7 Cara Memasang Saklar Lampu Rumah dengan Aman Depok Jakarta

7 Cara Memasang Saklar Lampu Rumah dengan Aman

Pemeliharaan rumah tidak hanya pada faktor fisik yang tampak saja seperti perabot, dinding dan genteng. Namun pelihara juga faktor yang tertanam dalam dinding, yaitu Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah. Keberadaan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” arus listrik memang tidak dirasakan, namun bila ada yang rusak, dampaknya juga tidak nyaman bagi seluruh keluarga. Lampu tidak menyala dan ruangan bisa gelap gulita.

Apabila dalam rumah ada yang mengalami mati lampu, artinya kerusakan ada pada lampu atau aliran listriknya. Bila sudah membeli lampu baru namun tetap tidak menyala, Anda harus segera memeriksa saklar listriknya. Bisa jadi karena saklar yang Anda miliki sudah lama dan beberapa sekrupnya berkarat, maka sudah saatnya Anda mengganti saklar lampu lama dengan saklar yang baru.

Langkah Pemasangan

Cara Pasang Saklar Lampu Rumah tidak sesulit bagaimana Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah. Jangan menunggu lama untuk mengetahui Cara Memasang Saklar Ganda yang baru. Sebab ruangan gelap bisa menimbulkan ketidaknyamanan anggota keluarga lain. Apabila belum ada tukang yang bisa Anda mintai tolong, Anda bisa melakukannya sendiri. Yang perlu Anda perhatikan baik-baik hanyanya ketelitian dan faktor keamanannya saja.  Cara memasang saklar lampu dan Cara Memasang Saklar Ganda yang aman adalah sebagai berikut:

Siapkan peralatan untuk memasang saklar lampu, yaitu: saklar tunggal, kabel NYM atau kabel kawat tembaga, fitting lampu, box saklar, Pipa pelindung kabel, klem pipa, tang kombinasi, obeng dan taspen, isolasi/ lakban untuk Cara Menyambung Kabel Listrik.

Matikan sumber arus listrik rumah Anda. Caranya dengan mematikan MCB yang terdapat dalam meteran listrik atau kotak kwh meter. Pastikan bahwa arus listrik sudah mati dengan menggunakan tespen. Apabila gagang tespen masih menyala apabila MCB sudah mati, berarti ada kebocoran listrik. Bila tespen tidak menyala, artinya Anda sudah siap membongkar lubang kabel saklar untuk memasang saklar lampu. Yang harus anda pertimbangkan adalah, sebelum membongkarnya tentunya anda harus mengetahui bagaimana Cara Memasang Meteran Listrik terlebih dahulu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Perbedaan Antara Pipa Hitam Dan Galvanis Depok Jakarta

Bongkar saklar yang sudah tidak berfungsi dengan membuka sekrup-sekrupnya memakai obeng. Kemudian lepaskan semua kabel-kabel yang terpasang dalam saklar. Apabila saklar tersebut tunggal atau tidak berdampingan dengan stop kontak, maka akan ada dua kabel yang menunjukkan satu kabel masuk dan satu kabel keluar.

Ambil saklar baru dan perhatikan pin yang ada di tengah. Tekan pin merah untuk kabel masuk dan tekan pin putih untuk kabel keluar menuju lampu.

Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah selanjutnya adalah dengan memasang kabel dari saklar lama ke saklar baru. Kencangkan ujung kabel agar arus listrik bisa maksimal menuju lampu.

Uji coba dulu listriknya pada lampu apakah sudah bisa menyala. Tentunya nyalakan dulu MCB. Bila saklar lampu sudah bekerja dengan baik. Caranya dengan mencoba tombol on/ off. Bila lampu belum menyala dengan baik, maka perlu dicek lagi mungkin saja kabel yang terpasang pada pin sudah benar-benar kencang. Jika masih belum berhasil juga, mungkin ada permasalahan lain yang menyumbat pada kabel instalasi yang tertanam di dinding.

Bila saklar untuk lampu sudah berhasil menyala dengan baik, maka pasang kembali saklar baru pada lubang saklar. Kencangkan sekrup pada keempat sisinya agar terlihat rapi dan aman menempel di dinding.

Cara memasang saklar lampu cukup mudah, bukan? Tidak sampai satu jam Anda sudah bisa menikmati ruangan yang terang kembali. Sebelum Anda memulai langkah memasang saklar lampu yang rusak, perhatikan juga faktor pengamanan dalam berhubungan dengan listrik agar Anda tetap aman saat melakukan perbaikan.

Faktor Keselamatan

Berurusan Cara Memasang Kabel Listrik harus dengan kewaspadaan dan pengamanan ekstra. Biar bagaimanapun, tegangan listrik tidak terlihat fisiknya oleh mata namun cepat dirasakan oleh kulit. Ketika mengenai kulit tanpa Anda sadari, menimbulkan rasa terkejut yang bisa membuat Anda celaka. Oleh sebab itu, simak baik-baik pengamanan berikut. Saat memasang saklar lampu, perhatikan hal-hal berikut ini agar aman bagi Anda seluruh keluarga.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Bocor atau Merembes, Penyakit Utama Bak Cuci Depok Jakarta

Pengamanan pertama saat memasang saklar lampu rumah Anda adalah, mematikan sumber tegangan listrik sebelum membuka kotak saklar. Seahli apapun Anda dalam urusan kelistrikan, cara ini harus Anda lakukan demi keselamatan diri sendiri dan anggota keluarga di rumah. Arus listrik rumah serendah apapun tegangannya, tetap berbahaya bila bersentuhan dengan kulit manusia. Mematikan sumber tegangan listrik rumah dengan cara mematikan MCB dalam kotak meteran listrik.

Gunakan alas kaki saat memperbaiki saklar lampu. Tangan juga harus dalam keadaan kering. Hal ini menghindarkan segala hal yang bisa membuat Anda kena setrum listrik tanpa terduga. Mungkin saja ada orang lain yang tanpa sengaja menghidupkan MCB tanpa mengetahui bahwa Anda sedang memperbaiki saklar lampu.

Hindarkan tegangan tersambung kembali adalah pengamanan lapis kedua yang tidak kalah penting. Caranya dengan mencopot kotak sekering. Jangan lupa simpan sekering di bawah pengawasan Anda agar tidak ada yang mengambilnya. Kotak MCB bisa dengan mudah dinyalakan kembali oleh orang yang tidak tahu bila Anda sedang memperbaiki saklar lampu rumah. Jadi saat sekering sudah terlepas, meskipun MCB dinyalakan maka arus listrik tetap tidak akan mengalir dan membahayakan Anda. Ada juga cara selain mencopot sekering, yaitu dengan memasang kunci pengaman pada MCB.

Langkas selanjutnya agar aman saat memasang saklar listrik lampu adalah dengan memastikan tegangan listrik sekitar mati. Gunakan alat tester arus listrik voltmeter atau tespen. Bila alat voltmeter bergerak atau tespen menyala, berarti ada kebocoran listrik. Hentikan dulu pemasangan saklar listrik rusak di rumah Anda.

Bila rumah tempat tinggal Anda termasuk besar, maka akan ada dua atau lebih aliran listrik dari meteran listrik dan MCB. Bila Anda hanya mematikan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” salah satu MCB, maka berilah tanda arus listrik mana-mana saja yang masih menyala. Jangan sampai Anda terlupa dan menganggap semua aliran listrik sudah dimatikan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Memperkecil Diameter Pipa Air Tidak Akan Meningkatkan Tekanan Pompa Depok

Selain kelima langkah utama tersebut diatas, yang perlu Anda tambahkan adalah kewaspadaan tingkat tinggi. Mengerjakan perbaikan listrik membutuhkan perlindungan ekstra dan konsentrasi tinggi agar aman.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=kabel%20listrik

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *