Apa Saja Jenis-Jenis Dari Triplek?

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas jenis-jenis triplek

Jenis-jenis Triplek

1. Particle Board

Particle board diproduksi dengan cara mengumpulkan sisa serpihan-serpihan kayu yang kemudian dipadatkan dan dicetak dengan tekanan dalam suhu tinggi sehingga membentuk papan. Triplek jenis particle board ini sebenarnya mempunyai kualitas yang tidak terlalu bagus karena rentan terhadap air dan daya dukungnya sangat rendah. Namun, particle board banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur yang lebih ekonomis bila dibandingkan furniture rangka MDF atau Plywood/multipleks..

2. Multipleks (Plywood)

Multiplek/plywood dibuat dari kombinasi lapisan serat-serat kayu dan kulit kayu yang berlapis-lapis dan kemudian dipress menggunakan tekanan yang sangat tinggi. Multiplek mempunyai tekstur yang rapat dan kuat dengan lapisan permukaan luar (atas dan bawah) lebih kuat daripada lapisan tengahnya. Sifatnya yang tahan air, membuat multiplek dapat bertahan hingga mencapai puluhan tahun asalkan dirawat dengan baik. Selain itu, plywood ini memiliki tekanan tekuk yang baik membuat jenis triplek ini cocok untuk bahan baku pembuatan furniture rumah tinggal yang berkualitas.

3. Blockboard

Berbeda dengan multipleks/plywood yang disusun dari lapisan kayu solid, blockboard tersusun dari balok-balok kayu lunak. Blockboard tersusun dari dua lapisan luar dan satu lapisan tengahnya yang digabung menjadi satu. Dua lapisan luarnya memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan lapisan tengahnya, yaitu yang hanya berukuran sekitar 0,5-2 mm. Sedangkan lapisan tengahnya memiliki ketebalan 20-30 mm. Bagian lapisan tengah dari triplek ini umumnya terbuat dari kayu akasia atau meranti yang solid sehingga tidak dapat dilengkungkan. Untuk bagian luarnya, permukaan blockboard dilapisi veneer kayu sehingga menampilkan kesan halus dan mengkilap. Oleh karenanya, pembuatan furniture berbahan blockboard sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan dan modern di dalam ruangan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pilih Tusen Klep Kuningan atau Plastik? Berikut Perbedaannya

4. Teakblock

Teakblock merupakan kayu olahan yang tergolong dalam variasi blockboard yang terbuat dari kayu jati. Teak yang artinya jati dan block mengindikasikan bahwa jenis triplek ini tergolong blockboard. Tak kayal jika jenis triplek ini memiliki harga yang lumayan mahal dibandingkan varian blockboard yang lain. Selain jati yang memiliki kekuatan yang sangat bagus, triplek yang terbuat dari jati ini juga unggul karena memiliki keindahan dan pilihan motif yang beragam.

5. MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF atau papan serat kayu merupakan jenis triplek hasil campuran dari serat kayu lunak dan serat kayu keras. Serat-serat kayu tersebut ditempelkan menggunakan lem atau lilin dan kemudian dicetak di dalam mesin dengan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi dengan bantuan resin dalam prosesnya. Oleh karena itu, susunan pori-pori dan permukaan MDF jauh lebih baik dan lebih halus dibandingkan permukaan particle board. MDF banyak digunakan untuk rangka furnitur atau mebel interior dan box loudspeaker.

Ukuran standar  MDF adalah 120cmx240cm dengan varian harga mengikuti ketebalan MDF yaitu 3mm, 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 18mm dan 20mm.

6. Melaminto

Melaminto atau juga dikenal decorative plywood. Papan triplek melaminto sering dipakai untuk memperindah tampilan sebuah papan kayu. Permukaan triplek ini biasanya dilapisi dengan campuran bahan polyester dan melamin yang membuatnya berwarna serta bertekstur licin. Kebanyakan melaminto diolah menjadi white board atau kitchen set.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat  menghubungi kami di 021 77202571/ 021 7751552/ 021 78881701. Atau WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat. Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore.selamat berbelanja…


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.