Pemahatan (Chiseling) Depok Jakarta

Toko bangunan citra depok menjual pahat www.materialbahanbangunan.com

pahat ukir toko bangunan depok

Pemahatan (Chiseling)

Bagaimana sih proses memahat yang benar? Berikut ini akan kami sampaikan bagaimana proses pemahatan terjadi dan apa yang dihasilkan.

Anda mungkin sering melihat ukiran atau patung. Ukiran atau patung tersebut “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” sebenarnya berawal dari sebuah kayu atau batu utuh yang dibentuk sehingga menjadi karya seni yang indah. Kedua karya seni itu dikerjakan atau dibentuk dengan proses pemahatan.

Pemahatan termasuk salah satu jenis kompetensi yang ada di dalam kerja bangku. Pemahatan merupakan proses penyayatan atau proses pengurangan volume pada benda padat. Proses ini menggunakan perkakas atau alat yang disebut sebagai pahat. Hal itu bisa dilihat dari kata pemahatan yang berasal dari kata dasar pahat. Dalam Bahasa Inggris, perkakas ini disebut dengan istilah chisel.

Cara Memahat

Kualitas hasil pemahatan tergantung pada keterampilan pemahat (orang yang memahat). Supaya pemahat terampil, perlu dibekali pengetahuan tentang cara memahat dan diikuti dengan latihan yang memadai.

Pemahatan dilakukan dengan dua tangan. Tangan kiri memegang pahat, sedangkan tangan kanan memegang palu (mungkin bisa dibalik bila anda kidal). Selanjutnya tempelkan ujung pahat (mata pahat) ke permukaan benda kerja. Ketika menempelkan ujung pahat pada permukaan benda kerja, posisikan pahat tersebut dengan kemiringan kira-kira 30°-60° dari permukaan benda kerja. Pahat yang telah diposisikan dengan benar, selanjutnya dapat dipukul menggunakan palu sehingga penyayatan bisa terjadi.

Sudut kemiringan pahat akan memengaruhi gaya pemukulan. Sudut kemiringan yang semakin rendah (hampir mendekati horizontal) menghasilkan penyayatan yang tipis atau kecil. Gaya pemukulan yang dibutuhkan juga semakin kecil. Sebaliknya sudut kemiringan yang semakin tinggi (hampir mendekati tegak atau vertikal) menghasilkan penyayatan yang tebal. Gaya pemukulan yang dibutuhkan akan semakin besar. Posisi pahat yang tegak biasanya digunakan untuk memotong.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Definisi dan Jenis Amplas Depok Jakarta

Kelebihan Proses Pemahatan

Berikut beberapa kelebihan dari proses pemahatan:

(1) Fleksibel, dapat digunakan di mana saja.

(2) Tidak memerlukan energi listrik.

(3) Ramah lingkungan.

(4) Dapat digunakan untuk mencungkil (membuat kantong) atau digunakan untuk menyayat permukaan benda kerja dari tengah.

Kelemahan Proses Pemahatan

Berikut beberapa kelemahan dari proses pemahatan:

(1) Butuh keterampilan yang baik.

(2) Butuh kekuatan tangan dan stamina yang baik dari pemahat.

(3) Sulit mencapai ukuran yang presisi.

(4) Perlu konsentrasi yang tinggi supaya pukulan tepat.

(5) Proses pengerjaan lebih lama dibanding dengan menggunakan mesin.

Aplikasi Pemahatan

Proses pemahatan dapat digunakan untuk menyayat berbagai macam jenis material seperti: baja, kayu, batu, dan beton. Penggunaan pahat dalam aplikasi “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” sehari-hari antara lain: untuk membuat patung dan ukiran, membongkar beton, atau memotong baut yang sudah berkarat.

Bagaimana anda bisa kan mengikuti proses pemahatan seperti diatas. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda, dan anda bisa mencoba memulai memahat sesuatu di rumah untuk dijadikan barang yang bermanfaat. jangan lupa klik kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=pahat

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara membersihkan tangki air

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *