Alat Perkakas Linggis Depok Jakarta

Toko Citra Bangunan Depok menjual linggis klik di www.materialbahanbangunan.com

Linggis, perkakas ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pada umumnya, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” linggis terbuat dari bahan besi baja dan digunakan untuk mengungkit atau mencungkil benda-benda berat, seperti batu, besi, dan lainnya. Di pasaran sendiri, linggis telah tersedia dalam beragam ukuran, mulai kecil hingga besar, dengan harga berkisar belasan ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah.

 linggis adalah suatu alat yang terbuat dari batang logam dengan kedua ujung yang memipih, salah satunya melengkung. Selain itu, terdapat pula linggis yang melengkung di kedua ujungnya. Di ujung-ujung linggis, terdapat sela berbentuk mirip huruf “V” (melancip) yang sering digunakan untuk mencabut paku.

Karena umumnya terbuat dari bahan besi baja yang kuat dan kekar, berat atau bobot linggis memang cenderung tidak ringan. Nah, kekuatan yang dimiliki linggis ini yang membuat alat tersebut mampu membantu kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan keras, seperti mencabut paku dari kayu, mencungkil dan menghancurkan batu, serta bisa juga untuk menggemburkan tanah di lapangan atau kebun.

Seperti disampaikan di atas, setiap ujung-ujung linggis umumnya berbentuk memipih. Setiap ujung linggis ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk ujung dengan permukaan datar, bisa digunakan untuk menghancurkan batu dan menggemburkan tanah. Sementara, ujung linggis dengan permukaan terbelah dua sering digunakan untuk mencungkil paku dari kayu.

Jika Anda penyuka pelajaran Fisika, maka linggis merupakan contoh bagus dari penerapan pesawat sederhana tuas atau pengungkit. Tuas sendiri adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang dapat digunakan untuk memudahkan usaha. Hal ini dimungkinkan terjadi dengan adanya sebuah batang ungkit atau tuas dengan titik tumpu, titik gaya, dan titik dengan letak yang divariasikan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Ukuran Selang Pemadam Kebakaran Outdoor Maupun Indoor Depok

Rumus yang mendasari prinsip kerja dari tuas adalah B x LB = F x LK, dengan B sebagai beban, F adalah gaya kuasa, LB adalah lengan beban (jarak antara titik bean sampai titik tumpu), sedangkan LK adalah lengan kuasa (jarak antara titik kuasa dengan titik tumpu). Makin panjang lengan kuasa, maka makin kecil nilai gaya kuasa sehingga gaya yang harus dikeluarkan untuk mengangkat beban lebih sedikit. Selain itu, makin panjang lengka kuasa, maka makin besar keuntungan mekanik sehingga usaha makin mudah dilakukan.

Selain linggis, peralatan atau perkakas yang juga menggunakan prinsip tuas antara lain gunting, tang, jungkat-jungkit, dan timbangan untuk contoh pengungkit jenis pertama. Sementara, contoh alat dengan prinsip pengungkit jenis kedua adalah gerobak beroda satu, sedangkan contoh alat dengan prinsip pengungkit jenis ketiga antara lain sekop, penjepit, dan pinset.

Macam-macam Linggis

Meski punya fungsi yang mirip, linggis ternyata dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis yang populer di kalangan tukang bangunan adalah linggis rintik. Nama ini diambil dari besi yang digunakan untuk membuat linggis jenis ini, yaitu besi rintik. Jika diperhatikan, linggis rintik punya “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” bentuk panjang, dengan bagian pegangan berulir, serta meruncing di salah satu ujungnya dan memipih di ujung yang lain. Ada juga linggis toge, dengan bentuk kedua ujung yang membengkok.

Di samping itu, linggis juga dapat dibagi berdasarkan ukuran panjangnya. Linggis dengan ukuran normal biasanya memiliki panjang 80 cm, 90 cm, 100 cm, dan 115 cm. Sementara, untuk linggis yang panjang, memiliki ukuran 120 cm, 145 cm, bahkan 150 cm. Sementara, diameter linggis mulai 3/4 inch, 7/8 inch, atau 1 inch, dengan ketebalan rata-rata 3 mm

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Trik, Tips, Mudah Cara Membelah Kayu Dengan Kapak Depok

Jika anda membutuhkan linggis hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=linggis

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *