Berbagai Jenis Pipa Air Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya Depok Jakarta

Berbagai Jenis Pipa Air Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya

Pipa rumah tangga terbagi dalam dua jenis yaitu logam dan plastik. Pipa air tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan bahan-bahan yang biasa digunakan oleh tukang ledeng.

Kedua jenis pipa air tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Jika Anda akan menggunakan pipa logam, ada beberapa jenis “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” pipa air yang bisa Anda pilih antara lain pipa tembaga,pipa baja galvanis,pipa stainless dan pipa besi.Sedangkan pipa plastik yang bisa Anda gunakan antara lain pipa PVC,pipa CPVC,PEX,PB dan ABS.

jenis pipa air

Pipa tembaga telah digunakan sejak tahun 1960-an. Jenis pipa air ini termasuk mahal untuk pipa air rumah tangga, tetapi pipa tembaga sangat handal untuk digunakan sehari-hari. Pipa ini tersedia dalam tiga ukuran yaitu M, L, dan K yang masing-masing memiliki ukuran tipis dan tebal yang berbeda.

Pipa ukuran K biasanya digunakan untuk jalur kereta bawah tanah,sedangkan M dan L digunakan sebagai saluran interior. Pipa ukuran M dan L cocok digunakan untuk air panas dan dingin. Kelebihan pipa tembaga adalah tidak rentan terhadap kebocoran.

Pipa baja galvanis telah digunakan untuk pipa rumah tangga hampir secara eksklusif selama  tahun 1960-an. Ini adalah pipa logam berwarna abu-abu yang biasanya bisa Anda lihat pada saluran pipa rumah tangga. Pipa ini biasanya bisa bertahan selama sekitar 40 tahun sebelum akhirnya diganti dengan pipa plastik.

Pipa stainless steel adalah jenis pipa air yang saat ini sudah  jarang dilihat di rumah-rumah. Sebenarnya pipa jenis ini sangat kuat, tapi juga sangat mahal. Pipa stainless steel biasanya digunakan dalam lingkungan laut karena lebih tahan terhadap air garam dibandingkan jenis pipa lainnya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Membersihkan Tempat Cuci Piring dari Berbagai Noda Bandel Depok

Pipa besi banyak digunakan pada masa lalu untuk drainase. Pipa besi benar-benar tahan lama, tetapi karena memiliki beban yang berat membuat jenis pipa ini sedikit menyulitkan pekerjaan ketika dipasang. Jika pipa besi rusak, bisa diganti dengan pipa PVC karena pipa PVC bisa dengan mudah disambungkan ke pipa besi.

Pipa besi hitam tidak pernah digunakan untuk pipa rumah tangga. Banyak orang salah paham menggunakannya untuk pipa air, padahal pipa ini hanya cocok untuk saluran gas.

Saat ini banyak orang menggunakan pipa plastik secara konsisten untuk pipa rumah. Pipa plastik lebih tahan lama dan lebih murah sehingga bisa menjadi solusi atau alternatif penggunaan pipa logam.

Pipa Polivinil Klorida atau pipa PVC, berwarna putih dan digunakan untuk penggunaan air dingin saja. Pipa ini biasanya digunakan untuk saluran suplai air utama di rumah. Jika Anda ingin menggunakan pipa PVC untuk saluran air minum, pastikan bahwa pipa tersebut cocok untuk air minum.

Pipa polivinil klorida terklorinasi atau CPVC tersedia dalam warna krem. Pipa ini cocok untuk penggunaan air panas maupun air dingin.Saluran tidak boleh ditempatkan bawah tanah karena akan meledak jika saluaran ini membeku.

Pipa polietilena (PEX) digunakan secara ekstensif di rumah-rumah baru karena “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” bisa digunakan untuk air panas dan dingin. Saluran PEX lebih tahan panas dibandingkan dengan pipa plastik lainnya. Saluran-saluran pipa rumah ini tersedia dalam warna merah, putih dan biru.

Saluran polybutylene (PB) digunakan di rumah-rumah dari tahun 1970-an sampai 1990-an. Pipa ini adalah satu-satunya pipa plastik fleksibel yang disetujui untuk pasokan air panas dan dingin, tetapi memiliki kekurangan rentan terhadap kebocoran. Acrylonitrite-butadiene-styrene (ABS) adalah saluran pipa plastik hitam yang hanya digunakan untuk drainase. Pipa ABS adalah alternatif pipa PVC dengan harga yang lebih murah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Jenis-jenis Kabel Listrik Depok Jakarta

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=pipa

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *