Perbedaan Jenis Mata Bor Beton dan Mata Bor Besi

Perbedaan drill mata bor beton dan besi

Dalam dunia kontruksi kita sering menggunakan mesin bor yang dibarengi dengan mata bornya.

Alat kerja seperangkat perkakas Bor ini biasanya digunakan dalam pengerjaan kayu, pengerjaan logam, pembuatan alat mesin, konstruksi dan proyek utilitas. Versi yang lain juga ada yang dirancang khusus dibuat untuk aplikasi kedokteran, ruang, dan miniatur. Misalnya bor gigi ortopedi ataupun mata bor untuk operasi kedokteran, tentunya memilki standar dan ukuran serta harga material yang jauh berbeda.

Bagi orang indonesia, istilah bor dapat merujuk ke salah satu mesin bor atau mata bor saat digunakan. Sebenarnya secara asal muasal, bor atau mata bor itu sendiri merujuk pada istilah jerman yaitu Ein Spiralbohrer. Lebih lanjut lagi, istilah tekniknya mata bor atau drill bit digunakan di seluruh bidang kerja pertukangan untuk merujuk pada mata pisau silinder berulir yang biasanya memliki 1 flute atau 2 flute ulir.

RAGAM MATA BOR LOGAM BESI & BAJA

Mata bor atau drill bi tersedia dalam beragam ukuran dan bermacam diameter standar ISO, DIN, maupun JIS dengan penggunaan material dan jenis mata pisau serta ulirnya. Pada umumnya mata bor terbuat dari material High Speed Steel ataupun HSS yang mampu untuk memotong semua material logam dan kayu dan bahkan fiberglass. Untuk pengeboran material beton biasanya mata bor ini terbuat dari logam alloy dengan kandungan Alumunium. 

Dalam kalangan teknik ada anggapan umum kalau Mata bor terbaik tentunya dibuat di Eropa, kenapa? alasannya sederhana, material logam Tungsten yang menjadi bahan baku utama dari Carbide drill banyak ditambang disana. Terkecuali bor made in china yang terlalu banyak palsunya, bentuk dan warna fisik bisa sangat mirip tetapi kandungan material dasar high speed steel nya pun diragukan kualitasnya.

Jenis Mata Bor Berdasarkan Bahan

1. Baja – Soft Low Carbon Steel

Mata bor yang sering kita temui di toko-toko bangunan, harganya mungkin yang paling murah dari semua jenis mata bor. Karena murah, mata bor ini mesti sering-sering diasah karena cepat tumpul. Baisanya untuk pemakaian di triplek/multiplek dan kayu-kayu yang tidak terlalu keras. Kalau dipakai untuk kayu jati pasti cepet banget tumpulnya.

2. Baja – High Carbon Steel

Bahan ini lebih bagus dari jenis mata bor diatas, lebih keras dan dapat digunakan untuk kayu dan besi.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Perbaiki Kloset Bocor Tanpa Bantuan Ahli Di Rumah Anda Depok - Jakarta

3. Baja – High Speed Steel (HSS)

Baja mata bor HSS sangat keras, dan lebih tahan panas, sangat cocok untuk kayu-kayu keras. Selain kayu, mata bor HSS juga dapat digunakan pada besi/metal. Mata bor ini sangat mudah didapat, di toko bangunan biasanya ada, harganya jelas diatas kedua jenis mata bor diatas.

4. Baja – Cobalt Steel Alloy

Sebenarnya bahannya sama dengan HSS hanya kandungan cobaltnya lebih banyak jadi lebih keras dibanding mata bor HSS biasa. Mata bor cobalt digunakan untuk bahan yang keras seperti besi dan stainless steel.

Perkakas consumable seperti Mata bor merupakan alat pemotong atau Cutting tools yang digunakan untuk melubangi material ataupun alat kerja untuk membuat lubang. Mata bor tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk dan dapat membuat berbagai jenis lubang pada berbagai bahan. Untuk membuat lubang, mata bor atau drill biasanya dipasang pada mesin bor untuk memotong benda kerja, biasanya dengan metode rotasi. Bor akan dipegang oleh holder chuck pada bagian ujung atas sedikit yang disebut shank atau stang.

Ragam mata bor besi tipe Gun Drill pada umumnya terbuat dari material pisau Tungsten Carbide drill. Sesuai dengan namanya, mata bor ini memang dibuat untuk mengebor dan membuat lubang saluran yang dalam seperti pada laras atau silinder popor pada senapan api maupun pipa injector pada komponen benda pneumatis.

Mata bor komprehensif memiliki ukuran tap size chart yang biasanya dicantumkan berdasarkan standar metrik maupun inchi atau imperial. Mata bor biasa juga disebut dengan drill bit juga digunakan untuk membuat lubang ulir untuk mur maupun baut sesuai dengan ukuran screw tap yang diperlukan. Ada juga mata bor khusus tertentu yang dapat membuat lubang dengan penampang tidak melingkar.

Alat potong bor drill terutama yang berdiameter besar juga dirancang dengan coating dan mata insert yang dapat diganti dan dilepas-pasang (indexable). Dalam hal ini, ujung tombak bor tersebut terdiri dari bagian material yang terpisah, baik dibrazing, dilas atau dijepit ke badan alat. Bahan-bahan umum untuk tip termasuk semen karbida, berlian polikristalin, dan boron nitrida kubik. Alat potong cutting tool yang menggunakan sisipan coating maupun insert termasuk endmills dan fly cutters atau jobber drill.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mengatasi Wc Dengan Bio 2000 Depok Jakarta

Mesin bor juga bervariasi dalam kecepatan, kekuatan, dan ukuran. Mesin bor juga terkadang disebut mesin bobok bagi sebagian tukang di Indonesia. Ada mesin bor yang digerakkan dengan listrik, tenaga pneumatik kompresor dan adapula dengan jenis yang dioperasikan dengan baterai. Bor tangan maupun bor duduk atau tap drill, biasanya menggunakan mata bor yang sama dan holder chuck yang mirip pula sistemnya.

RAGAM MATA BOR SEMEN & BETON

Mata bor drill solid untuk pengerjaan pelubangan pada material abrasif seperti Beton, Semen, Grafit, Batu, Keramik, Asbes dan komposit, umumnya terbuat dari material Baja HSS Alloy dengan kandungan alumunium yang keras. Faktor pembeda dengan tipe Mata bor lainnya adalah ujung lancip mata bornya bertipe sekop atau spade drill dengan 4 sisi tajam pisau kemiringan 135°dengan dua ulir. Bor dengan aksi perkusi (hammer drills) sebagian besar digunakan dalam material keras seperti batu (bata, beton dan batu) atau batu.

Contoh Instalasi (Unicon Anchor):

Bor lubang di atas pelat dek dengan diameter lubang tertentu dan kedalaman lubang tertentu.

Hapus serutan dengan pengumpul debu atau peniup debu.

Pukul kerucut dengan batang pemukul untuk mengatur jangkar.

Kencangkan baut ulir penuh, dll. Ini menyelesaikan pemasangan.

Mata bor beton juga dikenal memiliki pisau tajam Blade menyilang yang telah dikembangkan terdiri dari tepi utama dan tepi bantu, dan memiliki sudut silang yang lebih besar dan kinerja ketahanan baja yang diperkuat. Gagangnya juga umumnya memiliki jenis yang berbeda, karena diperuntukkan agar digunakan pada mesin bor tangan yang besar seperti jackhammer drill (Diameter lebih dari 16mm). Cocok digunakan pada mesin bor heavy duty tipe punch drill yang mendukung aplikasi pengeboran cair maupun kering pada beton bertulang besi cor rebar. Namun kurang cocok untuk memotong material Elastomer dengan lapisan rangka dari material baja seperti pada Ban mobil.

Mata bor drill bit untuk beton disebut juga dengan namanya Masonry Drill Bit yang merupakan variasi matabor twist drill umumnya. Bagian terbesar dari alat ini adalah baja yang relatif lunak, dan dikerjakan denganlapisan coating material sejenis keramik yang dikenal dengan nama Tungsten karbida yang di ‘brazing’ ke baja untuk menyediakan ujung tombak yang sebenarnya tumpul, namun sangat kokoh.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Scott Light Tape Untuk Memantulkan Cahaya Depok

Mata bor drill bit untuk beton dan batu biasanya digunakan dengan bor mesin tipe punch hammer, yang memalu Mata bor drill bit untuk beton ke dalam bahan yang sedang dibor saat diputar; palu memecah batu di ujung bor, dan ulir pisau seruling yang berputar membawa debu keluar dari material.

Potongan-potongan Mata bor drill bit untuk beton biasanya tersedia dalam diameter dari 3 mm hingga 40 mm. Untuk diameter yang lebih besar, bit inti digunakan. Bit batu hingga 1.000 mm (39 in.) Panjang dapat digunakan dengan alat-alat listrik portabel, dan sangat efektif untuk memasang kabel dan pipa ledeng di bangunan yang ada.

Memutar Mata bor drill bit untuk beton juga membawa ujung-ujung pemotong ke bagian baru dari dasar lubang dengan setiap pukulan palu. Mata bor drill bit untuk betonbor palu sering menggunakan bentuk gagang jepit khusus seperti jenis SDS, yang memungkinkan bit untuk meluncur di dalam chuck saat memalu, tanpa seluruh chuck yang berat melakukan gerakan memalu.

Mata bor drill bit untuk beton juga dikenal dengan nama mata bor bintang, dalam penampilan dan fungsinya mirip dengan mesin ketam atau chisel pahat manual, digunakan sebagai bor bertenaga tangan dalam hubungannya dengan palu untuk mengebor beragam jenis batu. Tepi mata bor bintang terdiri dari beberapa bilah yang disatukan di tengah untuk membentuk pola bintang.

Demikian tadi beberapa perbedaan driil mata bor beton dan besi yang perlu anda ketahui.Memang tidak mudah namun seiring waktu tentu anda akan bisa memahami jika sering menggunakannya.

Toko kami menyediakan lebih dari 15.000 varian Alat teknik dan bangunan

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat
Kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *