Nitrogen Untuk Mengisi Angin Ban, Banyak Manfaatnya Depok Jakarta

Nitrogen Untuk Mengisi Angin Ban, Banyak Manfaatnya

Apakah Anda menggunakan nitrogen untuk mengisi ban kendaraan Anda? Anda tidak sendirian karena akhir-akhir ini nitrogen banyak digunakan sebagai “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” pengganti angin biasa. Jika Anda melihat kendaraan di jalan dengan tutup pentil ban berwarna hijau, bisa dipastikan kendaraan tersebut menggunakan gas nitrogen sebagai pengganti angin pada ban kendaraan.

Kenapa menggunakan nitrogen, apakah lebih bagus daripada angin biasa?

Pengisian ban kendaraan dengan gas Nitrogen pada awalnya hanya digunakan pada kendaraan-kendaraan tertentu saja, seperti pesawat terbang, kendaraan berat, dan kendaraan balap. hal ini dikarenakan fungsi ban pada kendaraan tersebut yang harus sangat terjaga kestabilannya.

Namun sekarang, penggunaan gas Nitrogen untuk kendaraan umum sudah menjadi hal yang biasa sekarang. Di kota-kota besar hampir seluruh SPBU terdapat depo pengisian Nitrogen untuk ban kendaraan, bahkan di daerah-daerah juga mulai terdapat, walaupun hanya pada SPBU jalur utama lintas antar kota saja.

Perlu diperhatikan, bahwa untuk pengisian ban kendaraan dengan gas Nitrogen harus membuang seluruh angin pada ban kendaraan anda. hal tersebut berlaku untuk pengisian awal, dengan tujuan agar Nitrogen yang diisikan pada ban dapat maksimal, tanpa ada udara lain yang dapat bercampur dengan Nitrogen, khususnya Oksigen dari sisa penggunaan angin biasa.

Penggunaan gas nitrogen untuk ban kendaraan memang memberikan kelebihan yang tidak didapatkan dari penggunaan angin biasa, kelebihan tersebut antara lain:

  1. Gas Nitrogen tidak bersifat lembab. Hal ini disebabkan karena sifat nitrogen yang tidak dapat menimbulkan embun atau titik air ketika berada di dalam ban, atau ketika terjadi perbedaan suhu di sekitar lingkungan. Kelebihan dari sifat Nitrogen ini tentunya membuat velg kendaraan menjadi lebih awet, karena tidak beresiko menimbulkan karat pada bagian dalam velg yang bersentuhan langsung dengan ban.
BACA ARTIKEL YANG LAIN  5 Cara Memasang Keramik Lantai di Rumah Tanpa Bantuan Tukang

2. Gas Nitrogen memberikan tekanan ban yang stabil. Keunggulan ini karena molekul gas Nitrogen lebih besar, sehingga tidak mudah menyusut ketika berada di dalam ban. Dari uji yang dilakukan CR (consumer report) – Amerika, gas nitrogen hanya mengalami penyusutan 1.3 PSI per-hari, berbeda dengan angin biasa yang mengalami penyusutan 3.3 PSI per-hari. Penyusutan ini terjadi karena pada angin biasa terdapat gas Oksigen yang memiliki molekul lebih kecil, molekul oksigen ini akan mudah menyusut keluar, atau bahkan mengembang ketika teradi perbedaan suhu yang dialami pada ban.

Kelebihan lain dari molekul gas nitrogen yang lebih besar, yaitu menghasilkan sifat yang lebih kenyal ketika berada di dalam ban. Ban kendaraan akan terjaga kelenturannya dan grip pada ban dapat bekerja dengan optimal ketika ban digunakan.

Dari penjelasan diatas, penggunaan gas nitrogen memberikan kelebihan banyak pada ban kendaraan. Ban mampu bekerja secara optimal karena tekanan ban stabil dan yang paling penting adalah resiko ban mengalami pecah saat digunakan akan kecil karena suhu dan tekanan ban akan tetap stabil.

3. Gas Nitrogen lebih ringan dari angin biasa.

Dari pengukuran yang dilakukan, gas nitrogen memiliki berat yang lebih ringan daripada angin biasa sehingga secara tidak langsung dapat mengoptimalkan kinerja ban kendaraan, terutama pada kendaraan yang biasa digunakan untuk menempuh jarak jauh.

4. Lebih hemat.

Dari keunggulan yang dimiliki oleh gas nitrogen diatas, secara tidak langsung membuat kinerja ban menjadi optimal, daya cengkeram ban terhadap aspal maksimal, serta fleksibilitas ban pun menjadi terjaga, hal ini membuat usia pakai ban menjadi lebih panjang dibandingkan menggunakan angin biasa. Jadi meskipun tarif pengisian nitrogen lebih mahal, manfaat jangka panjangnya justru sangat hemat dan menguntungkan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Dan Cara Menggunakan Staples

Kendala pada penggunaan gas nitrogen yaitu dari ketersediaan tempat pengisiannya, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” depo pengisian nitrogen masih belum terdapat pada semua SPBU. Hal ini menyulitkan kita jika sewaktu-waktu kita perlu menambah kapasitas nitrogen di ban. Mencampur nitrogen dengan angin biasa tidak direkomendasikan karena bisa mengakibatkan timbulnya titik air di bagian dalam ban.

Namun apabila dalam keadaan dimana anda tidak menemukan depo pengisian nitrogen, Anda dapat menggunakan angin biasa pada ban kendaraan, dengan syarat ban harus dikuras ulang, dan diisi dengan nitrogen baru secara penuh.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=ban

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=pompa%20angin

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.