pakaian pelindung tubuh terdiri dari rompi atau vest, celemek, jaket, dan pakaian pelindung yang menutupi sebagian atau seluruh tubuh.

Salah satu pakaian keselamatan untuk para pekerja di bidang pertambangan atau bidang pekerjaan lain yang memerlukan pengamanan khusus adalah wearpack. Selain bisa melindungi tubuh dari bahaya kecelakaan, tingkat perlindungan yang diberikan wearpack sangat beragam dan sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

Selain menjadi pakaian yang melindungi diri dari bahaya maupun potensi kecelakaan saat bekerja, wearpack dinilai mampu menciptakan rasa percaya diri bagi para pekerja. Tak hanya itu saja, di beberapa perusahaan, wearpack bisa menentukan identitas, jabatan, dan perbedaan divisi dalam suatu perusahaan.

Helm

Berfungsi untuk melindungi kepala selama bekerja, helm safty tersedia dalam dua versi pilihan. Jika Anda memerlukan helm safety berwarna putih, pilih saja Sseda IV Safety Helmet.

Berbahan kombinasi polycarbonate dan ABS ringan, helm ini dilengkapi dengan safety buckle strap dan pelindung alis standard yang lembut.

Versi helm safety lainnya adalah Krisbow Safety Helmet KW10-324 warna oranye. Biasa dipakai oleh tamu atau visitor peninjau lokasi proyek, helm ini mampu melindungi kepala dari bahaya benda keras. Helm ini terbuat dari material yang kuat dan nyaman digunakan, tali helmnya dapat menyerap keringat dan tak membuat kulit terasa panas atau mudah berkeringat.

Memiliki berat sekitar 8000 gram, helm ini tak membuat kepala Anda mudah lelah atau pun sakit akibat tekanan beban helm.

Sepatu Safety

Sebagai pelindung kaki saat berada di area proyek, Anda bisa memilih dua rekomendasi sepatu safety dari Kickers maupun Wayna.

Pilihan yang pertama adalah Kickers Safety Phelix warna hitam. Boots dari Kickers ini memiliki potongan mid cut dengan desain round neckline yang trendy lengkap dengan jahitan yang rapi dan nyaman. Terbuat dari bahan kulit sintetis, sepatu ini menggunakan bahan rubber di bagian outsole, dan dilengkapi dengan besi 3 mm di bagian kepala sepatu.

Kickers Safety Phelix merupakan sepatu yang tak licin, tak tembus air, tahan minyak, full spon dalam sepatu, dan tak mudah tembus paku. Tersedia dalam ukuran 39-43.

Selanjutnya ada sepatu safety Wayna Heavy Duty PVC-1278. Sepatu tersebut sangat cocok dipakai di lingkungan kerja yang berat, basah, bahkan berlumpur. Memiliki desain anti slip, sepatu ini menggunakan material PVC/Nitrile yang mampu memberi perlindungan dan tahan terhadap minyak dan bahan kimia.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  bagaimana cara menjaga kebersihan Kolam di rumah?

Sarung Tangan

Sarung tangan safety dari Uvex U-Fit Gloves merupakan sarung tangan sekali pakai yang tipis namun dapat diandalkan. Berbahan karet nitril atau NBR dengan ketebalan 0.10 mm, sarung tangan tersebut sudah memiliki sertifikat EN 374 dan EN 455.

Memiliki kemampuan pegang yang baik serta permukaan yang kasar, sarung tangan ini tahan abrasi. Selain itu sangat baik sebagai perlindungan dari semprot saat menangani bahan kimia seperti asam, alkali, padatan, atau larutan garam berair. Uvex U-Fit Gloves made in Germany, mampu memberi sensasi taktil dan fleksibilitas yang sangat tinggi.

Lacarla Tuff Glove Hot Surface Protector adalah sarung tangan safety tahan panas hingga 300 derajat Celcius dengan bahan yang tebal dan nyaman dipakai. Terbuat dari material kombinasi, bambu, katun, dan poliester, sarung tangan tersebut cocok digunakan oleh para pekerja kasar dengan peralatan yang berisiko.

Sarung tangan ini juga bisa Anda gunakan untuk mengangkat peralatan dapur yang panas, bekerja untuk membersihkan taman, hingga pertukangan.

Googles

Berguna untuk melindungi mata dari risiko cedera maupun iritasi, kacamata dari Uvex 9161005 Over The Glass Eyewear bisa jadi kacamata safety dengan harga terjangkau untuk Anda. Tersedia dalam pilihan warna putih, kacamata ini memiliki fitur lensa warna biru atau hitam dengan PC clear/UV 2-1.2.

Anda akan merasakan pandangan yang tak terbatas dengan penyesuaian sisi gagang kacamata yang cukup panjang.

Kacamata pengaman memang sangat berguna bagi para pekerja, apalagi jika Anda senantiasa berhadapan dengan meteran digital atau paparan laser yang digunakan pada siang hari. Leica Geosystems Laser Glasses GLB30 merupakan kacamata safety yang memiliki fungsi 3in1.

Lensa pada kacamata ini bisa diganti secara khusus untuk memperjelas garis sinar inframerah dari alat ukur seperti Leica Geosystems Disto.

Safety Belt

Apabila Anda bekerja di tempat yang tinggi, tali pengaman atau safety harness diperlukan. Alat ini berguna untuk melindungi diri dari kecelakaan yang bisa mengakibatkan patah tulang, cedera kepala, suspension trauma syndrome, trauma pada ketinggian, hingga kematian.

Safety harness yang direkomendasikan untuk Anda adalah Nankai Small Hook. Sabuk pengaman dengan hook kecil dari Nankai didesain sebagai alat perlindungan yang unggul dan memudahkan pemakaian. Sudah lolos uji peralatan perlindungan EN 361, safety belt tersebut terbuat dari bahan poliester berkekuatan tinggi.

Memiliki standar kualitas Jepang, sabuk pengaman untuk pinggang dari Nankai ini tersedia dalam pilihan warna hijau.

Pakaian Pengaman

Untuk melindungi Anda dari aktivitas yang kotor dan berbahaya selama bekerja, kenakanlah wearpack yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat dua jenis wearpack yang ada di pasaran, yaitu wearpack terpisah dan coverall.

Wearpack rekomendasi yang pertama adalah Lakeland Baju Pelindung Kimian MicroMax NS. Datang dari brand Lakeland, wearpack tersebut mampu melindungi Anda dari kotoran minyak.

Masker/Respirator

Perlindungan maksimal untuk organ pernapasan Anda bisa didapatkan ketika menggunakan masker yang mampu menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel debu, aerosol, uap, asap, maupun gas.

Krisbow KW1000300 Half Mask Respirator Double adalah masker yang memiliki dua katup exhale dan dua katup inhale. Masker ini mampu menyaring kotoran, debu, dan racun hingga 90%.

Menggunakan dikter external yang mudah diganti, masker dari Krisbow tersebut dilengkapi dengan headband yang nyaman digunakan.

Nankai Half Gas Mask Industrial Anti-Dust Chemical Paint Respirator Double merupakan masker yang mampu menyaring polusi lengkap dengan dua filter yang bisa melindungi sistem pernapasan Anda dari gas, kabut asap, debu, hingga cat. Memberi kenyamanan saat Anda berada di lingkungan yang berpolusi tinggi, Half Gas Mask Industrial Anti-Dust Chemical Paint Respirator Double dilengkapi dengan karet pengikat yang lentur dan elastis.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam-Macam Jenis Body Harness

Penutup Telinga

Selama bekerja di lingkungan yang bising, Anda perlu pelindung telinga yang mampu melindungi sistem pendengaran Anda supaya tak terganggu bahkan tuli jika berkepanjangan.

Venitex Earmuff Suzuka merupakan pelindung telinga bermodel clip on yan bisa dipasang dengan mudah di helm keselamatan. Pelindung telinga dari venitex sudah mendapat sertifikasi SNR32 dan EN352-1, serta EN 352 yang menguji perangkat pelindung telinga berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan.

Venitex Earmuff Suzuka bisa melindungi Anda dari suara bising, seperti mesin bor, gergaji mesin, hingga suara kendaraan atau kereta.

Pelindung Wajah

Face shield atau pelindung wajah sangat berguna untuk Anda yang bekerja di tempat dengan paparan kimia maupun partikel-partikel lain yang berbahaya. 3M 6800 Full Face Masker merupakan masker dengan bahan berkualitas dan desain seimbang.

Dilengkapi dengan faceseal silikon yang nyaman dan berdaya tahan tinggi, masker tersebut juga memiliki air purifying respirator (APR), supplied air (SA), dan powered air purifying respirator (PAPR) mode. Mampu memberikan perlindungan pernapasan dari berbagai gas, uap, dan bahaya partikular.

Jaket Pelampung

Apabila Anda bekerja di atas air, pelampung adalah APD yang penting untuk meminimalkan bahaya tenggelam. Salah satu pelampung yang direkomendasikan adalah Krisbow Rompi Pelampung warna kuning. Pelampung untuk orang dewasa ini terbuat dari bahan nylon oxford yang lembut dan busa doam yang dapat mengambang pada air.

Memiliki kualitas yang baik dan tahan lama, pelampung ini dilengkapi dengan tiga strap yang dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh pemakainya. Krisbow Rompi Pelampung memiliki dimensi 51 x 45 x 7 cm.

Jaring Pengaman Bangunan Proyek

Jaring Pengaman Bangunan atau yang biasa disebut dengan Jaring proyek. Jaring Bangunan adalah jaring yang digunakan untuk mengamankan konstruksi sebuah bangunan.  Mengamankan konstruksi sebuah bangunan yang dimaksud adalah pengamanan dari kejatuhan akan puing – puing bangunan yang mungkin saja dapat terjadi selama proses pembangunan berlangsung. Jaring Pengaman Bangunan terbuat dari bahan polynet yang bahannya sangat elastis dan untuk menahan beban bebatuan. Jaring pengaman bangunan mempunyai 2 pilihan warna, biru dan hijau. Warna biru dan hijau ini diperuntukkan agar jaring mudah terlihat serta menurut pendapat psikologis warna biru dan hijau merupakan warna yang adem.

Untuk jaring pengaman bangunan yang biasa digunakan untuk pengaman puing reruntuhan bangunan ialah jaring kasa hijau dan jaring proyek biru disebut polynet atau polynet biru.

Tidak hanya itu, jaring pengaman bangunan juga biasa digunakan untuk keselamatan para pekerja konstruksi dari jatuh dari ketinggian, terkadang dengan adanya jaring safety,  para pekerja akan merasa lebih aman untuk bekerja diatas “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” ketinggian dengan mengedepankan keselamatan. Bukankah keselamatan penting nilainya apa lagi menyangkut dengan nyawa manusia. Untuk itu penggunaan jaring pengaman bangunan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah proses pengamanan proyek. Untuk itu kami menyediakan secara lengkap berbagai jenis jaring pengaman dengan berbagai tujuan untuk keamanan proyek konstruksi.

Dan untuk pemakaian dalam ukuran besar jaring polynet dapat dipesan dengan bentuk ukuran sesuai kebutuhan konsumen dengan disambung dijahit dan diberi lubang ring dibeberapa sisinya untuk memudahkan pemasangan dilokasi pekerjaan sebuah proyek bangunan / gedung bertingkat sehingga proyek tampak aman dan bersih.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=safety

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *