tips mencegah kebakaran.

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas tips mencegah kebakaran.

KEBAKARAN adalah peristiwa saat munculnya komponen keempat, yaitu Reaksi Kimia Berantai (Chemical Chain Reaction). Reaksi Kimia Berantai inilah yang menggabungkan ketiga komponen api tadi sehingga api terus berkobar, membesar, dan meluas areanya.

  • Sekarang kita lihat bahwa kebakaran terdiri dari 4 komponen ini:
  1. Panas (Heat)
  2. Oksigen (Oxygen)
  3. Bahan mudah terbakar/bahan bakar (Fuel)
  4. Reaksi Kimia Berantai (Chemical Chain Reaction)
  5. Kebakaran dapat dipadamkan jika salah satu atau lebih dari keempat komponen ini dihilangkan.
  6. Dari teori dasar api dan kebakaran di atas, kita mendapatkan beberapa metode pemadaman kebakaran, antara lain:
  7. Cooling. Metode pemadaman dengan menurunkan temperatur permukaan benda yang terbakar. Biasanya dengan menyemprotkan air.
  8. Isolation atau smothering. Menutupi permukaan benda yang terbakar dengan serbuk atau busa untuk memutuskan kontak dengan oksigen. Dapat juga dengan menutupi dengan fire blanket atau karung basah.
  9. Dilution. Meniupkan gas inert (gas karbondioksida) untuk menghalangi terjadinya reaksi oksigen dengan sumber panas.
  10. Starving. Metode pemadaman dengan mengurangi, menjauhkan atau menghancurkan bahan-bahan yang mudah terbakar di sekitar area kebakaran dari sumber api. Dengan demikian api akan kehabisan bahan bakar dan lebih mudah dipadamkan.
  11. Chain Reaction Breaking. Memutuskan rantai reaksi kimia. Pemadaman dengan menggunakan bahan kimia untuk memutuskan reaksi kimia berantai dari ketiga unsur api tersebut.
  12. Kebakaran merupakan bencana yang paling sering dihadapi dan bisa digolongkan sebagai bencana alam atau bencana yang disebabkan oleh manusia. Bahaya kebakaran dapat terjadi setiap saat, karena banyaknya peluang yang dapat memicu terjadinya kebakaran.
  13. Untuk mengurangi peluang terjadinya kebakaran, berikut 12 Tips Pencegahan Kebakaran di rumah:
  14. Jangan meninggalkan sumber panas atau sumber api (kompor, lampu minyak tanah, setrika, dsb.) menyala tanpa pengawasan.
  15. Jangan biarkan lampu menyala terus menerus dalam jangka waktu lama.
  16. Jangan membiarkan anak-anak bermain dengan sumber api, baik itu korek api, lilin menyala, dan sebagainya.
  17. Hindari menggunakan handphone yang sedang di-charge, apalagi di atas tempat tidur.
  18. Hindari menggunakan stop kontak dengan ekstensi yang bertumpuk-tumpuk.
  19. Hindarkan bahan yang mudah terbakar dari sumber api.
  20. Biasakan untuk matikan lampu, kompor, dan alat-alat listrik setelah selesai digunakan atau saat akan bepergian keluar rumah.
  21. Jangan mengisi bahan bakar ke dalam perangkat yang sedang menyala. Matikanlah perangkat terlebih dahulu.
  22. Jangan mengisi bahan bakar sambil merokok atau di dekat sumber api.
  23. Hindari merokok di sembarang tempat, khususnya di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti di atas tempat tidur. Biasakan untuk mematikan puntung rokok sebelum membuangnya ke tempat sampah.
  24. Jangan membakar sampah di bawah terik matahari, apalagi di saat musim panas. Jika terpaksa harus membakar sampah, selalu pastikan terlebih dahulu bahwa area sekitarnya aman dan jauh dari bahan-bahan yang mudah terbakar.
  25. Selalu fokus saat menggunakan sumber api, hindari sambil menggunakan handphone atau sambil melakukan kegiatan lain.
BACA ARTIKEL YANG LAIN  Mengenal Komponen Sistem Perlindungan Bahaya Jatuh Dari Ketinggian

Belilah tabung apar di toko kami,

 

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Atau kunjungi website kami di www.materialbahanbangunan.com. dengan mengunjungi website kami Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, sedangkan untuk  alat teknik anda dapat   mengunjungi  website kami di www.teknikdepok.com, dan untuk barang sambungan valve anda dapat melihat katalog kami di www.rajasambungan.com, ada juga alat alat safety yang kami jal di toko kami dengan alamat website www.pelindung.com. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda, sebelah bengkel Wijaya motor. Anda dapat  menghubungi kami di 021 77202571/ 021 7751552/ 021 78881701. Atau WhatsApp di 0857 100 3 2801. Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore.selamat berbelanja…

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *