Cara Mengasah Pahat Bubut Rata Depok Jakarta

Cara Mengasah Pahat Bubut Rata

    Pahat bubut digunakan sebagai alat potong mesin bubut untuk menyayat “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” benda kerja menjadi bentuk yang diinginkan.Pahat bubut harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan jenis bahan benda kerja yang akan dibubut.

Material dari pahat bubut harus mempunyai sifat-sifat :

  • Keras, sehingga sisi potong tahan untuk memotong benda kerja; ulet, agar sisi potong tidak mudah patah;
  • Tahan panas; dan secara ekonomis lebih lambat menguntungkan.
  • Bebrapa material pahat bubut yang sering digunakan adalah baja perkakas bukan paduan (unalloyed tool steel ), Baja paduan ( alloy tool steel ) termasuk didalam HSS, Cemented carbide, Diamond tips danceramis.

Pahat bubut harus gerinda untuk mengasah sisi potong. Ini bertujuan supaya sisi potong mempunyai sisi potong mempunyai bentuk dan lokasi yang benar terhadap tangkainya.Selain itu bentuk dari sisi potong harus dapat menusuk benda kerja secara efisien untuk memperoleh efesiensi yang tinggi dalam penyayatan logam.Pahat yang digerinda akan menghasilkan beberapa permukaan. Permukaan ini meliputi :

1.       Permukaan atas

2.       Sisi, dan

3.       Muka

Permukaan ujung yang merupakan sisi potong didapatkan dari pertemuan ketiga permukaan tersebut dan radius G. Permukaan-permukaan ini perlu diketahui untuk mengasah pahat dengan sudut yang sesuai dengan pekerjaan yang diingankan .

FUNGSI SUDUT PAHAT

Terdapat 6 sudut utama yang memegang peranan penting dalam pemesinan menggunakan pahat bubut.Sudut – sudut tersebut adalah :

1.      SUDUT RAKE SISI (SIDE RAKE ANGLE )

Istilah rake sisi menunjukan permukaan bagian atas yang digerinda miring dengan membentuk sudut terhadap permukaan potong sisi. Sudut ini ditunjukan dengan sudut A. Sudut rake menentukan sudut ketika tatal meninggalkan benda kerja dalam arah menjauhi permukaan potong sisi.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam - Macam Gypsum Depok Jakarta

2.      SUDUT RAKE BELAKANG ( BACK RAKE ANGLE )

Istilah rake belakang menunjukan permukaan atas yang digerinda miring dengan membentuk sudut terhadap permukaan ujung. Sudut ini diperlihatkan sebagai sudut B.Sudut rake belakang secara total juga ditentukan oleh pemegang pahat bubut. Besar sudut ini mempengaruhi sudut dimana tatal meninggalkan benda kerja dalam arah menjauhi permukaan ujung.Fungsi utama dari sudut rake adalah mengarahkan aliran tatal meninggalkan permukaan benda kerja dan mengatur gaya potong. Gaya potong ini harus didistribusikan secara merata pada masing – masing permukaan sisi dan permukaan depan.

3.      SUDUT BEBAS SISI ( SIDE CLEARANCE ANGLE )

Istilah bebas sisi (side relief )menunjukan permukaan samping yang digerinda “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” miring dengan membentuk sudut terhadap permukaan sisi potong. Sudut ini diperlihatkan sebagai sudut C. bebas sisi ini mengkonsentrasikan gaya tusuk yang timbul pada suatu  daerah yang kecil didekat sisi potong.

4.      SUDUT BEBAS MUKA (FRONT CLEARANCE ANGLE )

Istilah bebas muka (end relief )berarti permukaan depan dari pahat yang digerinda  miring dengan membentuk sudut terhadap permukaan ujung. Bebas muka mengkonsentrasikan gaya tusuk

5.      SUDUT SISI POTONG SAMPING (SIDE CUTTING EDGE ANGLE )

Istilah sisi potong samping menunjukan permukaan samping yang digerinda miring membentuk sudut terhadap permukaan sisi dari pahat.

Berikut Ini Langkah Kerja / Pengasah Pahat

  • Check ukuran benda kerja dan dipersiapkan alat – alat perlengkapan mesin gerinda yang akan digunakan
  • Jalan mesin gerinda, periksa apakah ada kesalahan
  • Mulailah menggerinda pada permukaan bidang sebelah kiri dengan susut bebas 12⁰ dan sudut mata potong 10⁰ sebagai acuan
  • Gerinda permukaan bagian depan dengan sudut bebas muka 10⁰ dan sudut bebas 80⁰
  • melanjutkan penggerindaan pada permukaan atas dengan rake angle 12⁰
  • Ulangi penggerindaan untuk menghaluskan ketiga sudut di atas
  • Periksa masing – masing sudut bebas pada tiap permukaan pahat.
  • Pasang pahat pada pemegang pahat kiri .
  • Cek ukuran dengan alat ukur sudut ( busurbaja )
  • Serah hasil pekerjaan anda kepada instruktur.
BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mudah Merawat High Pressure Laminate (HPL) Depok

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=pahat

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *