Instalasi Pipa PVC dan Cara Pemasangan Pipa PVC Depok Jakarta

Instalasi Pipa PVC dan Cara Pemasangan Pipa PVC

Instalasi Pipa PVC dan Cara Pemasangan Pipa PVC. Pipa PVC sudah banyak digunakan di dunia dan di Indonesia pada khususnya. Mulai untuk pipa air bersih, air kotor, kotoran, dan air hujan. Pipa PVC standar pipa pasar atau pipa retail “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” biasanya digunakan oleh masyarakat untuk instalasi pompa dan distribusi air, termasuk saluran air kotor dan saluran air buangan di perumahan.

Menurut warnanya, pipa PVC di pasaran ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna abu-abu. Secara kualitas tidak ada bedanya. Perbedaan yang ada antara pipa PVC yang berwarna putih dengan abu-abu adalah pipa PVC putih, memantulkan sinar UV, lebih tahan dari kebengkokan akibat sinar UV, tidak kuat menahan lumut, dan tanpa carbon black, sedangkan pipa PVC abu-abu, menyerap sinar UV, bila diletakkan di luar rumah lama-lama bisa bengkok karena sinar UV, tahan terhadap lumut, dan diberi carbon black.

Instalasi pipa tidak hanya terdiri dari satu batang pipa, namun terdiri dari beberapa pipa yang disambung untuk mengalirkan air sampai ke outlet terakhir. Jenis sambungan ditentukan berdasarkan jenis material pipanya dan letak sambungannya. Penyambungan untuk pipa PVC cukup sederhana dengan menempelkan dua batang pipa menggunakan penyambung yang tepat.

Untuk memperkuat sambungan digunakan seal tape pada sambungannya. Ujung pipa ada yang menggunakan drat dan ada juga yang jenis polos. Sambungan yang berdrat, pada ujungnya terdapat ulir. Agar sambungan lebih kokoh, meskipun memakai ulir tetapi seal tape tetap digunakan.

Alat Penyambung Pipa PVC

BACA ARTIKEL YANG LAIN  TIPS 3 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Garam Depok - Jakarta

Berbagai bentuk alat penyambung dalam penyambungan pipa PVC tersedia

dalam model dan bentuk yang cukup banyak ragamnya, di antaranya seperti

berikut.

Jenis Socket Pipa PVC dan Fitting Pipa PVC

Jenis Socket Pipa PVC dan Fitting Pipa PVC

Elbow, untuk menyambung pipa dengan arah 90°dan ada juga yang 45°.

Flock Shock, untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang sama.

Reducer Shocket, untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang berbeda.

Tee, untuk menyambung tiga batang pipa dengan diameter yang sama.

Valve Socket, untuk menyambung pipa dengan keran atau pipa lain yang

memiliki drat dalam.

Cara Penyambungan Pipa PVC

Proses pengerjaan sambungan pipa PVC sebagai berikut.

Pilih lem yang berbahan dasar sama dengan pipa yang akan disambung. Biasanya setiap produsen pipa menyediakan lem khusus untuk

penyambungan pipa.

Bersihkan kedua permukaan yang akan disambung baik dari kotoran, minyak atau air. Ada baiknya menggunakan cairan pembersih (cleaner).

 Oleskan lem PVC secara merata secukupnya dengan menggunakan kuas yang lembut dan bersih.

Sambungkan segera sebelum lem mengering. Biarkan sambungan mengering. Sambungan akan sempurna setelah 24 jam.

Penggunaan seal tape penting agar kedua pipa dapat terikat kuat. Seal tape dipakai pada valve socket yang telah dipasang pada kedua ujung pipa. Hal ini juga digunakan untuk pipa besi.

Penyambungan bisa juga menggunakan valve. Namun yang perlu diingat adalah tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusakkan pipa. Pengencangan valve menggunakan kunci inggris sehingga potensi untuk mengencangkan valve menjadi berlebihan.

Penyambungan Pipa PVC yang Rusak/Bocor

Kerusakan pada pipa bisa terjadi karena retak atau bocor. Biasanya ini terjadi pada sambungan-sambungan pipa. Bahkan bisa dari badan pipa itu sendiri, yaitu terdapatnya cacat material (ada lubang). Kebocoran bisa juga terjadi karena kesalahan pemasangan. Akibat yang ditimbulkan dari kebocoran pipa, air keluar atau merembes keluar atau adanya zat lain yang masuk ke dalam pipa. Kebocoran pipa mengakibatkan tekanan air akan berubah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fakta Penting Septic Tank Yang Layak Diketahui Depok Jakarta

Perubahan tekanan dapat disebabkan adanya sumbatan akibat endapan atau benda lain. Bahkan perubahan tekanan ini dapat diakibatkan oleh kerusakan pada tangki gelontor pada kloset.

Pipa rusak juga diakibatkan karena adanya penyumbatan. Penyumbatan yang fatal, dan pembersihannya tidak tepat akan merusak pipa. Pipa bisa juga

rusak karena adanya pukulan pada badan pipa. Atau pipa diberi beban yang besar sehingga pecah.

Langkah penyambungan pipa PVC yang rusak/bocor sebagai berikut:

Pastikan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” hanya pipa yang rusak saja yang diganti. Bila terjadi kebocoran harus dipastikan bagian mana yang bocor, bagian pipa atau sambungan.

Pipa yang bocor dilepaskan dari sambungan, dikeluarkan dari shaft, dan ganti dengan pipa baru. Pipa yang bocor dapat dihilangkan dengan memotong bagian yang dekat dengan titik bocor.

Potong pada ujung pipa yang satu dan ujung lainnya di atas sambungan. Sambung dengan pipa lain yang memiliki diameter sama dengan pipa yang bocor tersebut. Sesuaikan dengan panjang pipa yang diganti.

Beri lem khusus PVC pada permukaan dalam dari floksok (penyambung). Tempelkan pipa baru dengan ukuran yang tepat pada kedua ujung pipa yang lama tentunya menggunakan dua floksok.

Kata Kunci:

pemasangan pipa pvc,jenis jenis sambungan pipa paralon,macam sambungan pipa pvc,bentuk-bentuk bengkokan pipa pvc,Penyambung pipa pvc,cara pasang nyambung pipa beda ukuran,cara memasang seal tape pada paralon,Cara memasang fitting dan pipa pvc,Ukuran sambungan pipa l,beberapa jenis sambungan pipa dalam bentuk tabel.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Memahami Dan Jenis - Jenis HPL Di Rumah Anda Depok - Jakarta

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=%20pipa

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *