Jenis dan Macam Tripleks dan Multipleks Depok

Toko bangunaan citra depok menjual triplek.

www.materialbahanbangunan.com.

Macam macam jenis triplek.

Kita sudah tahu apa itu triplek dan kiat juga menggunakannya dirumah. Tapi tahukan anda bahwa triplek itu banyak macamnya.

Tripleks merupakan bahan bangunan yang kerap digunakan sebagai bahan dekorasi rumah atau furniture. Penggunaannya sendiri dinilai efektif, murah, dan tidak merepotkan pemiliknya. Bahan yang sering digunakan sebagai bahan baku furniture ini memang dinilai bagus, terlebih lagi jika digunakan sebagai perabotan. Tekstur yang khas dan bobot yang ringan membuat banyak pengrajin perabotan menggunakan bahan ini sebagai bahan baku utama.

Bukan hanya hanya itu. Bahan ini juga murah dan mudah didapat, sehingga menurunkan biaya produksi pembuatan furniture. Dengan alasan itulah bahan ini jadi pilihan nomor satu para pengerajin perabotan atau furniture.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

JENIS DAN MACAM TRIPLEKS DAN MULTIPLEKS

Tripleks dan Multipleks Albasia

Anda tentu sudah kenal dengan Multiplek Meranti. Jenis kayu lapis berbahan kayu meranti ini memang menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin furniture berbahan kayu olahan. Tapi bagaimana dengan pesaingnya, yaitu Multiplek Albasia. Jika dibandingkan dengan lawannya, jenis kayu ini juga banyak dicari konsumen.

Selain harganya yang murah, jenis kayu albisia pun cukup disukai banyak orang. Teksturnya yang khas dan renyah membuat banyak orang sering menggunakan jenis kayu ini untuk beberapa keperluan. Untuk itulah, salah satu jenis kayu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk multiplek seperti halnya meranti.

Jenis papan kayu yang satu ini merupakan jenis yang paling dicari. Tapi, paling dicari bukan berarti kualitasnya paling bagus. Namun sebaliknya, kualitas kayu olahan jenis ini paling rendah diantara jenis multiplek lain, bahkan multiplek campuran sekali pun.

Teksturnya yang terlalu renyah dan mudah lapuk membuat jenis kayu ini banyak ditinggalkan konsumen untuk beragam keperluan, khususnya untuk pembuatan furniture. Banyak produsen yang meyakini bila mereka menggunakan bahan ini, produk mereka akan berkualitas buruk, mudah rusak, lapuk, dan pastinya akan berimbas pada pendapatan mereka.

Di sisi lain, jenis ini juga dibanderol dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Dibandingkan dengan yang lain, jenis Multiplek Albasia inilah yang memiliki harga paling rendah sehingga banyak diburu para konsumen yang membutuhkan papan kayu dengan harga yang relatif terjangkau.

Satu lagi. Kayu olahan ini juga yang paling ringan. Sehingga jika Anda menggunakannya untuk keperluan rumah, bisa dipastikan Anda akan dengan mudah untuk mengangkut dan memindahkannya kemana pun Anda mau. Namun kayu ini tidak cocok untuk segala jenis furniture, apalagi furniture yang digunakan untuk menyimpan benda berat.

Kualitas kayu olahan ini tidaklah cukup untuk digunakan sebagai media penyimpanan, khususnya penyimpanan benda-benda berat. Selain khawatir mudah lapuk, kayu ini pun sangat lunak, sehingga dikhawatirkan teksturnya akan rusak saat terjadi kontak dengan perabotan berat.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Jenis-Jenis Triplek

Tapi Anda juga harus ingat. Multiplek berbahan Albasia ini masih memiliki fungsi dan kegunakan. Kendati kalitasnya tidak sebaik meranti, namun kayu ini masih bisa digunakan untuk beragam keperluan, seperti pembungkus cor-an, tiang kolom, bakisting, atau pun keperluan lainnya.

Yang terpenting, kayu olahan sejatinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Baik itu Meranti atau pun yang lainnya, semuanya memiliki fungsi dan kegunan sendiri-sendiri. Semoga dengan ulasan kualitas multiplek berbahan Albasia di atas mampu membuat Anda lebih paham tentang kualitas dan kegunaan dari jenis kayu olahan yang satu ini.

Tripleks dan Multipleks Meranti

Multiplek Meranti merupakan satu dari beberapa jenis kayu lapis atau triplek yang berkualitas wahid. Untuk itu, kayu olahan jenis ini paling banyak diburu untuk segala keperluan seperti, bahan baku furniture, hiasan interior, atau pun keperluan lainnya. Tapi jika Anda berminat membeli kayu jenis ini, bersiaplah merogoh kocek dalam-dalam.

Dibandingkan dengan kayu olahan lain, jenis yang satu merupakan jenis elit yang memiliki harga selangit. Tapi hal tersebut wajar, apalagi jika ditimbang dari segi kualitas dan tampilan. Karena jika disandingkan dengan triplek lain, jenis inilah yang paling tahan terhadap air, sehingga cocok untuk segala keperluan.

Jenis yang satu ini merupakan jenis yang paling baik diantara jenis multiplek yang baik. Ketahanannya terhadap cuaca dan air membuat kayu olahan ini mengungguli pesaingnya, seperti multiplek berbahan albasia atau pun campuran.

Jenis ini juga dinilai lebih kuat, struktur core-nya pun baik dan tidak mudah lapuk. Bebannya pun berat, sehingga cocok digunakan untuk bahan baku lemari penyimpanan. Yang jelas, jenis triplek ini merupakan jenis yang cukup kuat terhadap air dan cuaca panas. Ketahanannya terhadap cuaca panas membuatnya tidak mudah melengkung apalagi rusak saat dijemur di terik matahari dalam waktu yang lama.

Ukuran ketebalan multiplek meranti yang banyak dijual di pasaran ialah 9 mm, 12 mm, 15 mm, dan 19 mm, berntuk papan kayu dengan panjang dan lebar yang bisa disesuaikan saat proses pembelian. Yang paling penting ukuran ketebalan yang disediakan tiap produsen ialah ukuran yang ideal, jadi pas dengan kebutuhan Anda selaku konsumen.

Kelebihan Produk

Berikut adalah beragam kelebihan yang bisa Anda temui di jenis multiplek berbahan kayu meranti:

Lebih tahan terhadap air dan cuaca panas.Kualitas terbaik.Kokoh dan tidak mudah lapuk.Cukup berat, sehingga cocok digunakan sebagai lemari penyimpanan barang.Warna yang cenderung lebih coklat dan natural.Lapisan permukaan yang lebih teratur.Kekurangan Multiplek MerantiDi bawah ini merupakan beberapa kekurangan yang dimiliki jenis multiplek yang satu ini:

MahalBobot yang berat akan menyulitkan Anda untuk memindahkan perabotan berbahan berbahan dasar triplek ini.Intinya, jenis triplek ini memiliki kelebihan dan kualitas yang jauh lebih baik ketimbang jenis lain. Tapi, karena memiliki kualitas dan kelebihan demikian, jadilah produk ini dibanderol dengan biaya yang mahal. Namun hal tersebut sebanding, apalagi jika menyimak ulasan multiplek meranti dan segala kekurangan kelebihannya seperti di atas.

Block Melamin

Block melamin adalah block board yang dilapisi dengan lapisan melamin.Umumnya block melamin memiliki ukuran 122x244cm dengan ketebalan 12mm-18mm.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Lakukan Hal Berikut Untuk Meminimalisasi Keberadaan Sarang Laba-Laba Pada Sudut-Sudut Ruangan

Anda jangan takut bila anda mencari ketebalan di luar yang saya sebutkan diatas.Cukup anda menempelkan block board dan melamin saja, sesuai ketebalan yang anda inginkan.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Multiplek Melamin

Multiplek melamin adalah multiplek yang permukaannya dilapisi melamin kilat/doff,ada yang 1 sisi saja atau 2 sisi atas bawah.atau bahasa gampangnya orang menyebutnya 1 muka atau 2 muka.

Multiplek melamin yang biasa di jual memiliki ketebalan antara 12mm-18mm dengan ukuran 122cmx244cm.

Melamin

Bila anda melihat papan tulis di kantor atau sekolah dan tempat lainnya.betul itu adalah triplek melamin putih kilat disebutnya. Sering sekali dibuat untuk papan tulis, dan furniture tentunya.karena memiiki warna putih yang kilat jadi sering digunakan untuk meja kantor pada umumnya.

Melamin ini memiliki 1 jenis lagi selain yang kilat,biasa kita menyebutnya melamin doff.kalau anda ingin membuat lemari yang bagian dalamnya putih kilat/doff biasa bengkel furniture menggunakan melamin ini. sehingga tidak perlu mengecat lagi,dan tentu saja proses pembuatan lemari menjadi lebih cepat.

Partikel board

Jenis ini terdiri dari susunan serbuk kayu yang dipres dan diolah menjadi lempengan kayu yang bisa digunakan untuk beragam keperluan. Karena bahan utamanya adalah serbuk kayu yang dipres, jenis ini memiliki kekurangan yang sangat mendasar, yaitu tidak boleh terkena air. Pasalnya, jika serbuk kayu dalam partikel boar terkena air, strukturnya akn rusak dan berdampak pada penurunan kualitas partikel board itu sendiri.

Blockboard

Blockboard merupakan jenis tripleks yang solid. Terdiri dari 3 lembar kayu yang disusun jadi satu. Susunan paling luar merupakan susunan yang paling tipis dengan ketebalan sekitar 0,5 – 2 mm. Sedangkan lapisan paling dalam terdiri dari 1 lapisan kayu yang paling tebal.

Karena jenis kayu lapis ini adalah jenis yang solid, maka kayu ini pun tidak bisa digunakan sebagai hiasan rumah dengan bentuk lengkung atau sejenisnya. Namun jenis kayu lapis ini masih bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture, seperti lemari, meja, atau semacamnya.

Multiplek

Salah satu jenis tripleks terbaik ini merupakan jenis yang paling sering digunakan. Lapisannya yang tebal dan kuat membuat jenis ini sering digunakan sebagai bahan utama pembuat furniture, hiasan rumah, atau pun yang lainnya. Multiplek sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah soft wood, dan yang kedua adalah hard wood.

Sesuai namanya, soft wood merupakan jenis multipleks yang terdiri dari susunan kayu lunak, seperti Albasia atau Angsana. Bobod soft wood juga cukup ringan jadi sangat cocok jika digunakan sebagai bahan baku furniture.

Di samping soft wood, jenis multipleks yang paling sering digunakan lainnya adalah hard wood. Hard wood sendiri terdiri dari lapisan kayu solid yang kuat dan kokoh. Dengan kata lain, jenis kayu tripleks atau multipleks ini cocok untuk furniture atau perabotan rumah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Perbedaan Jenis Triplek

Teakblock

Teablock atau papan kayu jati merupakan jenis kayu yang sering digunakan sebagai pelapis blockboard atau multipleks. Serat dan coraknya yang khas membuat kaya ini sering digunakan sebagai kayu pelapis. Selain itu, kekuatan dan ketahanannya dinilai cocok untuk bagian luar lapisan.

Medium Density Fiberboard

MDF atau Medium Density Fiberboard merupakan papan yang terbuat dari serat kayu. Dimana bahan baku pembuatannya sendiri terdiri dari serat kayu lunak dan keras yang dicampur dengan lem dan lilin, lalu dipres menggunakan alat pres yang bertekanan tinggi sehingga membentuk kayu yang kokoh dan kuat.

Fungsi dari jenis tripleks ini tidak jauh berbeda dengan multipleks atau pun partikel board. Hanya saja, jika dibandingkan dengan keduanya, jenis papan kayu ini terbilang lebih kuat dan tahan lama.

Melaminto

Melaminto merupakan salah satu Plywood yang paling cantik dan sering digunakan. Dengan corak dan warna yang beragam membuat jenis kayu lapis ini cocok untuk furniture anak, seperti lemari, kitchen set, white board, atau pun semacamnya

Adapun untuk warnanya sendiri terdiri dari merah muda, putih, hijau muda, biru muda, dan krem. Sedangkan untuk ketebalannya, Melaminto memiliki ketabalan sekitar 2 – 3 mm.

Itulah jenis-jenis tripleks lengkap dengan beragam kegunaanya. Olahan kayu lapis di atas biasa digunakan sebagai bahan baku furniture atau dekorasi rumah. Dengan tekstur yang unik dan ketahanan yang baik, olahan di atas pun sangat dianjurkan untuk digunakan, khususnya bagi Anda yang ingin membuat furniture dan dekorasi rumah.

Anda bisa memilih triplek jenis mana yang akan anda gunakan baik untuk furniture maupun untuk kebutuhan rumah anda.jika ingin membeli triplek dengan qualitas terbaik anda bisa menghubungi kami di www.materialbahanbangunan.com.kami lengkap menyediakan keperluan akan triplek yang anda butuhkan.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *