Cara Mudah dan Aman Menyambungkan Kabel Listrik Sendiri Di rumah

Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri

Selain melakukan pengupasan kabel dalam membuat instalasi listrik juga butuh penyambungan kabel.Dalam hal ini kita tidak boleh salah dalam melakukan penyambungan .

Menyambungkan kabel listrik mungkin terkadang terlihat mudah. Namun, dalam praktiknya kerap kali tidak semudah yang dibayangkan. Ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan agar penyambungan kabel jadi lebih baik. Setidaknya ada beberapa cara menyambung kabel listrik sendiri di rumah yang bisa Anda terapkan.

Tips Aman Menyambung Kabel Listrik

Sebelum menyambung kabel listrik di rumah, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Apabila kabel tersebut digunakan untuk menyambungkan arus listrik utama di rumah, pastikan sekring yang ada dalam kondisi mati. Hal tersebut dilakukan agar Anda lebih aman dari aliran listrik saat menyambungkan kabel dan menghindari dari kejadian yang tak diinginkan seperti tersetrum.

Untuk itu, Anda bisa memastikannya dengan menggunakan test pen. Lalu, gunakanlah alas kaki yang aman dan nyaman. Usahakan Anda memakai sandal atau sepatu berbahan dasar karet dan sol yang tebal. Begitu juga dengan sarung tangan untuk melindungi dari sengatan listirk atau tertusuk bagian inti kabel yang tajam.

Jenis dan Cara Penyambungan yang Aman

Cara menyambung kabel listrik dibedakan menjadi beberapa jenis. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari model penyambungan kabel tersebut. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa alat bantu. Seperti tang, obeng skrup, dan sebagainya. Adapun jenis dan cara penyambungan tersebut adalah sebagai berikut:

Sambungan Model Pig Tail

Sambungan kabel listrik ini adalah jenis yang sederhana, mudah, dan cepat. Langkah awalnya adalah siapkan dua kabel yang akan disambung dan kupaslah lapisan isolasinya dengan panjang 2 atau 3 cm hingga muncul bagian inti kabelnya. Kaitkan kedua inti yang akan disambung dengan cara menyilang. Setelah itu, ulirkan dengan memutarnya beberapa kali hingga kabel benar-benar menyatu. Gerakan dan bentuk lingkaran inilah yang menyerupai ekor babi (pig tail). Setelah kabel tersambung, maka tutup kembali hingga aman dan nyaman saat digunakan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Sederhana Ampuh Menghilangkan Karat Besi Depok Jakarta

Sambungan Bentuk Bell Hangers

Cara menyambung kabel listrik selanjutnya adalah dengan model bell hangers dengan cara dipuntir. Metode pemasangannya sebenarnya hampir sama dengan model sambungan. Setelah kabel disambungkan, kemudian bengkokkan sepanjang 1.5 cm hingga membentuk huruf  L. Meski terbilang mudah, cara menyambungkan kabel ini jarang dilakukan karena memang sedikit memerlukan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan metode sambungan pig tail.

Sambungan Western Union

Kemudian, ada pula sambungan yang dikenal dengan istilah western union. Sebagai langkahnya, Anda harus mengupas kabel tersebut hingga intinya nampak. Lalu, sambungkanlah kabel secara menyilang dengan bentuk seperti simbol plus (+). Ujung kabel yang seudah dikupas tadi sambungkan dengan cara dipuntir melingkari kabel lainnya hingga membentuk layaknya huruf Y. Setelah terbentuk, maka untirlah secara bersamaan.

Sambungan Bolak Balik

Untuk cara menyambung kabel listrik lainnya yang bisa Anda coba adalah sambungan model bolak balik. Langkah awalnya Anda harus menyilangkan kedua buah kabel seperti membentuk huruf X dengan panjang sejajar dan sama panjangnya. Langkah selanjutnya adalah Anda perlu menguntir keduanya secara bersamaan.

Bila ada bagian unit kabel belum terlilit, maka Anda harus jeli dalam membengkokkannya kembali secara berlawanan hingga sudut 180 derajat dan membentuk garis lurus. Untuk bagian pangkal yang telah dibengkokkan tadi, Anda bisa pilin kembali dengan ujung kabel pertama yang sudah dipilin.

Sambungan Model Britania

Terakhir adalah sambungan model Britania. Sambungan seperti ini biasanya digunakan untuk kabel yang memiliki diameter lebih besar. Memang pada awalnya Anda harus mengupas kabel hingga bagian ini. Lalu, sambungkan dengan kedua ujungnya dan buatlah sedikit bengkok dan dempetkan secara berlawanan menghadap luar. Setelah itu, Anda bisa menempatkan bagian inti kabelnya ke pengait yang menguntir tadi.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Meminimalkan Keramik Yang Menggelembung

Lakukan penyambungan kabel dengan benar dan jangan lupa untuk menutup sambungan dengan isolasi listrik.

Jika ingin mendapatkan barang yang kita bahas di atas

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat
Kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *