Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Diri( Tali Pengaman ) Depok Jakarta

Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Diri

Fungsi dan jenis alat pelindung diri (APD) terdapat beraneka macam. Ada Alat Pelindung Diri yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh dan ada pula yang berfungsi sebagai alat dalam gawat darurat. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 8 tahun 2010 tentang Alat Pelindung Diri memberikan landasan hukum dan panduan bagi kita untuk memahami dan menerapkan perlindungan dengan alat pelindung diri (APD).

Berdasarkan Permenaker nomor 8 tahun 2010, alat pelindung diri adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Permenaker nomor 8 tahun 2010 menggolongkan fungsi dan jenis alat pelindung diri menjadi 9 bagian yang dikelompokkan berdasarkan tujuan pemakaiannya.

fungsi dan jenis alat pelindung diri Ilustrasi pemakaian Alat Pelindung Diri

1. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Kepala

Fungsi Alat pelindung kepala adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam atau benda keras yang melayang atau meluncur di udara, terpapar oleh radiasi panas, api, percikan bahan-bahan kimia, jasad renik (mikro organisme) dan suhu yang ekstrim.

Jenis alat pelindung kepala terdiri dari helm pengaman (safety helmet), topi keselamatan atau tudung kepala, penutup atau pengaman rambut, dan lain-lain.

Helm pengaman banyak jenisnya. Helm proyek biasanya hanya berupa pelindung bagian atas kepala saja, helm yang digunakan untuk pekerja ketinggian biasanya disertai dengan tali dagu sedangkan helm untuk mengendarai motor dilengkapi dengan pelindung wajah.

2. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Mata dan Muka

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Ukuran Plastik Yang Biasanya Di Pakai

Fungsi Alat pelindung mata dan muka adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi mata dan muka dari paparan bahan kimia berbahaya, paparan partikel-partikel yang melayang di udara dan di badan air, percikan benda-benda kecil, panas, atau uap panas, radiasi gelombang elektromagnetik yang mengion maupun yang tidak mengion, pancaran cahaya, benturan atau pukulan benda keras atau benda tajam.

Jenis alat pelindung mata dan muka terdiri dari kacamata pengaman (spectacles), goggles, tameng muka (face shield), masker selam, tameng muka dan kacamata pengaman dalam kesatuan (full face masker). Masing-masing dari jenis alat pelindung mata tersebut memiliki standar dan fungsi tersendiri.

 3. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Telinga

Fungsi Alat pelindung telinga adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi alat pendengaran terhadap kebisingan atau tekanan.

Jenis alat pelindung telinga terdiri dari sumbat telinga (ear plug) dan penutup telinga (ear muff).

4. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Diri Pernapasan

Alat pelindung pernapasan beserta perlengkapannya adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan cara menyalurkan udara bersih dan sehat dan/atau menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel yang berupa debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas/ fume, dan sebagainya. Jenis alat pelindung pernapasan dan perlengkapannya terdiri dari masker,  respirator, katrit, kanister, Re-breather, Airline respirator, Continues Air Supply Machine=Air Hose Mask Respirator, tangki selam dan regulator (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus /SCUBA), Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA), dan emergency breathing apparatus.

Jenis alat pelindung diri pernapasan dapat dibagi menjadi 2 yaitu air purifying dan air supply. Air purifying adalah alat pelindung diri yang berfungsi untuk menyaring udara. Sedangkan, air supply berfungsi untuk memberikan pasokan udara di tengah udara yang terbatas.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Engsel Sendok Depok Jakarta

5. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Tangan

Fungsi   Pelindung tangan (sarung tangan) adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi tangan dan jari-jari tangan dari pajanan api, suhu panas, suhu dingin, radiasi elektromagnetik, radiasi mengion, arus listrik, bahan kimia, benturan, pukulan dan tergores, terinfeksi zat patogen (virus, bakteri) dan jasad renik.  Jenis pelindung tangan terdiri dari sarung tangan yang terbuat dari logam,  kulit, kain kanvas, kain atau kain berpelapis, karet, dan sarung tangan yang tahan bahan kimia.

6. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Kaki

Alat pelindung kaki berfungsi untuk melindungi kaki dari tertimpa atau berbenturan dengan benda-benda berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan  panas atau dingin, uap panas, terpajan suhu yang ekstrim, terkena bahan kimia berbahaya dan jasad renik, tergelincir.  Jenis Pelindung kaki berupa sepatu keselamatan pada pekerjaan peleburan, pengecoran logam, industri, kontruksi bangunan, pekerjaan yang berpotensi bahaya peledakan, bahaya listrik, tempat kerja yang basah atau licin, bahan kimia dan jasad renik, dan/atau bahaya binatang dan lain-lain.

7. Fungsi dan Jenis Pakaian Pelindung

Pakaian pelindung berfungsi untuk melindungi badan sebagian atau seluruh bagian badan dari bahaya temperatur panas atau dingin yang ekstrim, pajanan api dan benda-benda panas, percikan bahan-bahan kimia, cairan dan  logam panas, uap panas, benturan (impact) dengan mesin, peralatan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” dan bahan, tergores, radiasi, binatang, mikro-organisme patogen dari manusia, binatang, tumbuhan dan lingkungan seperti virus,  bakteri dan jamur.   Jenis pakaian pelindung terdiri dari rompi (Vests), celemek (Apron/Coveralls), Jacket, dan pakaian pelindung yang menutupi sebagian atau seluruh  bagian badan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Bocor atau Merembes, Penyakit Utama Bak Cuci Depok Jakarta

8. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Jatuh Perorangan

Fungsi  Alat pelindung jatuh perorangan berfungsi membatasi gerak pekerja agar tidak masuk ke tempat  yang mempunyai potensi jatuh atau menjaga pekerja berada pada posisi kerja yang diinginkan dalam  keadaan miring maupun tergantung dan menahan serta membatasi pekerja jatuh sehingga tidak membentur lantai dasar.

9. Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Pelampung

Fungsi Pelampung berfungsi melindungi  pengguna yang bekerja di atas air atau dipermukaan air agar terhindar dari bahaya tenggelam dan atau mengatur keterapungan (buoyancy) pengguna agar dapat berada pada posisi  tenggelam (negative buoyant) atau melayang (neutral buoyant) di dalam air.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=tali%20pengaman

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *