Macam – Macam Obeng Dan Fungsinya Depok Jakarta

Macam – Macam Obeng Dan Fungsinya

Obeng adalah alat yang digunakan untuk melepas dan mengencangkan sekrup. Alat ini sering dipakai untuk bongkar pasang perkakas di rumah maupun di bengkel. Dengan bentuk kepala sekrup yang berbeda-beda, maka digunakan macam-macam obeng untuk memutarnya.

Setiap jenis obeng hanya memiliki satu fungsi. Sehingga, hanya dapat digunakan pada satu bentuk kepala sekrup. Namun, dengan berkembanganya zaman, terdapat jenis obeng yang memiliki banyak fungsi. Karena memiliki beberapa mata obeng yang dapat diganti-ganti sesuai dengan fungsinya.

1. Obeng Plus ( Kembang )

Obeng plus (+) atau atau lebih dikenal dengan obeng kembang merupakan jenis obeng “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” yang ujung mata obengnya berbentuk silang. Mata obeng tersebut jika dilihat dari penampang atas m yuirip seperti kembang (bunga). Oleh sebab itulah sering dinamai obeng kembang.

Fungsi obeng kembang ini yaitu untuk memutar kepala sekrupyang berbentuk plus. Ujung mata obeng plus ini ada yang lancip dan ada yangtumpul. Dan masing-masing digunakan menyesuaikan bentuk dan ukuran kepalasekrup.

2. Obeng Pipih ( Min )

Obeng pipih juga sering disebut dengan obeng min, merupakanjenis obeng yang memiliki ujung mata berbentuk pipih tipis. Fungsi obeng minini adalah untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk min (-).

Namun, banyak yang menggunakan obeng min ini untuk mencongelbagian benda yang akan dibongkar. Yaitu dengan cara memasukan ujung obengdiantara celah benda yang akan dibuka.

3. Obeng Ketok

Obeng ketok adalah jenis obeng yang cara penggunaannyadiketok. Dengan memukul ujung batangnya, maka mata obeng akan berputar sesuaiarah yang dikendekai.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Talang Hujan Yang Baik dan Benar Depok - Jakarta

Fungsi obeng ketok adalah untuk melepas atau memasang skrupyang memiliki moment kekencangan yang kuat. Biasanya digunakan untuk melepasskrup-skrup yang berada di blok mesin yang tidak bisa diputar dengan obengbiasa

4. Obeng Shock

Jenis obeng lainnya yaitu obeng shock. Obeng shock merupakanobeng yang memiliki beberapa mata obeng yang dapat diganti-ganti sesuaipenggunaannya. Mata obeng shock ini biasanya selalu tersedia dalam satuan set.

Sama seperti obeng lainnya, fungsi obeng shock yaitu untukmembuka dan memasang sekrup. Namun, obeng ini dapat digunakan untuk memutarberbagai bentuk kepala sekrup. Karena memiliki banyak jenis mata obeng yangbervariasi.

5. Obeng Megnet

Obeng magnet adalah jenis obeng yang dilengkapi adanya dayamagnet pada ujung mata obengnya. Magnet tersebut digunakan untuk mengambilsekrup yang terselip dan tidak bisa dijangkau oleh tangan.

Ketika kita melepaskan sekrup di lubang yang cukup dalam dansekrup tersebut jatuh ke dalam celah-celah sempit, maka dengan menggunakanobeng magnet sekrup tersebut dapat menempel dan ditarik keluar

6. Obeng Tespen

Tespent merupakan jenis obeng yang sering dipakai oleh paratukang instalasi listrik. Fungsi obeng tespent ini digunakan untuk mengecekarus listrik.

Di dalam gagang obeng tespent ini selalu dilengkapi dengan adanya lampu kecil yang “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” akan menyala jika ujung mata obengya ditempelkan pada kabel yang terhubung aliran listrik.

7. Obeng Elektrik

Obeng elektrik merupakan jenis obeng yang pengoperasiannyamenggunakan energi listrik. Biasanya obeng ini dilengkapi adanya batere dibawah gagangnya.

Dengan menggunakan obeng elektrik ini, melepas ataumengencangkan sekrup menjadi lebih mudah. Kita cukup menekan saklar pada gagangobeng dan mata obeng akan berputar sesuai putaran yang diinginkan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Kawat Las Nikko - Electroda Pengelasan Listrik Pembakar Depok

8. Obeng Felxible

Obeng flexible merupakan jenis obeng yang memiliki batanglentur diantara gagang dan mata obengnya. Fungsi obeng flexible ini yaitu untukmemutar sekrup yang berada di tempat yang susah dijangkau oleh obeng biasa.

Dengan batang flexible yang dapat digerakkan ke arah mana saja, sangat memudahkan untuk menjangkau sekrup di area sempit dan terbatas.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=obeng

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *