Stub End HDPE Untuk Penyambungan Flange To Flange Joint Pipa HDPE Depok

Toko bangunan citra depok menjual Flange.

Stub End HDPE Untuk Penyambungan Flange To Flange Joint Pipa HDPE

Mungkin anda blm mengenal nama baran yang satu ini,bahkan mendengarnga aja baru kali ini.

Stub End HDPE adalah aksesoris pipa yang digunakan untuk mendukungm metode “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” penyambungan flange to flange joint Pipa HDPE. Aksesoris ini juga tersedia dalam beragam kebutuhan jenis produk pipa, seperti pipa besi, pipa PVC dan Pipa PPR.

Prosedur penyambungan pipa HDPE selain dilakukan secara paten, juga dilakukan secara sementara. Tujuanya membangun jalur saluran air non permanen dan membuat pipa bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya menyambung antar pipa, stub end hdpe juga digunakan untuk sambungan pipa dengan aksesoris. Biasanya, aksesoris besi bediameter besar seperti jenis valve memiliki sistem penyambungan dengan backing ring atau flange.

Seperti namanya, Stub End HDPE terbuat dari bahan Polietilena berdensitas tinggi (HDPE). Tujuannya, agar aksesoris ini dapat disambung dengan sempurna dengan Pipa HDPE dengan metode penyambungan butt fusion. Untuk kebutuhan ini, Stub End diproduksi dengan mekanisme Injection moulding (Cetakan pabrik).

Karena terbuat dari bahan yang sama, ukuran dalam stub end biasanya memiliki tebal dinding yang sama. Dalam hal ini aksesoris ini ditawarkan dengan beragam kebutuhan tekanan yang berhubungan dengan tebal dinding pipa. Seperti PN-6.3, PN-8, PN-10, PN-12.5 dan PN-16.

Sementara diluar kebutuhan tersebut (Injection Moulding), Stub End HDPE compression joint terbuat dari bahan thermo plastik jenis PP (Polypropylene). Bahan ini relatif lebih keras dan tahan terhadap panas. Jenis stub end ini biasanya disarankan untuk ukuran pipa dibawah 110mm (4 inch) kebawah.

Meski keduanya memiliki perbedaan cara pemasangan, pada dasarnya stub end HDPE memiliki beberapa bagian yang sama satu, dengan tujuan )mendukung proses penyambungan flange to flange joint.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kelebihan Kekurangan Dan Fungsi Plafon Gypsum DI Rumah Anda Depok - Jakarta

Stub End HDPE IM dan Mechanical Joint

Selain untuk pipa, stub end HDPE juga dapat dipasang dengan kombinasi aksesoris jenis lain. Seperti Elbow, Tee, Reducer dan aksesoris lain. Metode ini biasanya dikenal istilah aksesoris pipa HDPE Flange end.

Sementara saat stub end HDPE dipasang dengan pipa, istilan ini biasa dikenal dengan sebuat spool pipe. Spool Pipe adalah istilah sebuah pipa (HDPE) yang dua sisinya terpasang oleh stub end berikut backing ringnya.

n saluran air semi permanen. Dengan tujuan, saat tujuan sudah selesai dilakukan, jalur perpipaan dapat dipindah se-waktu-waktu dan sesuai dengan kebutuhan.

Metode ini biasanya dilakukan pada produk pipa HDPE batang. Meski demikian, jika melihat jenis aksesorisnya, cara ini juga mendukung metode yang sama untuk produk pipa HDPE dalam bentuk roll dengan panjang puluhan bahkan ratusan meter.

Kemudahan ini membuat jalur air Pipa HDPE bisa dibongkar pasang tanpa memerlukan mesin penyambung pipa HDPE, sebagaimana teknik butt fusion dilakukan.

Metode Flange to Flange Joint

Metode penyambungan Flange to Flange joint memungkinkan saluran pipa dapat dibongkar pasang. Jika diperlukan akan disatukan satu dengan yang lain, sementara saat sudah tidak diperlukan bisa dibongkar dan dipindah sewaktu-waktu.

Metode penyambungan ini cocok untuk saluran fluide yang bersifat sementara, atau tidak permanen. Seperti saluran penyedot air untuk kebutuhan tambang, mekanisme penyedot air banjir sisa hujan (dewatering) dan sebagainya.

?Seperti namanya, mekanisme!! penyambungan ini dilakukan dengan mengikat saluran antar pipa dengan flange dengan bantuan stub end. Jenis flange atau backing ring sendiri tersedia dalam beragam kebutuhan. Pada pipa PVC bagian ini terbuat dari bahan PVC (menjadi satu dengan stub end). Sementara pada Pipa PPR dan HDPE, backing ring ideal biasanya berbahan logam (besi, aluminium dan bahan lain).

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Pemasangan Septic Tank Biotech Paling Mudah Depok Jakarta

Backing ring memiliki lubang baut di setiap sisi, semakin besar diameter biasanya jumlah lubang akan semakin banyak. Bagian ini yang kemudian ditempati oleh baut dan menyatukan antar flange yang terikan oleh stub End.

?

Stub end sendri berfungsi sebagai pengikat pipa dengan flange. Aksesoris pipa HDPE ini memiliki bentuk mirip “Top Hat” (Jenis topi dengan bagian ujung bawah pipih, atau biasa digunakan pesulap dalam beraksi).

Bagian pipih berfungsi mengikat flange ?terlepas dengan pipa. Setelah dipasang, bagian ini kemudian menjadi penyatu antar pipa (Bagian sambungan) dengan bantuan bolt & Nut yang di eratkan.

Pada pipa HDPE atau Pipa PPR dengan sistem penyambungan butt fusion, proses “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” pemasangan stub end dilakukan dengan metode welded menggunakan mesin penyambung pipa dengan pemanas khusus.

Sementara untuk pipa HDPE dengan metode penyambungan mechanical joint, cara pemasangan stub end (Dengan aksesoris compression joint) dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin dan bahan perekat lain. Karena. jenis aksesoris ini memiliki metode “pengikat” model compression atau mechanical.

Pada produk pipa PVC, backing ring dan stub end biasanya menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Proses penyambungannya pun memerlukan media perekat, atau biasa kita kenal dengan istilah solvent cement.

Cara memasang Stub End HDPE

Stub end HDPE bisa dipasang dengan beberapa cara, tergantung metode penyambungan yang Anda gunakan. Ingat, sesuaikan aksesoris pipa dengan metode penyambungan, karena beda aksesoris, cara menyambungnya akan berbeda, meski sama-sama untuk produk pipa dari bahan HDPE ini.

Melihat beragam jenisnya, stub end hdpe tersedia untuk metode penyambungan dengan cara Mechanical joint, Butt Fusion dan Electro fusion.

Untuk memahami setiap kebutuhan berikut ini beberapa prosedur pemasangan stub end HDPE tersebut :

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mudah Mencabut Paku Dengan Menggunakan Tang - Pertukangan Depok

Stub End HDPE Compression Joint

Model stub end ini biasanya terjual lengkap dengan aksesoris flange joint (Include). Aksesoris ini dilengkapi dengan bagian pengikat yang dapat dipasang secara Mechanical joint dengan pipa. Sementara ujung lain berupa backing ring. Jenis aksesoris ini tersedia terbatas, hanya untuk ukuran dibawah 110mm (inch).

Stub End HDPE Butt Fusion

Model stub end ini dipasang dengan metode pemanasan atau butt fusion. Caranya melelehkan ujung stub end dengan ujung pipa yang hendak dipasang. Proses butt fusion membuat sambungan terjadi dengan metode “persenyawaan sempurna”. Ingat, sebelum melakukan pemasangan, letakkan backing ring di dekat ujung stub end dengan bentuk pipih.

Stub End HDPE Electro Fusion

Jenis aksesoris ini dilakukan khsusu penyambungan electrical, atau biasa dikenal dengan istilah Electro Fusion. Metode ini biasanya digunakan untuk saluran gas bertekanan. Meski demikian, proses penyambungan untuk saluran air bertekanan juga bisa menggunakan cara ini.

Bagaimana apa anda sudah memahaminya,semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda. jangan lupa kunjungi kami di www.materialbahanbangunan.com untuk informasi yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=flange

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *