Cara membuat tangki septik yang meluap dengan tangan Anda sendiri Depok

Cara membuat tangki septik yang meluap dengan tangan Anda sendiri

Saat ini, dimungkinkan untuk membeli septic tank dengan berbagai desain, fasilitas perawatan multi-chamber overflow adalah yang paling populer di kalangan konsumen. Tangki septik yang meluap dari cincin beton dapat dibuat secara independen, yang secara signifikan akan mengurangi biaya pengolahan air limbah.

Tangki septik multi-ruang dengan melimpah

Persiapan untuk konstruksi

Pada tahap persiapan perlu:

menghitung volume pabrik pengolahan, tergantung pada parameter individu;

pilih bahan dari mana septic tank akan dibuat;

membeli bahan untuk pembuatan dan menyiapkan alat yang mungkin diperlukan selama pekerjaan.

Perhitungan tangki septik

Tahap pertama dalam pembangunan tangki septik dengan tangannya sendiri adalah untuk melakukan perhitungan, selama itu ditentukan:

volume pabrik pengolahan;

dimensi keseluruhan masing-masing wadah.

Untuk menentukan volume instalasi pengolahan di lokasi pinggiran kota, perlu “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” ditentukan volume limbah harian yang akan dirawat oleh instalasi pengolahan.

Untuk menghitung volume, Anda dapat menggunakan:

formula khusus yang digunakan oleh spesialis. Rumus kompleks memperhitungkan berbagai indikator yang berbeda (aliran air, kerugian transportasi, dan sebagainya). Untuk menghitung septic lokal, disarankan untuk menggunakan metode yang lebih sederhana;

indikator meter. Jika meter air dipasang dalam memo pribadi, jumlah sampah akan kurang lebih sama dengan volume konsumsi;

indikator rata-rata, ditentukan oleh spesialis. Secara umum diterima bahwa setiap orang mengkonsumsi sekitar 200 liter air setiap hari. Jika Anda mengalikan indikator ini dengan jumlah penduduk, Anda mendapatkan parameter yang diinginkan, yaitu volume sampah harian.

Volume septic tank, tergantung pada volume air limbah, dihitung dengan rumus berikut:

Penentuan volume tangki septik

Berdasarkan volume yang diperoleh, adalah mungkin untuk menghitung dimensi keseluruhan dari tangki septik menggunakan rumus matematika yang paling sederhana

di mana a, b, dan c adalah parameter yang diperlukan.

Bahan untuk pembuatan kamera

Pada tahap berikutnya perlu memutuskan bahan apa yang akan digunakan untuk kapasitas tangki septik. Saat ini, berikut digunakan untuk tujuan ini:

cincin beton. Sumur cincin beton adalah struktur hermetik yang cukup dan dapat dipasang di situs dengan tingkat air tanah yang tinggi. Biaya kapasitas seperti itu sangat minim. Instalasi membutuhkan alat pengangkat khusus;

Instalasi pengolahan air limbah yang terbuat dari cincin beton

beton. Struktur beton monolitik adalah yang paling dapat diandalkan, tetapi berbeda dalam kompleksitas pembuatan dan biaya tinggi;

Pabrik pengolahan monolitik terbuat dari beton

batu bata. Keuntungan utama dari kompartemen batu bata untuk tangki septik adalah kemungkinan memilih bentuk geometris. Namun, kompleksitas manufaktur dan biaya tinggi menyebabkan penurunan permintaan untuk struktur serupa.

Kapasitas pabrik pemurnian terbuat dari batu bata

Persiapan bahan dan peralatan

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dan pilihan bentuk, skema septik dibuat, yang memungkinkan untuk menentukan jenis dan jumlah bahan yang diperlukan.

Representasi skematis dari tangki septik

Jadi, untuk pembuatan tangki septik Anda akan membutuhkan:

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memasang Karpet Genteng Yang Benar Depok - Jakarta

material yang dipilih (beton, cincin beton atau batu bata) dalam jumlah yang cukup;

pipa limbah dengan diameter 110 mm, dari mana tangki septik meluap dan sambungan dari instalasi pengolahan ke sistem pembuangan limbah rumah dan tempat pembuangan limbah (bidang filtrasi, sumur drainase, kolam alami, dll.) akan dibuat;

jumlah dan jenis alat kelengkapan untuk perakitan sistem luapan dan pembuangan kotoran.

Pipa dan alat kelengkapan untuk saluran pembuangan luar ruangan

Instalasi akan membutuhkan:

sekop (ekskavator) untuk penggalian;

Roulette, tingkat konstruksi dan tali untuk menandai plot tanah;

bahan waterproofing;

Pasir dan batu hancur untuk penataan sumur drainase atau filtrasi;

pemanas (jika perlu);

peralatan tambahan: pompa, jika tidak ada kemungkinan untuk melengkapi saluran pembuangan gravitasi, kompresor, jika dalam salah satu pemurnian septik tank biologi dilakukan dan seterusnya.

Pembuatan dan pemasangan tangki septik

Bagaimana cara membuat tangki septik yang meluap? Proses pemasangan instalasi perawatan dimulai dengan pemilihan lokasi. Pilihannya mempertimbangkan jarak:

dari rumah (tidak kurang dari 4 m);

dari pohon buah dan semak-semak (2 – 4 m);

dari sumur minum (baik) tidak kurang dari 30 m;

dari jalan (5 m);

dari waduk alami (dari 10 m).

Aturan untuk memilih lokasi pabrik pengolahan

Tahap selanjutnya adalah penggalian:

di tempat yang dipilih menandai diterapkan untuk menggali lubang yayasan;

menggali penggalian (jumlah tangki atau satu lubang, yang akan dipasang semua tangki dari instalasi pengolahan);

Bagian bawah setiap lubang diratakan dalam satu tingkat;

Bantal pasir dengan tinggi minimal 30 cm diletakkan;

Parit untuk pipa saluran pembuangan dilengkapi dengan cara yang sama. Ketika menyelesaikan kotoran gravitasi dalam persiapan parit harus mampu menahan lereng 2 cm per meter panjangnya.

Lubang yang disiapkan untuk instalasi tangki septik

Perangkat ini kemudian dibangun dengan urutan sebagai berikut:

Cincin beton diletakkan di pit yang disiapkan, atau konstruksi dibangun dari beton monolitik atau bata;

di setiap lubang tangki terpisah untuk luapan dibor (atau diatur);

pipa luapan dipasang (beberapa pipa, jika lebih dari 2 bilik disediakan untuk struktur instalasi pengolahan);

Pemasangan pipa pelimpah di setiap tangki septik

Pipa saluran pembuangan dari rumah dan ke tempat pembuangan limbah disediakan;

sistem diuji untuk kebocoran. Semua masalah yang diidentifikasi dihilangkan;

Semua tangki dan pipa pasokan diinsulasi dengan material yang dipilih dan, jika perlu, diinsulasi;

Septic chamber waterproofing

penimbunan lubang dilakukan;

peralatan tambahan yang dipilih diinstal;

setiap wadah ditutup dengan penutup;

Tutup tangki dengan tutupnya

tabung kipas dikeluarkan.

Tangki septik dengan limpahan harus menjalani tes pendahuluan sebelum perangkat dioperasikan.

Proses pembuatan tangki septik melimpah disajikan dalam video.

Septic tank multikameral yang dibuat secara terpisah harus dikenakan perawatan berkala: memompa saluran keluar, membersihkan bagian bawah tangki septik dari sedimen padat, membersihkan filter dan perangkat lain, jika ada.

Overflow septic tank: teknologi manufaktur

Saat ini, ada sejumlah desain yang berbeda dari tangki septik yang memiliki karakteristik mereka sendiri dan menggunakan sistem tambahan. Sangat populer adalah produk pabrik dengan filter udara, pompa listrik dan beberapa jenis bakteri khusus.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Dongkrak Hidrolik Depok Jakarta

Pada saat yang sama, pertanyaan tentang bagaimana membuat septic tank dengan limpahan yang benar masih menarik bagi banyak master, karena desain seperti itu dapat disebut yang paling sederhana dan paling praktis.

Foto amatir tank dari cincin beton untuk meresap tipe overflow

Proses selangkah demi selangkah

Untuk memulainya, perlu dicatat bahwa sistem tersebut mengasumsikan kehadiran beberapa kontainer yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan pipa. Mempertimbangkan hal ini, para ahli profesional merekomendasikan untuk membuat septic tank dari cincin beton. Faktanya adalah bahwa mereka secara sempurna mentoleransi dampak fisik yang disebabkan oleh pergerakan tanah, dan menunjukkan diri mereka sempurna ketika mengangkat air tanah.

Skema grafis dari prinsip tindakan

Pekerjaan tanah

Pertama, Anda perlu menggali parit, di mana cincin akan ditempatkan. Pada saat yang sama, parit segera dibuat untuk memasang pipa.

Harus diingat bahwa perangkat septic yang meluap dirancang sedemikian rupa sehingga cairan di dalamnya digerakkan oleh gravitasi. Oleh karena itu, kedalaman titik tertinggi pipa saluran pembuangan harus berada di bawah tingkat pembekuan tanah.

Kedalaman dan lebar parit di bawah cincin dipilih berdasarkan dimensi cincin yang dipilih untuk konstruksi dan keinginan untuk mendapatkan volume kapasitas tertentu.

Lebih lanjut, bagian bawah parit dan parit ditabrak dan ditutup dengan lapisan pasir 10 cm.

Anda perlu mengatur tangki septik lebih dekat ke jalan agar nyaman untuk memompakan limbah. Namun, mesin tidak boleh didorong ke tempat lokasinya, agar tidak menghancurkan seluruh struktur.

Saran! Ketika menggali sejumlah besar tanah akan tetap, yang terbaik untuk segera menarik diri dari situs, menggunakan mesin yang sama yang membawa cincin itu. Dipertimbangkan dengan benar logistik akan memungkinkan untuk menyimpan dengan baik.

Lubang harus digali lebih lebar agar nyaman untuk bekerja

Instalasi

Biasanya tangki septik yang meluap terbuat dari cincin beton dibuat menggunakan elemen pabrik. Untuk ini, tambahan penutup dan pantat dibeli.

Jika desain mengasumsikan kehadiran tiga tangki, maka bagian bawah hanya diletakkan di dua yang pertama. Tangki septik yang tersisa dipasang di tanah berpasir yang dipadatkan, di mana lapisan kecil batu hancur dituangkan.

Prinsip pengaturan paling sederhana dalam satu tangki

Perlu dicatat bahwa untuk memilih semua produk beton yang Anda butuhkan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” untuk memeriksa integritas kunci mereka dengan hati-hati. Ada elemen yang memiliki kursi datar. Harga mereka biasanya lebih rendah, tetapi mereka lebih sulit untuk dipasang.

Semua sambungan struktur beton disegel dengan mortar semen, di mana kaca cair ditambahkan. Hal ini membuat jahitannya tahan terhadap kelembapan yang meningkat.

Pada tahap berikutnya, instal pipa saluran pembuangan. Dalam hal ini, instruksi pemasangan sangat menyarankan untuk membuat sudut kemiringan 5 derajat.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Menggunakan Kunci L Untuk Membuka Kunci Rumah Anda Depok - Jakarta

Pipa bertelur di parit

Juga di ujung pipa di septic tank adalah memasang tee, dan tingkat penghilangan cairan dilakukan 20 cm di bawah umpan. Dengan demikian, akses udara yang benar ke sistem akan diperoleh, dengan mempertimbangkan fakta bahwa sistem pembuangan limbah dibuat dengan riser yang berventilasi di dalam ruangan.

Untuk memperbaiki pipa dalam beton, disarankan untuk menggunakan busa pemasangan. Ini sempurna mempertahankan kelembaban dan dapat berfungsi sebagai paking peredam.

Pada tahap kapasitas berikutnya, tangki septik ditutupi dengan aspal. Ini diterapkan dengan tangan dari dalam dan luar produk untuk melindunginya dari kelembaban dan pada saat yang sama untuk menciptakan sedikit pemanasan.

Pemanasan septic tank

Beberapa ahli lebih memilih untuk tunduk pada pemrosesan dan pipa seperti itu. Namun, yang terbaik adalah mengaplikasikan lapisan insulasi pada mereka dan menutupnya dari atas dengan penutup pelindung. Jadi mereka tidak akan mengalami dampak mekanis dan akan dengan sempurna mentransfer bahkan salju yang paling parah sekalipun.

Jarak antara dinding pit dan tangki septik diisi dengan kerikil. Ini akan melakukan fungsi shock absorber dan pada saat yang sama itu akan sempurna debit air hujan atau tanah.

Waterproofing dengan aspal

Untuk meningkatkan produktivitas produk dalam wadah kedua, perlu menempatkan bakteri khusus untuk septic tank. Dengan bantuan mereka, dekomposisi zat akan terjadi lebih cepat dan Anda bisa mendapatkan air murni sebanyak 95%.

Di daerah yang sangat dingin di negara ini, para ahli merekomendasikan isolasi tambahan dari seluruh struktur dan pipa. Jika tidak, di musim dingin, cairan dapat berubah menjadi es dan mengganggu pengoperasian seluruh sistem.

Jika Anda berencana untuk membuat pengalihan air ke taman atau plot reklamasi lahan, perlu untuk menggunakan pipa khusus dengan lubang, yang melindungi bagian atas, sehingga mereka tidak ditutupi dengan bumi, dan untuk peresapan yang lebih baik dari tanah dengan menggunakan bantal pasir.

Saran! Beberapa ahli merekomendasikan menggunakan Eurocube sebagai wadah, tetapi bagi mereka perlu untuk membuat sarkofagus beton pelindung tambahan, karena kisi logam mereka tidak melindungi terhadap tekanan tanah.

Penimbunan kembali seluruh sistem dengan kerikil untuk meningkatkan drainase

Kesimpulan

Dalam video di artikel ini Anda akan menemukan informasi tambahan tentang topik ini. Juga, berdasarkan teks yang disajikan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem septik berdasarkan limpahan cukup sederhana dan tidak memerlukan pompa tambahan atau node lainnya. Ini sangat praktis sehingga digunakan di mana-mana untuk kebutuhan domestik (lihat juga artikel “Perbandingan tangki septik – pilihan mana yang lebih baik”).

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=tangki

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *