Macam Macam Colokan Listrik Depok Jakarta

stop kontak bahan bangunan depok

Toko bangunan citra depok menjual alat listrik

Macam Macam Colokan Listrik, Steker, Saklar, Stop Kontak Dan Cara Menggunakannya

Dalam memasang instalasi listrik banyak sekali macam alat alat listrik yang dibutuhkan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” seperti kabel,stop kontak,saklar,fitting dan lain lain.Berikut ini akan kami ulas macam macam asesoris listrik dan cara menggunakannya.

Aneka Aksesoris Alat Listrik

Nah inilah 8 nama aksesoris alat listrik dan cara menggunakannya agar nama dan fungsinya tak lagi tertukar.

1. Steker

Jenis-Jenis Steker

Mungkin Anda mengenal nama aksesoris listrik ini dengan ‘colokan listrik’ tak ada salahnya memang, namun, alat listrik tersebut punya nama yakni steker. Fungsinya adalah sebagai penghantar listrik menuju tempat lain atau stop kontak.

Cara menggunakan steker :

Cukup mudah, jika steker telah terpasang kabel maka colokkan saja dimana terdapat dua lubang sesuai dengan arahnya, hanya itu. Jika belum terdapat kabel maka Anda harus melakukan pemasangan terlebih dulu. Caranya adalah buka baut atau mur untuk membuka permukaan pelindung, kemudian kendurkan baut pengencang kabel lalu hubungkan masing-masing kabel sesuai dengan tempatnya kemudian kencangkan.

Untuk memudahkan pastikan warna kabel jangan sampai ada yang sama. Gunakan warna kabel berbeda menjadi satu yang terhubung atau menempel satu dengan lainnya diantara baut pemasangnya.

Jenis Steker

Steker Bengkok

Steker Adapter

Steker Adapter

Steker T

Steker T

Steker Arde

Steker Arde

2. Saklar

Banyak yang menyebut jika saklar adalah stop kontak, namun pastikan apakah nama tersebut memang benar. Pasalnya Saklar dan stop kontak berbeda. Begitu juga secara fungsi, saklar adalah sebagai pemutus arus listrik. Namun stop kontak berfungsi untuk penyedia atau sarana arus listrik tersebut akan dialirkan.

Cara menggunakan Saklar :

Cukup tekan searah permukaan, dan lampu atau perangkat listrik lain akan menyala. Dengan syarat, seperti kabel listrik telah terhubung.

Jika belum maka bisa Anda lakukan pemasangan kabel terlebih dulu. Saat pemasangan kabel pastikan sumber listrik dalam keadaan mati atau tidak teraliri listrik. Jika Anda belum bisa memasang bisa Anda serahkan kepada tukang atau yang mengerti benar.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pengertian Timbangan Digital ,Jenis, Manfaat, dan Kegunaan Depok Jakarta

Jenis Saklar

Saklar Seri Outbow

Saklar Engkel

Saklar Engkel

Steker + Saklar

Saklar + Steker

3. Fitting

Nama aksesoris listrik ini berasal bahasa Inggris, fitting adalah sebuah tempat untuk menaruh sebuah lampu bohlam, yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya yang digunakan untuk menaruh bohlam. Jenisnya ada dua, berulir dan ‘sumpit’ yang mana lampu tidak diulirkan tetapi ditusukkan ke tempatnya.

Cara menggunakannya :

Juga sangatlah mudah, fitting ini digunakan sebagai tempat lampu agar lebih aman ditempatkan menggantung, di plafon atau di media lain yang memerlukan penerangan. Cara memasangnya, untuk jenis ulir cukup tempelkan lampu pada lubang ulir yang tersedia kemudian sesuaikan ulir dan putar untuk mengencangkan. Jangan terlalu kencang dan pastikan ketika memutar lakukanlah secara perlahan agar kaca lampu tidak pecah.

Jenis Fitting Lampu

Fitting Lampu Plafon

Fitting Lampu Gantung

Fitting Lampu Kombinasi

4. Socket

Electric Socket adalah bahasa inggris dari Stop Kontak. Fungsi atau kegunaan yang dimiliki oleh socket agak sama dengan stop kontak, selama terpasang dalam sebuah dinding atau perangkat, maka boleh jadi itu dinamakan socket. Karena lubang alat listrik tersebut merupakan penghubung arus listrik atau jaringan sehingga perangkat rumah bisa aktif sempurna.

Cara menggunakannya :

Hanya dengan mencocokkan antara kabel yang terhubung di televisi dengan kabel socket dinding yang terhubung dengan antena atau jaringan lain, maka perangkat tersebut aktif dan bisa Anda manfaatkan.

Pemasangan jenis perangkat ini pada dinding rumah dimaksudkan agar lebih rapih untuk sebuah proses instalasi kabel antena televisi, sehingga dengan adanya socket tv ini di beberapa titik dalam dinding rumah, Anda bisa dengan leluasa memindahkan tanpa menarik kabel panjang untuk sambungan ke antena luar.

Jenis Socket

Beberapa jenis socket lain juga hadir sebagai pelengkap, berikut adalah dua jenis socket yang biasa hadir sebagai pelengkap perkakas electrical rumah Anda;

Telephone Wall Socket

Telephone-Wall-Socket

TV Socket

5. Ballast

Ballast merupakan nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya cukup mudah, setiap lampu tentu memiliki ballast. Fungsinya sebagai penyeimbang atau pembatas besaran arus listrik yang masuk dan mengoperasikan lampu pada karakteristik yang sesuai.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Membasmi Lumut Dengan Garam Agar Rumah Anda Terlihat Bersih Depok - Jakarta

Cara menggunakan ballast :

Hanya lakukan pemasangan yang ditempel pada kap lampu, biasanya aplikasi ini cenderung pada neon, dengan kandungan tabung unsur phospor didalamnya. Jika ruang atau tempat ballast tidak ada maka Anda bisa memberikan dudukan atau memasang ballast versi sendiri. Usahakan posisinya berdekatan dengan lampu dan terlindung dari air hujan.

6. Kap Lampu

Istilah ini tentu tak tertukar, dari namanya sudah mudah diingat dan bentuknya juga familiar pasti. Alat aksesoris listrik ini digunakan untuk menutupi sebuah lampu dari cipratan hujan agar tak terjadi korsleting.

Cara menggunakannya :

Bisa Anda pasang menempel pada dinding atau digantung, prosesnya sama seperti pemasangan lampu pada fitting, namun, kap lampu tidak mendapat aliran listrik dan agar pijaran lampu lebih terarah dan lebih maksimal diarea yang dingin dipancarakan sinar lampu saja.

Selain itu, untuk memberikan maksimum penerangan terarah di area yang hanya diperlukan penerangan. Lapisan putih dengan material alumunium tahan panah cukup membuat lampu lebih aman dan terang lebih terarah sempurna. Baca juga Jenis-jenis Kap Lampu >>

7. Multiplug

Nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya cukup mudah, ini merupakan salah satu perkakas listrik yang bisa digunakan untuk memberikan keleluasaan pemilik rumah menggunakan saklar pada stop kontak. Jadi semisal dalam sebuah rumah memiliki stop kontak terbatas, alat listrik jenis multiplug bisa Anda gunakan, selain itu misalkan kabel yang terhubung dengan alat listrik seperti kulkas atau laptop namun jarak jangkau terbatas maka alat ini solusinya.

Cara menggunakannya :

Sama dengan prinsip stop kontak, hanya saja jika saklar terhubung dengan kabel yang teraliri listrik sementara untuk multiplug adalah sebagai perantara mengingat efisiensi tempat, dimaka satu stop kontak dapat dipasang lebih dari 2 saklar. 

8. Stop Kontak

Nama aksesoris listrik ini juga kerap tertukar, dan sebenarnya stop kontak adalah tempat steker dipasang, itulah fungsi dan cara menggunakan sederhannya Stop Kontak. Namun aplikasinya stop kontak ada yang dipasang langsung pada tembok ada pula yang dipasang langsung pada kabel.

Cara menggunakannya :

Proses pemasangan kabel pada stop kontak juga mirip dengan sistem kerja memasang kabel atau menghubungkan kabel dengan steker. Pisahkan antara dua warna kabel, tempatkan di posisi yang telah disediakan, kencangkan dan pastikan semua tak saling berhubungan, pasang kembali.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam - Macam Kunci Bengkel Yang Anda Perlu Ketahui Depok Jakarta

Yang agak lebih sukar memasang untuk pemula adalah memasang stop kontak di dalam tembok, karena aruis listrik yang terdapat dalam kabel langsung. Maka jika Anda ragu untuk memasangnya maka serahakan pada ahlinya, Namun jika akan tetap mencobanya, turunkan MCB listrik agar arus listrik menuju stop kontak tidak ada.

Setelah usai kemuduan rapihkan dan coba. Jika MCB turun maka pemasangan tidak berhasil. Pastikan uji coba Anda juga berhasil, jangan sampai beberapa hari kedepan terdapat wangi karet terbakar dan menyebabkan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” arus pendek, mengingat alat-alat ini mengalirkan arus listrik yang bisa menjadi sumber petaka atau kebakaran. Itulah nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya untuk jenis stop kontak.

9. Stop Kontak + Saklar

Demikian ragam nama peralatan listrik dan cara menggunakannya, meski semua perkakas ini sudah familiar untuk Anda namun beberapa jenis biasanya Anda sebut berbeda atau tertukar, walaupun maksud Anda adalah benar sebagai fungsi pelengkap aksesoris listrik. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda. silahkan hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com untuk mendapatkan asesoris listrik yang seperti diatas.kami tunggu kunjungan anda.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=colokan%20listrik

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *