Cara Merawat Pahat Kayu Ukir Depok Jakarta

Toko bangunan citra depok menjual pahat kayu www.materialbahanbangunan.com

Cara Merawat Pahat Kayu Ukir

Setip benda perlu kita jaga dan kita rawat dengan baik supaya dapat kita gunakan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” dalam jangka waktu yang lama  dan tetap bisa menjaga qualutas pekerjaan yang dihasilkan oleh benda tersebut .Begitu juga dengan pahat.

Cara merawat pahat ukir ada beberapa cara salah satunya membuat pahat ukir selalu tajam dan memudahkan, pahat ukir yang tajam akan menjadikan proses mengukir dengan cepat dan mudah, terlebih juga akan berpengaruh terhadap hasil tatahan yang dihasilkan. Pahat ukir yang tajam akan memberikan bekas pada ukiran dengan halus dan indah, begitu sebaliknya pahat ukir yang kurang tajam akan menghasilkan pahatan yang kurang rata dan cacat.

Ukir Kayu

Penajaman pahat ukir setiap jenis pahat ukir mamiliki cara sendiri-sendiri untuk dapat menjadi pahat yang tajam dan berkualitas diantaranya:

Pahat Penguku

Diasah pada sisi sudut batu asah, dimulai dari pahat yang

ukuran terkecil, sampai pada mata pahat yang terbesar. Apabila pengasahan tidak sesuai dengan sisi sudut batu asah maka mata pahat kuku ini dapat berubah bentuknya seperti cekung bagian tengah mata pahat.

Pahat Penyilat/Mata lurus

Diasah pada permukaan batu asah yang datar, dimulai dari pahat yang terbesar n sampai pada mata pahat yang terkecil. Jadi urutannya kebalikan dengan cara mengasah pakat penguku

Perawatan Pahat Ukir

Selain menjaga pahat ukir selalu dalam kondisi tajam, pahat ukir perlu dirawat antara lain dengan membersihkan setiap bilah pahat dengan kain setiap selesai digunakan, dan untuk menjada bilah pahat terhindar dari karatan setiap bilah pahat dilap dengan kain yang dibasahi degan oil.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Ingin membuat gorden sendiri? perhatikan hal berikut ini

Batu asah

Dalam kerja ukir pahat harus selalu dirawat/dijaga selalu dalam keadaan siap pakai/tajam. Cara menajamkan pahat biasanya menggunakan batu asahan. Batu asahan dipasaran ada dua jenis, yaitu batu asahan yang diproduksi oleh pabrik dan perusahaan tradisional. Batu asahan yang diproduksi oleh pabrik ini biasanya disebut batu asah minyak, batu asah ini pada waktu dipakai menggunakan minyak pelumas/olie. Sedangkan batu asahan tradisional menggunakan air.

Batu asahan minyak biasanya ada dua permukaan yang berbeda; satu permukaan kasar dan satu permukaan halus. Fungsi permukaan yang kasar biasanya digunakan untuk memperbaiki apabila permukaan mata pahatnya “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” rusak akibat misalnya jatuh dari meja kerja atau rusak karena kesalahan teknis. Sedangkan permukaan yang halus biasanya digunakan untuk menajamkan pahat ukir terutama pahat penyilat/pahat mata lurus.

Batu asah gunung memiliki dua permukaan yang sama yaitu halus saja atau kasar saja. Batu asah ini khusus untuk menajamkan, baik pahat lurus dan lengkung.

Demikian tadi beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam merawat pahat ukir. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. untuk mendapatkan pahat dan batu asah anda dapat menghubungi kami di www.matetialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

BACA ARTIKEL YANG LAIN  MCB Sangat Di Butuhkan Atau Berguna Untuk Instakasi Listrik Depok - Jakarta

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=pahat

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *