Jenis-jenis Kran Wastafel dan Area Bocor Dominanya Depok

Toko bangunan citra depok menjual bak cuci piring.

www.materialbahanbangunan.com.

Macam macam kran cuci piring,cara memasang dan memperbaiki jika bocor.

Untuk mengatur keluarnya air diperlukan kran air.begitu juga pada penggunaan bak cuci piring tentu memerlukan kran air.kran air untuk cucian piring trntu berbeda dengan kran yang bisa kita pasang di kamar mandi atau di tempat lain.karena selain untuk mencuci piring kran ini juga berguna untuk mencuci sayuran atau buah buahan.

Jenis-jenis Kran Wastafel

Sebelum kita membahas cara pasang wastafel cuci piring, ada baiknya kamu mengenal jenis jenis kran wastafel yang banyak digunakan di rumah.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Setiap jenis memiliki fitur dan cara kerja yang berbeda sehingga area bocornya pun cenderung tidak berada di titik yang sama.

Berikut adalah jenis dan area bocor dominannya:

Kran air angsa:

Kran air angsa memiliki leher yang melengkung dan terbuat dari stainless steel yang kokoh. Titik kebocoran kran air angsa biasanya terdapat di pipa sambungan karena beratnya kepala keran.

Kran air shower:

 Kran satu ini unik karena kepala krannya mirip sekali dengan kepala shower kamar mandi. Titik kebocoran kran air shower terdapat pada sambungan kepala PVC dan leher kran yang terbuat dari besi/baja.

Kran air cabang:

Kran wastafel cabang memiliki dua jalur aliran air. Titik kebocoran kran satu ini bisa di mana saja karena sambungan yang terletak pada leher dan pangkal pipa.

Kran air sensor:

Kran air sensor merupakan terobosan baru yang mengandalkan sensor deteksi benda agar air mengalir keluar dari kran. Titik kebocoran kran satu ini berada di pangkal pipa yang menempel pada leher kran.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi dan Jenis Kran Air Berdasarkan Bentuk dan Kegunaannya Depok

Cara Pasang Wastafel Cuci Piring

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Alat-alat esensial

Kunci Inggris

Lem Pipa

Kerap kran

Sabun cuci piring

Sikat gigi bekas

Lap kering

Langkah-langkah Perbaiki Kran

1. Matikan Sumber Aliran Air

Sebelum kamu membongkar kran wastafel dapur, pastikan aliran air sudah mati dan keran sudah berhenti berfungsi.

Bukan hanya kran saja yang kamu tutup (matikan) tetapi juga sumber air seperti pompa atau sumur yang menjadi sumber utama air mengalir ke berbagai kran di rumah.

Dengan menghentikan aliran air, kamu akan lebih mudah memperbaiki kran wastafel tanpa terganggu oleh semburan air yang keluar dari pipa kran.

Hal ini juga terbukti dapat menghemat air.

2. Lepaskan Keran Secara Perlahan

Ambil kunci Inggris dan lepaskan keran dari pipa.

Arah putar dapat bervariasi tergantung dengan jenis pipa yang terinstal pada bak pencuci piring, namun pada kebanyakan kasus, keran akan terlepas dengan memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Putar secara perlahan, pastikan kamu tidak menggores pipa atau menimbulkan lubang kecil yang dapat menjadi sumber bocor baru.

3. Tutup Area Bocor

Langkah cara pasang kran wastafel berikutnya adalah menemukan area bocor dan menutupnya dengan selotip dan lem pipa.

Periksa area bocor pada kran, apabila lubang bocor terbilang kecil dan kran masih bisa digunakan, hindari membeli kran yang baru.

Bersihkan kran menggunakan sikat gigi bekas.

Bulu kasarnya dapat membersihkan kran dari area berlumut dan sisa-sisa lem beserta selotip sebelumnya.

Bersihkan kran hingga ke dalam lubang pipa, bilas, dan lap sampai kering.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah Depok Jakarta

Setelah semuanya kering (terutama pangkal lubang), lilitkan selotip pipa pada pangkal lubang sebanyak kurang lebih 7 lilitan.

Apabila bocor terdapat pada badan kran, tutup menggunakan selotip pipa setebal mungkin dan lem ujung selotip agar tidak mengelupas dengan mudah.

4. Pasang Pipa

Sebelum kamu kencangkan kran kembali pada lubang pipa, oleskan lapisan lem yang cukup tebal pada pangkal pipa.

Putar dan kencangkan kran pada pangkal pipa searah jarum jam.

Untuk lebih memastikannya lagi, gunakan kunci Inggris atau kunci pas untuk mengencangkan badan kran pada pipa untuk meminimalisasi sumber bocor baru.Dan kran pun siap digunakan.

Kamu bisa mencoba ketahanan selotip dan lem pipa dengan cara menyalakan kran dan cek apakah masih ada tetesan yang jatuh dari badan kran wastafel dapurmu!

Bagaiman mudah kan,anda bisa mencobanya dirumah.semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda.jangan lupa kunjungi kami di www.materialbahanbangunan.com.untuk informasi yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memperbaiki Kran Air Yang Sering Rusak Dan Ada Penyebabnya

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.