Macam – Macam Alat Pertanian Depok Jakarta

Macam – Macam Alat Pertanian

HTN Alat Pertanian

Alat Pertanian  Linggis

Linggis, inilah nama dari alat yang satu ini. Linggis adalah alat yang digunakan untuk menambang batu. Alat linggis ini terbuat dari besi baja sehingga sangat kuat untuk menambang batu secara tradisional. Akan tetapi ada juga linggis yang terbuat dari besi biasa. Linggis jenis ini sering kita “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” sebut dengan linggis rintik. Nama linggis rintik sendiri diambil dari besi yang digunakan untuk membuat alat ini yaitu besi rintik. Linggis merupakan alat berbentuk memanjang dengan bentuk lancip disatu sisi dan bentuk bedher disisi yang lainnya. Namun ada juga linggis dengan bentuk lancip dikedua sisinya maupun dengan bentuk bedher dikedua sisinya. Tergantung dari penggunaannya serta pesanan dari konsumen. Sedangkan pada bagian tengahnya dijadikan untuk peganan alat ini. Linggis akan banyak kita jumpai di tempat penambangan batu tradisional. Dengan alat sederhana ini para penambang batu bisa menghasilkan bongkahan-bongkahan batu baik yang berukuran kecil maupun besar.

Alat Pertanian Lempak

Lempak adalah alat yang biasa digunakan petani untuk membuat garis-garis disawah sebelum sawah ditanami tanaman. Garis-garis ini dibuat agar tanaman yang di tanam nantinya bisa urut dalam barisannya dan bisa tertanam rapi. Bbanyak petani yang menggunakan alat ini terutama petani-petani sawah. Dengan alat ini maka tanaman disawah akan mudah ditanam secara rapi dan tentunya dapat meningkatkan hasil panen nantinya. Lempak ini terbuat dari besi biasa tapi ada juga yang terbuat dari baja. Alat ini bentuknya hampir mirip dengan pacul atau cangkul, hanya saja posisi pengangannya yang berbeda.

Pacul Sekop  (Cangkul Untuk Alat Bangunan)

Pacul Sekop adalah alat yang digunakan oleh para pekerja bangunan untuk mencampur adonan pasir, gamping dan semen. Alat ini bentuknya sama dengan alat pertanian cangkul, akan tetapi karena kekuatan dari alat ini berbeda maka fungsinya pun berbeda. Pacul sekop ini cenderung lebih lentur di bandingkan dengan alat pertanian cangkul. Karena memang bahan yang digunakan untuk membuat pun berbeda diantara keduanya. Sehingga alat ini tidak dapat digunakan untuk mengolah atau membalik tanah di ladang maupun sawah. Pacul sekop ini pun tidak berupa gabungan antara bawak dan pacul. Tetapi langsung menyatu antara bagian kepala dan bagian ujungnya. Di bagian pegangan alat ini juga menggunakan doran untuk memudahkan dalam penggunaannya.

Alat Pertanian Cangkul atau Pacul

Cangkul atau Pacul adalah satu jenis alat pertanian tradisional yang digunakan dalam proses pengolahan tanah pada lahan pertanian. Cangkul digunakan untuk menggali ataupun untuk meratakan tanah. Cangkul masih digunakan sehingga masa ini untuk menjalankan kerja-kerja menggali yang ringan di kebun ataupun di sawah. Alat ini merupakan elemen penting dalam bidang pertanian terutama pertanian ladang kering. Cangkul dibuat dari baja sehingga alat ini sangatlah kuat. Cangkul atau Pacul merupakan gabungan dari bawak dan pacul itu sendiri. Bawak merupakan bagian kepala atau bagian atas dari cangkul. Sedangkan pada bagian landepan atau bagian bawahnya sering kita sebut dengan pacul juga. Pada bagian kepala terdapat lubang yang berfungsi untuk dipasangi garan pacul atau sering disebut doran. Dengan dipasangnya doran akan mempermudah dalam menggunakan alat cangkul ini.

Alat Pertanian Arit Babatan

Arit Babatan adalah alat yang biasa digunakan untuk memanen padi. Arit ini mempunyai bentuk yang tipis dan sangatlah ringan untuk di bawa. Dengan bentuk yang tipis ini maka arit ini akan sangat mudah sekali untuk memanen padi dalam skala yang besar. Bentuk arit ini pun tentunya berbeda dengan arit-arit yang lain. Arit babatan ini termasuk teknologi baru untuk memanen padi. Tidak seperti teknologi sebelumnya dimana petani menggunakan ani-ani yang harus membutuhkan waktu yang lama untuk memanen padi, dengan arit babatan ini petani bisa memanen padi mereka dengan mudahnya dan dalam waktu yang cepat. Walaupun bentuknya tipis akan tetapi Arit babatan ini terbuat dari besi baja yang kuat sehingga dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama dan juga kualitas yang terjamin pula tentunya.

Kampak Pipa (Kampak Garan Pipa)

Kampak Pipa merupakan alat yang dapat digunakan untuk memilah kayu. Kampak jenis ini mempunyai fungsi yang sama seperti jenis kampak biasa. Perbedaan yang mencolok dari Kampak Pipa dengan Kampak Biasa yaitu pada garan yang digunakan. Kampak Pipa menggunakan garan dari besi pipa yang langsung terintegrasi menjadi satu dengan inti kampak. Berbeda dengan kampak biasa yang menggunakan garan kayu yang terpisah dari inti kampaknya. Nama Kampak Pipa itu sendiri diambil dari nama kampak itu sendiri ditambahkan dengan pipa yang digunakan sebagai garannya. Sehingga untuk memudahkan penamaannya maka kampak jenis ini diberi nama Kampak Pipa. Kampak pipa terbuat dari besi baja asli dan menggunakan garan dari besi pipa seperti dijelaskan tadi. Sehingga kualitas dari kampak ini tentunya terjamin.

Garan

Garan adalah alat tambahan yang digunakan pada alat pertanian seperti gathul, arit, pacul dll. Fungsinya yaitu sebagai pegangan alat-alat pertanian tersebut dan agar mudah untuk dipakai dan agar alat-alat pertanian tadi mudah untuk dibawa tentunya. Garan ini terbuat dari kayu jati dan mahoni yang di garap dengan menggunakan mesin bubut agar menjadi bentuk yang sesuai dengan pegangan tangan dan agar kayu menjadi halus. Diperlukan kreatifitas khusus dalam membuat garan ini karena dalam pembuatannya hanya bermodalkan mesin bubut dan pahat. Di bagian atas dari garan ini biasanya terdapat pipa besi atau sering disebut dengan karah. Fungsi dari karah ini adalah agar garan ini tidak pecah saat di pasangkan dengan alat-alat pertanian tadi. Sehingga garan ini nantinya bisa awet untuk digunakan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Tali Besi Wire Clip Depok Jakarta

Bawak

Bawak adalah alat yang menjadi salah satu unsur dari alat pertanian cangkul atau pacul. Bawak ini nantinya disambung dengan pacul itu sendiri agar menjadi cangkul atau pacul. Di bagian kepala dari bawak yang berbentuk bulatan ini berfungsi untuk memasukkan garan pacul yang disebut doran. Bawak ini sebenarnya hanya berasal dari daur ulang cangkul itu sendiri dengan memotong bagian yang masih utuh yaitu pada bagian kepala. Bawak ini terdiri dari beberapa jenis antara lain yaitu bawak biasa dan bawak blitaran. Kebanyakan bawak ini menggunakan cap ayam jago dan cap buaya. Bawak dengan cap buaya biasanya mempunyai kualitas yang lebih baik dan lebih halus pula.

Betel atau Belah

Betel atau Belah adalah alat yang biasa digunakan untuk memecahkan batu. Dalam menggunakan alat ini nantinya betel atau belah ini di pukul dengan palu. Alat ini berbentuk lancip bedher pada ujungnya dan tanpa menggunakan pegangan. Sebenarnya alat ini hampir sama dengan alat cuplik. Namun betel atau belah ini pada bagian ujungnya cenderung lancip bedher tidak lancip utuh. Betel ini terbuat dari besi dan baja sehingga sangat kuat untuk memecah batu. Untuk jenis-jenis betel sendiri antara lain yaitu betel panjang, betel pendek, betel rintik, betel ril, betel beton 22 dan betel beton 32. Jenis dari betel ini berdasarkan ukuran serta bahan yang digunakan untuk membuat. Betel rintik menggunakan bahan baku besi rintik, betel ril menggunakan bahan baku baja ril, betel beton 22 menggunakan bahan baku besi beton ukuran 22, dan betel beton 32 menggunakan bahan baku besi beton ukuran 32.

Palu Bodem

Palu Bodem adalah alat yang biasa digunakan untuk menambang batu dan untuk menempa besi. Alat ini bentuknya sama dengan pukul atau palu biasa yaitu berbentuk kotak lonjong dengan lubang di bagian tengah untuk di pasangi garan (pegangan dari kayu). Yang membedakannya hanyalah ukurannya yang jauh lebih besar dengan berat 6 KG atau lebih. Dengan ukurannya yang begitu besar, maka di perlukan tenaga ekstra pula untuk menggunakan palu bodem ini. Alat ini sangatlah berguna bagi para penambang batu untuk memecah batu yang berukuran jumbo alias besar sekali. Dengan menggunakan alat ini para penambang batu akan mudah untuk memecahkan batu-batu. Palu bodem ini ada yang terbuat dari besi biasa dan ada juga yang terbuat dari besi baja. Dan tentunya palu bodem yang terbuat dari besi baja akan lebih kuat dan tidak akan penyok saat digunakan.

Alat Pertanian Sabit Padi

Sabit Padi adalah alat yang biasa digunakan petani untuk memanen padi. Seperti halnya ani-ani dan arit babatan, alat ini mempunyai peran penting saat proses pemanenan padi yang sudah siap panen. Alat ini sangatlah ringan dan mudah sekali untuk digunakan. Alat ini mirip dengan arit, tapi ukurannya lebih kecil dan lebih tipis. Alat ini juga menggunakan garan sebagai pegangannnya. Sehingga dapat mempermudah dalam penggunaannya. Sabit padi ini ada yang terbuat dari besi biasa dan ada juga yang terbuat dari besi baja. Hal ini tergantung dari permintaan dari para petani itu sendiri. Di bandingkan dengan menggunakan ani-ani, dengan menggunakan alat ini para petani bisa lebih cepat dalam proses pemanenan padi. Namun pada saat ini, alat ini sudah tergantikan oleh alat pertanian arit babatan yang juga dapat mempercepat proses pemanennan padi 2x lebih cepat dibandingkan sabit padi ini. Sehingga alat ini akan sangat jarang kita temui di pasar-pasar tradisional dan mungkin hanya di beberapa tempat saja. Namun jangan khawatir karena di HTN Alat Pertanian alat ini masih di produksi walaupun dalam porsi kecil saja.

Palu Lancip

Palu Lancip adalah alat yang biasa digunakan untuk membantu para pekerja bangunan untuk memudahkan pekerjaan mereka seperti memukul paku, memecah batu, dan lain-lain. Palu lancip ini sebenarnya tidak jauh beda dengan palu biasa. Hanya saja bentuk bagian kepalanya saja yang membedakannya. Bagian kepala dari palu ini berbentuk lancip sehingga alat ini dinamakan palu lancip. Bagian yang lancip ini bisa juga digunakan untuk memecah batu. Bahan yang digunakan untuk membuat palu lancip ini yaitu besi baja sehingga alat ini sangatlah kuat dan terjamin kualitasnya. Untuk memudahkan dalam penggunaanya, alat ini juga dipasangi garan di bagian tengahnya.

Pukul atau Palu

Pukul atau Palu mungkin bagi sebagian orang hanyalah barang yang tidak ada artinya. Namun alat ini merupakan alat paling penting bagi para tukang kayu atau pun para tukang batu. Biasanya alat ini digunakan untuk mengencangkan paku atau memecah batu. Dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Pukul atau Palu ini kebanyakan terbuat dari besi baja sehingga alat ini sangatlah kuat untuk memecahkan benda keras seperti batu. Pada bagian tengah dari palu ini terdapat lubang yang nantinya dimasukkan pegangan atau sering disebut garan. Ada juga jenis lain dari palu ini yaitu palu bodem dan palu lancip. Fungsinya sama hanya bentuk dan ukurannya saja yang berbeda.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jenis Cat Anti Karat Untuk Pagar Rumah Anda

Garuk Sampah

Seperti namanya, Garuk Sampah adalah alat yang biasa digunakan untuk menggaruk sampah atau menguraikan sampah-sampah. Alat ini berbentuk seperti cakar ayam dengan pegangan berupa garan dari kayu. Bentuk dari alat ini yang menyerupai cakar dimaksudkan agar memudahkan dalam menguraikan sampah-sampah. Alat garuk sampah ini terbuat dari besi bekas drum yang kemudian dibentuk hingga menjadi alat garuk sampah ini. Sebenarnya garuk sampah ini fungsinya sama dengan alat cakar ayam. Namun garuk sampah model yang ini jauh lebih murah dibandingkan dengan alat cakar ayam. Karena memang bahan yang digunakan untuk membuat juga berbeda. Alat garuk sampah ini tidak bisa digunakan untuk menguraikan sampah-sampah keras, dan hanya bisa digunakan untuk menguraikan sampah-sampah lunak seperti sampah-sampah plastik.

Gergaji atau Gorok

Gergaji atau Gorok adalah alat yang biasa digunakan untuk memotong kayu. Bentuk gergaji ini sangat unik yaitu berupa lempengan besi dengan gigi-gigi yang tajam dengan peganan dari kayu. Alat ini banyak digunakan oleh para tukang kayu untuk membantu pekerjaan mereka. Cara menggunakan alat ini yaitu dengan menarik alat ini kedepan dan kebelakang secara teratur hingga kayu yang di potong putus. Gergaji ini masih termasuk jenis gergaji manual. Pada era modern kini sudah ada model gergaji dengan mesin yang tentunya akan lebih mudah untuk digunakan. Akan tetapi dengan gergaji manual yang sangat praktis untuk digunakan, alat ini masih tetap eksis hingga saat ini.

Dandang

Dandang adalah alat yang biasa digunakan untuk menggali tanah dan bisa juga untuk menambang pasir dan memecah batu. Alat ini terbuat dari besi baja sehingga sangatlah kuat. Bentuk dandang ini yaitu berupa lempengan methok di satu sisi dan lempengan miring di sisi yang lain. Namun ada juga dandang yang mempunyai kedua sisinya lancip. Pada bagian tengah dari alat dandang ini berupa lubang yang cukup besar yang berfungsi sebagai tempat untuk di pasangi garan. Untuk jenis-jenis dandang anatara lain yaitu dandang 55, dandang 555 dan dandang lancip. Dandang 55 dan dandang 555 mempunyai bentuk yang sama namun jenis dandang 55 ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis dandang 555. Sementara untuk dandang lancip yaitu dandang dengan kedua sisinya berbentuk lancip. Dandang jenis ini banyak digunakan untuk menggali tanah yang keras.

Wadung

Wadung adalah alat yang biasa digunakan untuk menebang pohon secara manual atau tradisional. Wadung ini bentuknya sama dengan kampak atau kapak. Hanya saja ukuran wadung ini jauh lebih besar dibandingkan dengan kampak atau kapak. Selain itu fungsinya juga berbeda wadung ini untuk memotong kayu atau menebang pohon yang berukuran besar sehingga sangat cocok digunakan oleh para pekerja di penebangan pohon, sedangkan kampak atau kapak digunakan untuk memotong kayu yang berukuran kecil. Bahan yang digunakan untuk membuat wadung ini adalah besi baja, sehingga alat ini tidak akan mudah kethul. Dalam penggunaannya, wadung ini di pasangkan dengan garan yang berupa sangkal agar dapat mempermudah penggunaannya. Bentuk dari alat ini juga amat unik.

Alat Pertanian Osrok / Gasruk Padi

Osrok / Gasruk Pagi adalah alat pertanian yang digunakan para petani untuk mencabuti rumput-rumput liar di sawah atau dalam bahasa jawa disebut matun. Bentuk alat ini cukup unik dan mungkin tak semua orang tahu akan alat ini. Bentuknya mirip seperti setrika yang mempunyai gigi seperti yang terlihat pada gambar disamping. Gigi-gigi inilah yang berfungsi untuk mencabut rumput-rumput liar di sawah. Pada bagian atasnya terdapat lubang yang digunakan untuk memasukkan garan agar mempermudah dalam penggunaannya. Osrok ini terbuat dari lempengan drum bekas sehingga alat ini sangatlah ringan untuk di bawa. Drum bekas tadi di pande dan di bentuk sedemikian rupa hingga menghasilkan alat pertanian osrok ini. Dengan alat ini petani akan sangat mudah untuk mencabuti rumput-rumput liar di sawah mereka sebelum ditanami tanaman padi.

Alat Cakar Ayam

Cakar Ayam adalah alat yang biasa digunakan untuk mengguraikan sampah-sampah. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja di tempat pembuangan sampah. Dengan alat cakar ayam ini akan memudahkan dalam memilah-milah sampah. Alat ini sama fungsinya dengan garuk sampah, tetapi bentuk dan juga kekuatannya berbeda. Alat cakar ayam ini terbuat dari besi sehingga alat ini jauh lebih kuat dan lebih awet dibandingkan dengan garuk sampah yang hanya terbuat dari lempengan drum. Nama cakar ayam sendiri dipakai karena bentuk dari alat ini yang menyerupai cakar ayam yang berupa tiga jari. Untuk bagian pegangannya juga menggunakan garan dari kayu agar mudah dalam penggunaanya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Saringan Lantai WC Depok Jakarta

Pecok

Pecok adalah alat yang biasa digunakan untuk memilah kayu. Fungsinya hampir sama dengan pethel sangkal. Perbedaannya terdapat pada garan yang digunakan. Pecok ini hanya menggunakan garan biasa tidak seperti pada pethel sangkal. Selain mirip dengan pethel, alat ini bentuknya hampir sama pula dengan kapak tetapi ukurannya yang berbeda. Pecok ini ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan dengan kampak. Bahan baku yang digunakan untuk membuat alat ini yaitu besi baja sehingga alat ini begitu kuat dan terjamin kualitasnya. Pecok ini terdiri dari dari dua jenis yaitu pecok biasa dan pecok bedher. Yang membedakan diantara keduanya hanyalah bentuk godongannya dimana pecok bedher mempunyai godongan yang lebih lebar dibandingkan dengan pecok biasa.

Cetok

Cetok adalah alat yang biasa digunakan untuk memplester atau mengaci tembok. Alat ini juga biasa digunakan untuk mencampur adonan pasir dan semen. Cetok ini berupa lempengan berbentuk oval dengan pegangan berupa garan pada bagian bawahnya. Tapi pada beberapa cetok, juga ada cetok yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Bentuk ini dibedakan sesuai dengan kegunaan dari cetok itu sendiri. Cetok ini terbuat dari besi biasa karena untuk menjaga kelenturan dan kedinamisan alat ini saat digunakan. Alat cetok ini banyak digunakan para pekerja bangunan untuk membantu pekerjaan mereka. Alat ini sangatlah praktis dan mudah untuk digunakan. Hal ini berkaitan dengan berat alat ini yang sangatlah ringan dan siapapun bisa menggunakannya.

Alat Pertanian Garuk dan Garpu

Garuk dan Garpu adalah alat pertanian yang digunakan untuk meratakan pupuk di sawah dan terutama adalah pupuk kandang. Bagi para petani yang mempunyai ternak sapi biasanya menggunakan alat ini untuk menguraikan kotoran sapi yang akan di jadikan sebagai pupuk. Selain itu alat ini juga bisa digunakan untuk meratakan tumpukan sampah di tempat pembuagan sampah yang besar. Alat garuk dan garpu ini terbuat dari lempengan drum bekas yang di pande hingga menjadi alat sperti tiga jari ini. Untuk bentuk dari alat ini yaitu berupa 3 jari besi dengan lubang corong pada bagian atasnya sebagai tempat untuk dipasangi garan sebagai pegangannya. Kedua alat ini pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama secara keseluruhan. Yang membedakan diantara keduanya hanyalah bentuknya saja. Garuk mempunyai corong untuk wadah garan menghadap ke atas. Sedangkan garpu mempunyai corong untuk wadah garan yang sejajar dangan 3 jari besi tadi.

Palu Lancip

Palu Lancip adalah alat yang biasa digunakan untuk membantu para pekerja bangunan untuk memudahkan pekerjaan mereka seperti memukul paku, memecah batu, dan lain-lain. Palu lancip ini sebenarnya tidak jauh beda dengan palu biasa. Hanya saja bentuk bagian kepalanya saja yang membedakannya. Bagian kepala dari palu ini berbentuk lancip sehingga alat ini dinamakan palu lancip. Bagian yang lancip ini bisa juga digunakan untuk memecah batu. Bahan yang digunakan untuk membuat palu lancip ini yaitu besi baja sehingga alat ini sangatlah kuat dan terjamin kualitasnya. Untuk memudahkan dalam penggunaanya, alat ini juga dipasangi garan di bagian tengahnya.

Pangot

Pangot begitu alat ini biasa disebut-sebut. Mungkin memang terdengar nama yang aneh untuk yang tidak familiar dengan alat ini. Pangot adalah alat yang biasa digunakan untuk memecah batok buah kelapa dan untuk mencukil buah kelapa dari batoknya. Pangot ini terbuat dari besi biasa. Dengan bentuk seperti pisau yang berukuran besar. Di bagian paling ujung di buat agak lancip, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah nanti saat mencukil buah kelapa dari batoknya. Sedangkan pada bagian pegangannya tidak menggunakan garan dari kayu tetapi langsung besinya digunakan untuk pegangan. Alat ini tentunya sangat bermanfaat untuk para pedagang kelapa. Di pasar-pasar tradisional kita akan banyak berjumpa dengan alat pangot ini digunakan para pedagang untuk memecah batok buah kelapa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah ada alat yang lebih modern yang digunakan untuk mengupas kelapa. Namun karena alat tersebut jauh lebih mahal harganya maka masih banyak orang yang menggunakan cara tradisional untuk mengupas buah kelapa yaitu dengan pangot.

Tatah Pir

Tatah Pir adalah alat yang biasa digunakan oleh para pengrajin patung batu untuk membuat karya mereka. Tatah pir juga biasa digunakan oleh para pekerja bangunan untuk membantu pekerjaan mereka. Alat ini dinamakan Tatah Pir karena alat ini terbuat dari bahan yaitu besi pir. Dengan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” bahan yang tergolong baja, maka alat ini sangatlah kuat dan tidak akan tumpul saat digunakan. Bentuk dari alat ini yaitu berupa lempengan lebar pada bagian kepala sebagai bagian utama. Sedangkan pada bagian bawahnya digunakan sebagai pegangan langsung dan bagian ini pula yang nantinya di pukul menggunakan pukul atau palu. Tatah pir bentuknya hampir sama dengan cupik, akan tetapi pada bagian kepalanya lebih lebar. Tatah Pir ini terdiri dari 2 jenis yaitu tatah pir panjang dan tatah pir pendek.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=kebun

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=alat%20alat%20kebun

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bor%20tanah

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *