Alat Pemadam Kebakaran Itu Penting! Begini Tips dan Cara Menggunakannya

Alat Pemadam Kebakaran Itu Penting! Begini Tips dan Cara Menggunakannya

Alat pemadam api merupakan suatu alat safety atau alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api dan untuk mengendalikan kebakaran kecil, umumnya pada situasi darurat. Walaupun memiliki “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” alat pemadam api / kebakaran di rumah maupun lingkungan kerja sangat penting, namun masih banyak di antara kita masih kurang peduli dengan tersedianya APAR. APAR adalah alat pemadam api ringan, lebih jelasnya APAR ini berbentuk seperti tabung berukuran kecil / portable, hingga ukuran besar.

Selain itu, APAR juga dapat disediakan untuk berjaga-jaga jika ada deteksi dini akan titik api sehingga kebakaran masih dapat dikontrol. Karena bentuknya yang kecil dan praktis tentunya Anda dengan mudah bisa membawanya kemana-mana atau bisa dipindahkan pada tempat yang Anda inginkan. Alat pemadam api ringan ini sebaiknya Anda miliki di setiap rumah, kantor, dan tempat kerja Anda, bahkan jika perlu Anda bisa meletakkan di setiap titik yang memungkinkan untuk terjadinya kebakaran. Contohnya ruang dapur, gudang, ruang instrumen elektronik, dan sebagainya.

Selain APAR, ada juga yang namanya APAB (alat pemadam api berat), disebut APAB dikarenakan pada umumnya APAB ini dilengkapi denga dua buah roda untuk mengangkutnya. Roda ini sangat berguna dikarenakan APAB memiliki bobot berat yang berkisaran 20kg sampai 100kg.

eknologi Alat Pemadam Api

Metronic System adalah Automatic Fire Extinguishing System yang sangat handal dengan teknologi mutakhir, dipasang pada plafon ruangan area berbahaya. Kombinasi teknologi antara Thermal System (Thermatic) dan Fire Suppression System (Total Flooding System) menghasilkan sistem baru yang handal dengan harga yang cukup ekonomis.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kelebihan Dan Kekurangan Atap Seng Tahan Korosi dan Awet

Pemadam Api Metronic System by Servvo

SERVVO SMT 1100 FE-36 dilengkapi dengan “METRONIC ACTUATOR” yang dihubungkan dengan panel sistem penginderaan api (Fire Alarm Control Panel) dengan sistem pendeteksi asap maupun panas. Dapat diaktifkan secara pararel maupun secara bersamaan, sehingga dapat difungsikan sebagai alternatif Total Flooding System.

Keunggulan lain dari SERVVO SMT 1100 FE-36 dapat berfungsi sebagai Thermatic Fire Extinguisher. Apabila terjadi kegagalan fungsi pada sistem penginderaan api, maka SERVVO SMT 1100 FE-36 tetap dapat berfungsi sebagai Thermatic System.

Alat pemadam api tipe ini cocok untuk digunakan pada aplikasi ruang server, ruang komputer, BTS, dan ruang laboratorium.

Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) harus diposisikan pada tempat yang memenuhi syarat seperti:

Berjarak 20 meter

Ditempatkan pada tempat yang mudah untuk di jangkau

Memperhatikan suhu yang ada di sekitarnya

Terletak pada jalur keluar arah refleks pelarian

Tidak terkunci

Intensitas api pada saat terjadi kebakaran cepat menjalar

Tempat yang berkemungkinan timbulnya reaksi kimia

Adapun Cara Penggunaan APAR / alat pemadam kebakaran ringan:

1. Tarik pin pengaman yang berbentuk seperti kunci pada bagian APAR.

2. Peganglah tabung dan arahkan selang pada titik api.

3. Tekan tuas pegangan/katup, yang biasa terletak di atas tabung, untuk mengeluarkan isi tabung.

4. Semprotlah pada titik (sumber) api dari sisi ke sisi dengan gerakan seperti menyapu. Ingat, semprot ke sumber api bukan ke lidah api.

Selanjutnya adalah Cara Penggunaan APAB / Alat pemadam kebakaran berat:

1. Letakkan APAB atau alat pemadam kebakaran sekitar 50 meter dari lokasi kebakaran (sebaiknya Anda tidak berada terlalu dekat dengan api).

2. Letakkan APAB atau alat pemadam kebakaran dalam posisi tegak.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Apa Saja Manfaat Gypsum

3. Tarik pin “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” pengaman, yang umumnya berbentuk T, untuk membuka cartridge.

4. Bentangkan selang penyemprot dan tekan tuas pegangan/katup untuk menyemprotkan medium pemadam kebakaran ke arah api.

Sebenarnya penggunaan APAB dan APAR tidak jauh berbeda, hanya saja APAB biasanya digunakan untuk area yang lebih luas. APAB biasanya digunakan pada tempat dengan resiko kebakaran tinggi seperti SPBU, gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, bandara, pabrik, gudang, proyek infrastruktur, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=apar

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.