Jenis Roll Untuk Mengecat Yang Harus Anda Tahu Depok Jakarta

Jenis Roll Untuk Mengecat Yang Harus Anda Tahu

Seperti yang kita ketahui, ada banyak alat yang bisa digunakan untuk mengecat tembok hingga mebel.

Selain kuas, kita mengenal yang namanya roll atau roller.aneka jenis roller untuk mengecat “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” tembok, baik tembok semen hingga tembok khusus seperti dinding batu.

Ayo, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Berbagai Tipe Roll untuk Mengecat Dinding

Dari Bahannya

Dari bahannya, kita bisa membagi berbagai macam rol menjadi kelompok yang terbuat dari:

– Bahan sintetis, biasanya terbuat dari nilon dan polyester.  Bahan ini cocok dipakai untuk kebanyakan cat latex.

– Bahan alami, biasanya terbuat dari kulit domba dan sejenisnya. Bahan ini cocok digunakan untuk jenis cat berbasis minyak (cat yang pengencernya thinner atau spiritus). Hindari menggunakannya untuk cat berbasis air, karena bahan tersebut akan menggumpal.

– Bahan kombinasi misalnya gabungan wol dan polyester. Bahan seperti ini bisa digunakan pada aneka jenis cat, baik itu latex (cat berbasis air) atau solvent based paint (cat berbasis minyak).

Jenis Roller untuk Mengecat Berdasarkan Ketebalan

Berdasarkan ketebalannya, roll bisa dibedakan dari yang sangat lembut (untuk permukaan metal/logam), lembut hingga agak lembut (untuk dinding biasa), semi kasar (untuk kayu), kasar (untuk permukaan bertekstur seperti langit-langit bertekstur), sangat kasar (untuk dinding batu bata, beton, dan sejenisnya). 

Jadi dari ukurannya, kita bisa bedakan ketebalan seperti ini dari yang ¾ inchi hingga 3/8 inchi. Memperhatikan ketebalan roller seperti ini sangat penting. Kesalahan memilih alat ini berdasarkan ketebalannya bisa menyebabkan kualitas hasil pengecatan kurang bagus. Contohnya saja, bila Anda “nekat” menggunakan tipe roller ¾ atau terhitung “kasar” untuk dinding, akibatnya hasil pengecatan akan menampakkan kecacatan berupa orange peel yang kurang baik (tidak mulus). Sama juga bila Anda menggunakan macam roller yang lembut untuk mengecat permukaan kasar, hasilnya akan menjadi kurang baik di mana cat mudah mengelupas.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mengatasi Kebocoran Pipa PVC dan Pipa Besi Depok Jakarta

Macam Roller Berdasarkan Ukuran Frame atau Gagang

Secara umum, ada dua jenis roller untuk mengecat berdasarkan frame atau gagang alat tersebut. Pertama, yang ukurannya besar dan kedua, yang lebih kecil. Yang ukurannya besar, cocok untuk finishing permukaan yang luas. Misalnya saja finishing dinding dan langit-langit. Sedangkan yang kecil cocok untuk finishing bagian yang permukaannya lebih sempit, misalnya finishing furniture dan pintu. Namun selain kedua tipe ini saat ini juga dikenal roller mini. Kadang disebut juga sebagai mini hot dog roller. Seperti namanya, alat cat ini punya ukuran kecil seperti hot dog.

Lengkapnya berikut ini pembagian tipe rol berdasarkan ukuran frame-nya:

1. 12-18 inchi: cocok digunakan untuk pengecatan pada bidang sangat luas. Meskipun efisien untuk pengecatan bidang luas, karena ukurannya, alat ini harus digunakan dengan tenaga dan keterampilan ekstra. 

2. 9 inchi: seperti dijelaskan di atas, tipe ini adalah tipe ukuran yang sangat umum dan cocok dipakai untuk bidang permukaan luas.

3. 6-7 inchi: cocok digunakan untuk finishing permukaan yang tidak begitu luas misalnya komponen dinding eksterior khusus.

4. 3-4 inch: cocok untuk berbagai furniture ataupun dinding yang tak luas. 

5. Mini paint rollers atau mini hot dog: cocok untuk pengecatan pada bagian sangat sempit seperti bagian pinggir tembok dan furniture.

Macam Roll Berdasarkan Spesifitasnya

Beberapa jenis roller didesain khusus. Jadi selain produk yang biasa kita kenal, ada juga dua roller spesial yang bisa dibedakan menjadi:

– Roller Bertekstur

Pernah melihat tukang cat yang menggunakan roller lalu menghasilkan tekstur unik di dinding? Ada kalanya, tekstur yang dihasilkan berupa bunga-bunga, dan di kesempatan lain berupa pola kotak-kotak seperti batu-bata, Tukang cat tersebut kemungkinan besar menggunakan roller khusus. Biasanya, jenis ini menggunakan busa yang didesain dengan pola atau gambar tertentu. Sehingga ketika diaplikasikan akan terbentuk gambar di dinding yang sangat cantik.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Wallpaper

– Rollers Spesial

Jenis ini mirip dengan produk yang bertekstur, namun lebih dikhususkan untuk mengecat material seperti batu. Jenis roller untuk mengecat ini biasanya tak menyebabkan banyak percikan (splatter cat) dan memiliki konsistensi yang sangat baik serta tak banyak menyerap cat sehingga lebih efisien digunakan.

Tips Memilih Jenis Roller untuk mengecat yang Tepat

 Anda telah mengenal berbagai macam roller dari bahannya hingga ukuran gagangnya. Lantas bagaimana memilih alat ini dengan baik sesuai kebutuhan? Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda menemukan alat yang paling tepat.

– Usahakan membeli yang terbaik berdasarkan budget Anda. Tak bisa dipungkiri, “harga tidak bohong”. Meski kalau Anda benar-benar jeli, bisa saja membeli roller lebih murah yang kualitasnya bagus. Tapi secara umum, produk yang harganya lebih murah, kualitasnya pun lebih rendah, misalnya saja, komponen alat mudah lepas dan hasil pengecatan tak maksimal.

– Jangan hanya memperhatikan bagian nap atau kainnya saja. Perhatikan juga bagian gagang atau frame-nya.

-Pastikan gagang “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” kokoh dan nyaman digunakan. Sehingga proyek pengecatan Anda terasa lebih ringan dan menyenangkan. 

 Jangan terlalu menekan ketika memakai alat ini.

-Segera copot bagian cover dengan gagangnya setelah melakukan pengecatan.

– Bersihkan segera dari noda cat berdasarkan jenis catnya. Bila catnya adalah cat lateks, gunakan air dan sabun.

– Gunakan pengetahuan Anda akan berbagai jenis roller di atas untuk membeli produk yang paling tepat sesuai kebutuhan pengecatan.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Dan Keuntungan Menggunakan Rompi Safety Depok

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=kuas

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=cat%20tembok

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=cat%20kayu

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=cat%20pelapis%20anti%20bocor

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *