Jenis-Jenis Pipa Kabel yang Digunakan pada Instalasi Listrik

Toko bangunan citra depok menjual macam macam pipa.

Jenis-Jenis Pipa Kabel yang Digunakan pada Instalasi Listrik

Tidak hanya saluran air saja yang membutuhkan dan menggunakan pipa .Dalam dunia listrik juga memerlukan pipa unntuk membungkus kabel listrik.

Di dalam setiap rumah, pasti terdapat alat elektronik sehingga dibutuhkan pipa kabel untuk pemasangan instalasi listriknya. Pipa pada sambungan listrik ini merupakan perlengkapan tambahan pada jaringan listrik rumah tangga, tetapi memiliki banyak kegunaan. Jenis pipanya pun bermacam-macam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Fungsi Pipa Pelindung Kabel

Saat ini, hampir semua aktivitas di dalam rumah membutuhkan tenaga listrik. Jenis peralatan rumah tangga yang difungsikan dengan bantuan tenaga listrik pun cukup banyak, seperti lampu, kompor, kulkas, AC, setrika, kipas angin, pemanas air, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, keberadaan jaringan listrik perlu direncanakan dengan baik.

Dalam instalasi jaringan listrik di rumah maupun kantor, terdapat satu komponen yang sering digunakan, yaitu pipa kabel yang sering disebut juga pipa listrik atau pipa konduit. Pipa konduit dibuat dengan permukaan bagian dalam yang licin dengan tujuan agar ketika kabel ditarik, bagian isolasi kabel tidak rusak atau mengelupas. Komponen ini sangat penting karena memiliki banyak fungsi, yaitu:

Sebagai lokasi penempatan kabel listrik;Melindungi kabel dari material bangunan sehingga saat ditarik, kabel tidak terkelupas;Membuat pemasangan dan pengaturan jaringan kabel menjadi lebih mudah dan rapi;Memberikan perlindungan pada penghantar dari gangguan mekanis yang mungkin terjadi;Dapat memudahkan saat melakukan pembongkaran dan pemasangan kembali penghantar-penghantar apabila diperlukan perbaikan;Mencegah terjadinya korsleting (hubungan arus pendek) akibat kerusakan pembungkus kabel; serta Melindungi seluruh bagian kabel listrik dari hewan pengerat (tikus).

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Penyebab Mesin Pompa tidak Bisa Mati

Jenis-Jenis Pipa Kabel

Pipa yang digunakan sebagai pelindung kabel dibuat dari beberapa jenis bahan. Perbedaan jenis bahan ini berkaitan dengan sifat bahan pipa sehingga penggunaannya pun tidak sama. Saat ini, ada 4 jenis pipa kabel yang beredar di pasaran, yaitu pipa union (besi/baja), PVC (plastik), spiral (fleksibel), dan galvani.

1.            Pipa Union

Pipa union adalah jenis pipa kabel yang dibuat dari plat besi dan diproduksi oleh pabrik tanpa menggunakan las. Ciri pipa ini adalah mudah dibengkokkan dalam keadaan dingin, mudah dipotong, mudah didapat, dan harganya relatif murah. Pipa union biasanya digunakan untuk kabel yang dipasang di tempat yang kering untuk mencegah korosi/karat.

2.            Pipa PVC/Paralon

Pipa kabel dari bahan PVC juga mudah dijumpai di pasaran. Dibandingkan dengan pipa union, pipa PVC memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, pengerjaannya mudah, mudah dibengkokkan, dan merupakan bahan isolasi yang baik. Dengan begitu, dalam pemasangannya tidak akan terjadi hubungan pendek antar penghantar listrik dengan pipa. Pipa PVC baik untuk digunakan di daerah lembap.

3.            Pipa Fleksibel

Pipa fleksibel adalah pipa konduit yang dibuat dari logam pendek yang disambung sedemikian rupa sehingga mudah diatur/lentur. Kegunaan pipa ini cukup banyak, di antaranya sebagai pelindung kabel dari dak standar menuju meter pembatas listrik atau pada alat-alat yang menggunakan motor listrik.

4.            Pipa Galvanis

Pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi dan bagian luarnya dilapisi bahan pelindung yang terbuat dari bahan seng agar pipa terlindung dari korosi. Pipa listrik galvanis banyak digunakan pada dak standar dan tiang lampu taman.

Toko kami menyediakan lebih dari 15.000 varian Alat teknik dan bangunan

BACA ARTIKEL YANG LAIN  macam-macam sambungan fitting Rucika Jis D dan AW

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat
Kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *