Mengenal Test Pen Digital dan Cara Menggunaknnya Depok

Toko Citra Bangunan Depok menjual testpen klik www.materialbahanbangunan.com

Testpen Digital Dan Spesifikasinya

Mengenal Cara Menggunakan Tespen

Mengenal Cara Menggunakan Tespen Digital – Apa itu tespen digital?, Apakah anda pernah menggunakan tespen digital?, Untuk membahas hal tersebut kami akan menyajikannya untuk sahabat sahabat semua. Pada artikel kali ini kami akan menyajikan artikel dengan tajuk Mengenal Cara Menggunakan Tespen Digital. 

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi elektronik arus kuat ataupun arus lemah tentu saja untuk mendukung pekerjaan anda, anda akan membutuhkan sebuah alat untuk mengetes jalur tegangan pada kabel atau pada rangkaian elektronika. Dan pastinya anda akan membutuhkan alat yang namanya tespen. Tespen ada yang berjenis manual/pasif ada juga yang berjenis digital. Apa itu tespen digital?

Pengertian tespen digital

Tespen digital adalah sebuah alat yang berbentuk seperti obeng kecil yang berfungsi untuk mengukur nilai tegangan / voltase, AC maupun DC, dan untuk mengecek aliran listrik pada kabel.

tespen_digital

Voltage tester dapat digunakan untuk mengukur nilai voltage dari 12 Volt s.d 220 Volt

Dapat juga utk mengecek : AC Voltage, Ground, Check Line pada kabel listrik apakah ada aliran listrik / tidak

Mudah digunakan, aman, praktik , dan akurat

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Cara menggunakan tespen digital

Pastikan terlebih dahulu kondisi Testpen yang akan anda gunakan dalam keadaan baik, bersih dan kering.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  6 Cara Memeriksa Instalasi Listrik Di Rumah Depok

Pastikan kondisi tubuh anda kering (tidak basah/lembab).

Sebelum melakukan pemeriksaan/pengujian suatu peralatan listrik, Coba gunakan testpen tersebut pada colokan (stopkontak) yang masih bagus dan bertegangan, untuk memastikan kondisi testpen tersebut masih bagus dan berfungsi dengan baik.

“Pada stopkontak (colokan) terdapat dua lubang, masukkan ujung testpen pada setiap lubang, hasil yang baik adalah satu lubang saat diuji testpen menyala, sedangkan satu lubang lainnya saat diuji testpen tidak menyala”.

Pegang testpen dengan benar pada bagian yang terbungkus (Isolator), jangan menyentuh bagian ujung testpen berbahan besi/logam.

Lakukan pengujian/pemeriksaan dengan menyentuhkan bagian ujung testpen berbahan besi/logam pada peralatan listrik yang akan diukur

Bagian peralatan listrik yang diukur dengan testpen adalah bagian yang berbahan penghantar (konduktor).

Jika anda ingin memeriksa kabel listrik, sentuhkan ujung testpen pada inti tembaganya.

Jika anda ingin memeriksa stopkontak (colokan) sentuhkan ujung testpen pada bagian dalam lubang Stopkontak/colokan tersebut.

Jika anda ingin memeriksa setrika, kulkas, rice cooker, ceret listrik, sentuhkan ujung testpen pada bagian yang berbahan logam pada alat-alat listrik tersebut.

Setelah ujung testpen menyentuh bagian yang akan diukur, kemudian sentuh bagian atas testpen dengan menggunakan jari. untuk memberi netral pada testpen.

Indikator pada tespen digital biasanya berupa suara buzzer dan ada layar digital untuk menunjukan nilai voltase/ tegangan pada suatu jalur kabel listrik.

Tespen Digital Adalah Tespen yang Canggih.

Tespen digital dapat dikatakan sebagai tespen yang canggih, karena selain dapat digunakan untuk memeriksa jalur yang putus juga dapat digunakan untuk memeriksa jalur DC.

Tespen DC

Apa itu tespen DC?. Tespen DC adalah salah satu tespen yang dapat digunakan untuk mengukur arus direct current (DC) atau arus searah dalam istilah kelistrikan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Mudah Penggunaan Kabel Roll yang Tepat Depok

Jika anda membutuhkan testpen hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.