Toko Citra Bangunan Depok menjual cetok klik di www.materialbahanbangunan.com

Macam – Macam Sendok Semen Yang Di Gunakan Oleh Tukang Batu

Kali ini saya akan sharing tentang tools bidang pertukangan khususnya tukang batu yaitu tentang macam-macam sendok semen.   Nggak apa-apa, sebab begini, tidak semua orang mengenal sendok semen bro, terlebih bagi orang yang kehidupannya jauh dari dunia teknik bidang pertukangan.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Dalam dunia tukang batu, ada berbagai macam alat yang di gunakan. Memang judul dan namanya sama ‘sendok semen’ tetapi menurut bentuk dan kegunaannya sendok semen memiliki fungsi yang berbeda.

Jika di perhatikan, saat melakukan pekerjaan, para tukang batu tidak hanya membawa 1 buah sendok semen. Minimal dia akan membawa 2 buah sendok semen dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Bukan tanpa alasan atau lebay, karena memang sebagai seorang tukang batu profesional, kelengkapan alat sangat penting untuk kesempurnaan kualitas hasil karya.

Berikut ini macam – macam sendok semen yang di gunakan oleh tukang batu menurut bentuk dan fungsinya:

Sendok semen seperti gambar di atas adalah bentuk sendok semen yang berfungsi untuk mengambil adukan atau memindahkan adukan dari ember 1 ke ember lainnya.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Sendok semen yang bentuknya memanjang seperti gambar di atas memiliki fungsi untuk mengaduk adukan semen pasir dalam ember. Panjang kurang lebih 25 cm – 30 cm. Namun  jika lebar dari sendok semen tersebut berkisar 7cm, maka sendok semen tersebut juga di gunakan untuk mengambil adukan untuk pasangan tembok dari hebel atau batako.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Apa Saja Jenis Tali Kapal?

Sedang sendok semen berbentuk kecil dan lancip seperti seperti gambar di atas berfungsi untuk merapikan plesteran atau acian pada sudut-sudut dinding.

Nah kalau sendok semen seperti di atas, bentuknya mirip dengan Gb.3 tetapi ujungnya tumpul. Ukurannya sedikit lebih lebar dari Gb.3. Fungsinya adalah untuk mengambil adukan pada saat membuat dinding dengan pasangan bata merah. Juga berfungsi untuk ‘kamprot’ dinding sebelum di plester.

Kemudian macam sendok semen seperti gambar di atas. Fungsinya sama dengan sendok semen seperti Gb. 4. Bisa juga di gunakan untuk pasang batako jika ingin pekerjaan ringan. Tangan nggak pegel maksudnya. Tetapi menurut bentuknya sendok semen seperti ini di gunakan untuk bagian-bagian tembok bersudut.

Sampai di sini tentunya ada sedikit pencerahan mengapa para tukang batu selalu membawa bermacam-macam sendok semen dengan berbagai ukuran.

Jika anda bukan seorang tukang batu tetapi minat dengan dunia semen, barangkali ingin melakukan perbaikan kamar mandi sendiri gitu Silakan memilih sendok semen yang multi fungsi saja. Biar nggak repot. Lho? Yang multi fungsi yang mana. Dari sekian banyak macam sendok semen, bagi saya sendok semen yang multi fungsi adalah sendok semen dengan bentuk seperti gambar nomor 4 dan 5.

Tapi jika anda ingin seperti professional, silakan cari semua bentuk macam sendok semen tersebut di atas. Sebab kelengkapan alat sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan di capai. Sebagai tambahan, mungkin tidak semua toko material menyediakan sendok semen seperti yang saya jelaskan di atas. Lalu bagaimana jika sendok semen yang di maksud tidak ada di toko? Mudah saja, beli sendok semen dengan bentuk seperti Gb. 1 bawa ke tukang las, minta untuk memotong sendok semen tersebuat sesuai keinginan anda.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Sendok Semen

Mungkin ada yang bertanya-tanya karena tadi saya sempet bilang ‘kamprot’. Apa itu kamprot? Saya sendiri belum tau apa istilah bahasa teknik metode ini, tapi yang jelas para tukang batu sudah familiar dengan istilah ‘kamprot.

Kamprot adalah metode melapisi dinding dengan adukan semen pasir seidkit encer dengan cara melemparkan adukan ke permukaan dinding dengan sendok semen. Gunanya metode ini di lakukan adalah agar permukaan dinding menjadi kasar dan tidak licin sehingga nanti pada saat di plester, adukan pletesan dapat mengikat kuat dengan dinding bata (hebel batako sama saja).

Jika anda membutuhkan cetok hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.