Tips Merawat Alat Pelindung Diri (APD) Agar Tetap Terjaga Baik

Cara Merawat Alat Pelindung Diri (APD)

 Banyak sekali jenis APD yang  dibutihkan para pekerja untuk melindungi diri mereka dari kecelakaan yang tidak diinginkan.Agar APD tersebut awet dan tahan lama kita wajib melakukan perawatan.

Berikut ini akan kita bahas cara merawat APD yang kita gunakan.

Cara merawat:

– meletakkan APD pada tempatnya setelah selesai digunakan,

– melakukan pembersihan secara berkala,

– memeriksa APD sebelum dipakai untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak layak pakai,

– memastikan APD yang digunakan aman untuk keselamatan jika tidak sesuai maka perlu diganti dengan yang baru.

– dijaga keadaannya dengan pemeriksaan rutin yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan serta kondisinya

– Apabila dalam pemeriksaan tersebut ditemukan alat helm kerja yang kualitasnya tidak sesuai persyaratan maka alat tersebut ditarik sertatidak dibenarkan untuk dipergunakan

Secara spesifik sebagai berikut:

a. Kacamata Safety (Safety Glasses)

– Kacamata safety dijaga keadaannya dengan pemeriksaan rutin yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan serta kondisinya/

– Apabila dalam pemeriksaan tersebut ditemukan kacamata safety yang kualitasnya tidak sesuai persyaratan maka alat tersebut ditarik serta tidak dibenarkan untuk dipergunakan.

– Penyimpanan masker harus terjamin sehingga terhindar dari debu, kondisi yang ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin), kelembaban atau kemungkinan tercemar bahan-bahan kimia berbahaya.

– Setiap manajemen lini harus memiliki catatan jumlah karyawan yang memiliki kacamata safety dan telah mengikuti training.

b. Sepatu Safety (Safety Shoes)

– Sepatu safety dijaga keadaannya dengan pemeriksaan rutin yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan serta kondisinya oleh manajemen lini.

– Apabila dalam pemeriksaan tersebut ditemukan sepatu safety yang kualitasnya tidak sesuai persyaratan maka alat tersebut ditarik serta tidak dibenarkan untuk dipergunakan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pengertian cairan Kimia Depok Jakarta

– Setiap manajemen lini harus memiliki catatan jumlah karyawan yang memiliki sepatu safety dan telah mengikuti training.

c. Masker/ Perlindungan Pernafasan (Mask/ Respiratory Protection)

– Pelindung pernafasan dijaga keadaannya dengan pemeriksaan rutin yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan serta kondisinya.

– Apabila dalam pemeriksaan tersebut ditemukan alat pelindung pernafasan yang kualitasnya tidak sesuai persyaratan maka alat tersebut ditarik serta tidak dibenarkan untuk dipergunakan.

– Kondisi dan kebersihan alat pelindung pernafasan menjadi tanggung jawab karyawan yang bersangkutan

– Kontrol terhadap kebersihan alat tersebut akan selalu dilakukan oleh managemen lini.

d. Sarung tangan

– Sarung tangan dijaga keadaannya dengan pemeriksaan rutin yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan serta kondisinya oleh manajemen lini.

– Apabila dalam pemeriksaan tersebut ditemukan sarung tangan yang kualitasnya tidak sesuai persyaratan maka alat tersebut ditarik serta tidak dibenarkan untuk dipergunakan.

– Penyimpanan sarung tangan harus terjamin sehingga terhindar dari debu, kondisi yang ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin), kelembaban atau kemungkinan tercemar bahan-bahan kimia berbahaya.

Jadi kita tidak hanya menggunakan APD begitu sqja tanpa melakukan perawatan. APD yang tidak dirawat justru akan bisa menimbulkan berbagai resiko pada penggunanya.

Jika ingin mendapatkan barang yang kita bahas di atas

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat
Kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *