Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi Alat Cat Tembok Depok

Toko Citra Bangunan Depok menjual kuas roll klik di www.materialbahanbangunan.com

Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi Alat Cat Tembok

alat-cat-tembok

Mengecat rumah adalah bukanlah proses yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Perlu keahlian khusus untuk melakukannnya agar hasil yang didapat memuaskan. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya sendiri di rumah. Jika dipelajari dengan sungguh-sungguh, Anda bisa mengeksekusi sendiri proses ini agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera.

Sebelum mempelajari teknik-teknik mengecat rumah, Anda pun perlu mengetahui apa saja peralatan yang harus dipersiapkan untuk melakukan hal ini sendiri di rumah.Mulai dari kuas cat hingga tiang ekstensi, Anda harus mengetahui semua peralatan ini beserta fungsinya. Untuk mempelajarinya, simak saja ulasan berikut ini.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

1.    Kuas Cat

Peralatan yang satu ini sangat krusial dalam segala kegiatan mengecat. Kuas cat sendiri memiliki berbagai jenis ukuran yang disesuaikan dengan tujuan dari penggunannya. Ukurannya sendiri terdiri dari 1″,11/2″,2″,21/2″,3″dan 4″.

Peralatan yang satu ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan cat pada dinding atau tembok yang tidak terlalu luas. Satu hal yang harus diperhatikan saat menggunakan cat ini adalah Anda harus selalu membersihkan cat dari kuas setiap setelah selesai digunakan. Hal ini bertujuan agar hasil pengecatan selalu rata dan terlihat memuaskan. Selain itu, kuas cat pun akan lebih awet dan dapat dipergunakan berkali-kali.

2.    Kuas Roll

Kemudian, peralatan cat selanjutnya adalah kuas roll. Alat yang satu ini digunakan untuk mengecat permukaan dinding atau plafon yang relative luas. Penggunannya akan membuat hasil pengecatan lebih rata, halus, dan cepat diselesaikan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer

Terdapat dua jenis ukuran kuas roll, yakni besar dan kecil. Kuas roll besar digunakan untuk mengecat area yang luas seperti dinding dan plafon. Sementara itu, kuas roll kecil digunakan untuk mengecat area yang kurang rata atau sulit dijangkau sehingga hasilnya akan terlihat lebih rapi dan tidak belepotan.

3.    Spray Gun

Selain kedua peralatan di atas, ada juga alat bernama spray gun yang bekerja dengan cara menggunakan udara kompresor untuk mengaplikasikan cat pada permukaan dinding, kayu, atau besi. Untuk menggunakannya, sebenarnya caranya tidak jauh berbeda ketika Anda menggunakan obat anti serangga. Sama seperti penggunaan kuas cat dan kuas roll, cat harus diaduk terlebih dahulu hingga rata sebelum digunakan.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

4.    Amplas

Amplas adalah alat dengan permukaan kasar yang biasa juga disebut dengan nama kertas pasir. Alat ini biasa digunakan untuk menghaluskan permukaan tembok yang kasar shingga pengaplikasian cat lebih mudah untuk dilakukan.

5.    Dempul

Dempul atau plamir tembok berfungsi untuk mengisi retakan pada tembok, memuluskan dan meratakan permukaan dinding yang biasanya bertekstur, berlubang, atau bahkan tidak rata. Selain bisa membantu memudahkan proses pengecatan, dempul juga membantu membuat tampilan dinding terlihat lebih prima.

6.    Kape/Scraper

Kape adalah alat yang berfungsi untuk mengerok cat lama atau menambal lubang dan retakan pada tembok dan lantai. Selain itu, setiap ukuran kape memiliki fungsi yang berbeda juga, jadi pastikan Anda menggunakan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

7.    Papan/Baki Cat

Alat yang satu ini digunakan untuk menampung cat yang nantinya Anda gunakan. Selain itu, fungsi lain dari baki cat adalah untuk melapisi cat pada kuas roll yang digunakan agar merata.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Amplas Bulat atau Amplas

Itulah beberapa penjelasan alat beserta fungsinya yang harus diketahui. Selain alat-alat di atas, terdapat beberapa peralatan lait yang bisa digunakan untuk memastikan agar proses mengecat berlangsung lebih aman dan lancar. Beberapa di antaranya adalah tangga dan tiang ekstensi untuk menjangkau area yang tinggi serta perangkat pelindung seperti sarung tangan dan kaca mata pelindung. Terlebih, jangan lupa untuk memakai pakaian yang nyaman agar kamu leluasa dalam mengecat

Jika anda membutuhkan kuas roll hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.