Tips Mudah dan Cara Mengatasi Kebocoran Pipa Air Depok

Tips Mengatasi Kebocoran Pipa Air

Setiap rumah memiliki instalasi perpipaan baik untuk air bersih mauoun air kotor.

 Adanya pemasangan yang salah, sambungan yang kurang sempurna, benturan, ataupun kualitas material pipa yang tidak baik dapat saja menyebabkan pipa  paralon bocor.

Bila sudah demikian, bocoran air ini dapat menetes atau merembes ke tembok dinding rumah sehingga permukaan dinding menjadi basah. Lalu bagaimana bila pipa bocor dalam tembok?

Noda rembesan di dinding menyebabkan tumbuhnya jamur ataupun lumut, dan mengganggu keindahan rumah dapat disebabkan oleh adanya kebocoran dari atap ataupun kebocoran dari instalasi air.

Agar penghuni rumah dapat hidup nyaman dan sehat, maka sudah seharusnya bila setiap kebocoran tsb segera di atasi. Pertanyaannya bagaimana cara mengatasi kebocoran pipa air dan bagaimana cara mengatasi pipa PVC yang bocor tsb?

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kebocoran pipa air

Cara Mengatasi Kebocoran Pipa Air

Sebelum Anda melakukan aneka perbaikan untuk mengatasi pipa bocor dalam tembok ataupun di lantai,  sebaiknya Anda ketahui dulu denah jalur instalasi pipa tsb dan deteksi bagian pipa mana yang bocor.

Sebetulnya bila tidak memiliki alat deteksi pipa dalam tembok, untuk menemukan pipa bocor adalah dengan melihat tanda-tanda rembesan, genangan air, ataupun ada air yang keluar dari lantai keramik.

Jalur instalasi pipa air dapat Anda ketahui dari arsitek yang merancang rumah Anda sementara untuk mendeteksi bagian pipa mana yang bocor maka Anda dapat melihat dari hasil rembesannya.

Denah jalur instalasi pipa air dapat digunakan juga untuk mendeteksi titik-titik sambungan yang rawan kebocoran. Namun masalahnya denah jalur instalasi ini mungkin akan sulit Anda ketahui apalagi bila Anda merupakan pemilik rumah kedua, dsb.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kenali Perbedaan Antara Besi Sekrup Dek Dan Konstruksi Depok Jakarta

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selain dengan melihat rembesan, cara mengetahui adanya kebocoran pipa juga dapat diketahui dari pompa air yang tidak pernah berhenti berbunyi bila Anda menggunakan pompa air otomatis.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan Untuk Mengatasi Kebocoran Pipa Air

Pipa PVC

Lem PVC / lem untuk menambal pipa bocor

Sealtape

Gergaji Palu / Bor

Langkah Pengerjaan Cara Mengatasi Pipa Air Yang Bocor

Berikut ini adalah beberapa langkah cara mengatasi kebocoran pipa air berbahan PVC, tahap demi tahap ..

Identifikasi Sumber Kebocoran

Cara mengatasi kebocoran pipa yang pertama adalah dengan identifikasi sumber kebocoran. Pipa air biasanya ditanam di pinggiran rumah, bawah lantai ataupun di dinding.

Tandai area-area rembesan yang muncul. Bila Anda menggunakan lantai keramik, cobalah tuangkan peluruh nat keramik untuk memastikan area kebocoran pipa yang ditanam di bawah lantai.

Bila muncul air dari nat keramik saat pompa dinyalakan maka dapat dipastikan bahwa di area tsb ada kebocoran pipa.

Bongkar Dinding / Lantai

Untuk mengatasi pipa bocor dalam tembok maka bongkarlah dinding dimana titik kebocoran terlihat. Begitu pula untuk mengatasi pipa bocor di bawah lantai keramik adalah dengan membongkar lantai tsb. Silahkan gunakan palu ataupun bor secara hati-hati sebagai cara mengatasi kebocoran pipa air berikutnya.

Perhatikan Kondisi Pipa Bocor

Sebelum membongkar pipa dan menambal pipa PVC yang bocor, sebaiknya perhatikan dulu kondisi pipa dengan seksama apakah perlu diganti dengan yang baru atau cukup ditambal saja?

Jika sumber kebocoran adalah sambungannya maka Anda dapat mengatasi kebocoran pipa tsb dengan cara menggantinya dengan sambungan pipa yang baru. Jangan lupa lapisi bagian sambungan dengan sealtape untuk mencegah kebocoran pipa di kemudian hari.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Selang Pipa Air

Lalu bagaimana bila kebocoran terjadi bukan pada bagian sambungan?

Bila kebocoran cukup parah mencakup keseluruhan lingkaran pipa maka mau tak mau Anda harus memotong dan menyambungnya. Namun bila kebocoran hanya mencakup setengah lingkaran pipa maka cara termudah adalah menambal pipa PVC yang bocor tsb,

Bila lubang kebocoran hanya sedikit maka Anda dapat menambal pipa PVC yang bocor tadi tanpa pemotongan. Anda cukup memotong pipa baru dengan bentuk huruf “U” dengan ukuran yang lebih besar sehingga dapat menutupi area kebocoran.

Oleskan lem PVC pada kedua bagian lalu tempelkan pada pipa bocor tsb. Tahan posisi beberapa saat sampai lem benar-benar mengering.

Penampang Pipa Bentuk U untuk Menambal Pipa yang Bocor

Bila lubang kebocoran sangat besar maka Anda harus memotong pipa bocor tsb lalu menyambungnya dengan pipa baru.

Untuk sambungan pipa yang menggunakan drat, Anda cukup menggunakan sealtape untuk membuat sambungan kencang dan kuat sehingga tahan bocor.

Sementara bila sambungan pipa tidak menggunakan drat, gunakan lem di sekeliling permukaan yang akan disambung lalu tahan posisi sampai lem benar-benar kering.

Cara Mengatasi Kebocoran Pipa Air dengan Cara Menyambungnya

Pastikan juga semua pipa sudah kering saat akan melakukan penambalan maupun penyambungan pipa untuk mengatasi kebocoran pipa PVC tsb.

Pastikan Pipa Sudah Tidak Bocor

Cara mengatasi kebocoran pipa air yang terakhir adalah dengan memastikan bila sambungan dan tambalan sudah dilakukan dengan benar.

Coba nyalakan lagi pompa air dan amati apakah masih ada rembesan air atau apakah pompa air terus-terusan menyala padahal semua kran dan toren penampung air sudah penuh.

Bila semua kondisi sudah oke, sekarang saatnya Anda menutup kembali dinding dan lantai tsb lalu rapikan agar penampakannya tidak belang.bagaimana mudah bukan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pemanfaatan Pipa Air Sebagai Alat Berkreasi Depok

Untuk membeli keperluan yang dibutuhkan anda bisa menghubungi kami di www.materialbahanbangunan.com.Ada berbagai jenis kebutuhan sambunga yang anda butuhkan ada di toko kami.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *