Tubing Cutter Pemotong Pipa Tembaga

Toko bangunan citra menjual alat potong pipa.

www.materialbahanbangunan.com.

Tubing Cutter Pemotong Pipa Tembaga

Ada berbagai jenis pipa yang sering kita gunakan ,ada pipa plastik ,pipa besi atau pipa tembaga.cara dan alat pemotongnya tentu juga berbeda beda.Kali ini kita akan membahas penge nai alat potong pipa tembaga.

Pada pekerjaan refrijerasi dan tata udara pastilah membutuhkan berbagai peralatan yang berguna untuk memudahkan pekerjaan. Jika kita memperbaiki mesin pendingin tanpa alat-alat yang baik dan lengkap, itu akan sangat berbahaya dan tidak dibenarkan.

Ada berbagai macam peralatan yang biasa digunakan oleh seorang teknisi refrijerasi dan tata udara. Dan seorang teknisi yang baik haruslah dapat menggunakan berbagai peralatan tersebut sesuai dengan prosedur penggunaanya. Hal ini dimaksudkan agar setiap pekerjaan itu dapat terselesaikan dengan baik. Hasil pekerjaan baik, dan alat pun tetap dalam kondisi yang baik (tidak rusak)

Tubing Cutter Pemotong Pipa Tembaga

Alat pemotong pipa pada pekerjaan refrijerasi ada 2 macam, yaitu tubing cutter dan gergaji (hacksaw). Tubing cutter dipakai untuk memotong pipa tembaga pada sistem refrijerasi mulai dari 1/8 sampai 1 1/8 inci. Pipa kapiler dipotong dengan tang kapiler, sedangkan pipa tembaga yang besar dan keras dipotong dengan gergaji besi. Berikut ini akan kami uraikan bagian-bagian dari tubing cutter.

Pemotong pipa mempunyai sebuah pisau (cutting wheel) yang bulat dan tajam. Pisau tersebut dapat berputar pada porosnya. Pada sisi yang lain dilengkapi dengan dua buah roda (roller) untuk menahan/memegang pipa yang akan dipotong. Roda tersebut dapat ikut berputar, sehingga memudahkan pekerjaan memotong pipa.

Bagian Tightening knob berguna untuk menyesuaikan dengan diameter pipa yang dipotong. Yang perlu diperhatikan pada saat memotong pipa adalah jangan sampai kotoran-kotoran masuk dalam sistem sewaktu memotong pipa.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Alat Potong Pipa Plastik

Memakai pemotong pipa harus sangat hati-hati. Tube cutter/pemotong pipa diputar melingkari pipa sambil pisaunya ditekan sedikit demi sedikit. Jika kita memotong pipa dengan pemotong pipa, pada bagian dalam pipa akan terjadi lekukan ke dalam, sehingga diameter dalam pipa mengecil.

Makin lunak sebuah pipa tembaga, makin besar lekukan ke dalam yang dibuat oleh pisau pemotong pipa. Lekukan tersebut harus dibersihkan sebelum pipa dikerjakan lebih lanjut. Pada bagian luar pipa juga terjadi lekukan ke dalam. Lekukan ke dalam pada bagian luar pipa tidak perlu dilurusnya, hal tersebut dapat memudahkan pipa dimasukkan ke dalam ujung pipa yang telah dibesarkan (swage).

Memotong Pipa Tembaga dengan Cutter Tube

Roda penahan (roller) pada pemotong pipa ada yang diberi alur. Ujung pipa yang telah dikembangkan (flare) dapat masuk ke dalam alur tersebut. Pisau pemotong dapat tepat memotong pipa dibelakang yang dikembangkan. Jadi tidak ada pipa yang terbuang, hanya sebagian yang telah dikembangkan saja.

Pemotong pipa yang dilengkapi dengan pisau reamer dan kikir dapat dipakai setiap saat setelah pipa dipotong. Pemotong pipa harus disimpan dengan baik. Harus dijaga jangan sampai jatuh atau dilemparkan begitu saja, pisaunya dapat patah. Pisau yang patah sebagian tidak dapat memotong lagi dengan baik, kadang-kadang bahkan membuat ulir pada pipa.

Constrictor tube

Jika pisau yang tajam dari pemotong pipa ditukar dengan roda penekan yang tumpul, alat ini disebut Constrictor tube. Alat tersebut dapat untuk menekan pipa tembaga lunak.

Sebagian dari pipa tersebut diameternya akan mengecil, sehingga dapat disambung dengan pipa yang lebih kecil diameternya atau pipa kapiler. Setelah kedua pipa yang akan disambung kelonggarannya menjadi tepat, lalu dipanasi dan diisi dengan las perak arau solder timah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Dekorasi Kamar Tidur Menjadi Indah Dan Cantik Depok - Jakarta

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *