Tips Mengelas Tanpa Takut MCB Jeglek/Jepret

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas TIPS MENGELAS TANPA TAKUT MCB JEGLEK / JEPRET

Kali ini kami ingin berbagi informasi kepada kalian semua seputar tips pengelasan nih. Jadi disini kami pengen bagi-bagi informasi ke kalian terkait tips mengelas tanpa takut MCB Jeglek / Jepret. Jadi pada tips pengelasan ini kami memanfaatkan kelebihan yang dimiliki MCB. Apa ya kelebihannya??

Jadi kelebihan dari MCB ini yaitu sebuah MCB memiliki waktu tunda atau waktu jeda sebelum dia jeglek atau jepret saat terjadi kelebihan daya listrik yang dia terima. Waktu jeda atau waktu tunda tersebut disebut dengan durasi toleransi MCB. Jadi penjelasan dari durasi toleransi MCB ini yaitu waktu jeda yang dimiliki sebuah MCB sebelum MCB tersebut jeglek atau jepret saat terjadi kelebihan daya listrik. Contohnya yaitu saat anda menggunakan MCB ukuran 4 ampere yang berkapasitas 920 watt, logikanya saat anda menggunakan mesin las dengan konsumsi daya 1.200 watt, maka seharusnya MCB tersebut jeglek atau jepret karena sudah melebihi kapasitas daya listrik yang dia terima. Tetapi kenyataanya tidaklah begitu karena sebuah MCB memiliki toleransi tersebut. Jadi saat MCB ini menerima listrik 1.200 watt, akan ada jarak sekitar 10 – 15 detik sebelum saklar / switch MCB itu turun.

kami telah mengaplikasikan yang namanya toleransi MCB tersebut. Pada percobaan kami kali ini, kami menggunakan MCB merk ABB dan juga Schneider yang banyak digunakan orang-orang dirumah. Kenapa kami menggunakan 2 MCB?? tentunya agar anda dapat membedakan batas toleransi kedua MCB ini karena memang durasi toleransi MCB ini dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu diantaranya :

Merk MCB

Umur MCB

Intensitas naek dan turunnya switch / saklar MCB.

Jadi untuk faktor pertama tentunya setiap merk MCB memiliki durasi toleransi masing-masing, karena setiap produsen MCB pasti menggunakan standarisasi produksi barangnya masing-masing. Untuk itu antara merk satu dengan merk lainnya memiliki durasi toleransi yang berbeda. Misal merk A memiliki durasi toleransi selama 10 detik sebelum saklarnya turun. Dan merk B memiliki durasi toleransi 12 detik sebelum saklarnya turun.

Faktor yang kedua yaitu umur MCB. Sama seperti barang-barang buatan manusia lainnya, tentunya setiap barang memiliki umur atau masa pakai ( kadaluarsa ). Jadi sebuah MCB dengan merk A yang sudah berumur 20 tahun akan memiliki durasi toleransi lebih cepat jika dibandingkan dengan MCB merk A juga yang masih berumur 5 tahun, walaupun sama-sama menerima daya listrik lebih dari kapasitasnya, misal MCB 920 watt menerima 1.200 watt.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Cepat Untuk Memotong Sebuah Seng Depok - Jakarta

Dan faktor yang terakhir yaitu Intensitas naek turunnya switch atau saklar MCB. Tentunya sifat saklar itu naek dan turun atau kekanan dan kekiri. Dan untuk bisa berubah arah, saklar tersebut pasti memiliki switch seperti per yang yang menggerakkan saklar tersebut. Karena switch ini juga buatan manusia, jadi pastinya lama kelamaan switch tersebut akan kendor atau dan lebih licin karena permukaannya sudah terkikis akibat seringnya terjadi gesekan. Hal tersebut membuat switch saklar MCB lebih cepat turun atau jeglek saat MCB mengalami kelebihan daya listrik. Jika anda ingin mengetahui artikel lebih lengkap terkait MCB, anda bisa kunjungi artikel kami dibawah ini

Jadi sebelum kami membagikan tips mengelas tanpa takut MCB jeglek / jepret, terlebih dahulu kami ingin membuktikan adanya durasi toleransi MCB tersebut. Kami menggunakan 3 merk mesin las yang berbeda yaitu LAKONI, DAIDEN dan RHINO. Kami memilih merk ini secara acak sebagai perbandingan seberapa lama MCB dapat mengatasi kekuatan dari masing-masing mesin las tersebut.

Pada percobaan ini kami menggunakan kawat las 2.0 mm yang cocok untuk digunakan pada MCB 4 amp atau setara 920 watt. Karena tingkat kematangan pada kawat las 2.0 mm ini bisa sempurna saat menerima panas dari arus listrik 50 amp atau setara dengan 1.100 hingga 1.400 ( tergantung merk mesin las ). Tentunya angkat tersebut sangat cocok untuk percobaan dengan MCB 4 amp ini.

Jadi langsung aja pada percobaan yang pertama kami menggunakan mesin las lakoni 120e yang gambarnya dapat anda lihat dibawah ini :

kami sedang melakukan pengelasan dengan menggunakan daya listrik 1.100 – 1.300 watt dan terbukti MCB tidak langsung jeglek. Hal ini terbukti dengan proses pengelasan kami berjalan lancar hingga batas waktu 20 detik lebih hingga MCB jeglek atau jepret.

Dan dapat anda lihat kami berhasil melakukan pengelasan hingga mencapai 15 cm. Jadi dari percobaan ini durasi toleransi sudah dapat dibuktikan kenyataannya. Tapi tidak hanya sampai disitu, kami tetap ingin mencoba lagi dengan mesin las yang berbeda, apakah hasilnya sama atau tidak.

Kali ini kami melakukan percobaan dengan mesin las Daiden MMAi 120. Untuk proses percobaannya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini

Pada percobaan diatas, terlihat kami menggunakan settingan mesin las di sekitaran 50 amp dengan daya listrik yang dikonsumsi oleh mesin las daiden ini sebesar 1.100 – 1.200 watt. Dan tetap terbukti MCB tidak langsung jeglek. Hal ini terbukti dengan proses pengelasan kami berjalan lancar hingga batas waktu 20 detik lebih hingga MCB jeglek atau jepret.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Perawatan Pada Dinding Kayu

Dan dapat anda lihat juga hasilnya kami dapat mengelas hingga mencapai panjang pengelasan 11 cm. Jadi untuk kedua kalinya, durasi toleransi MCB ini sudah dapat dibuktinya kenyataannya.

Lanjut lagi pada percobaan selanjutnya dengan menggunakan mesin las Rhino MMA 120A yang hasil percobaan tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Pada percobaan diatas, terlihat kami menggunakan settingan mesin las di sekitaran 50 amp dengan daya listrik yang dikonsumsi oleh mesin las Rhino ini sebesar 1.200 – 1.300 watt. Dan tetap terbukti MCB tidak langsung jeglek. Hal ini terbukti dengan proses pengelasan kami berjalan lancar hingga batas waktu 20 detik lebih hingga MCB jeglek atau jepret.

Dan dapat anda lihat juga hasilnya kami dapat mengelas hingga mencapai panjang pengelasan 10 cm. Jadi untuk ketiga kalinya, durasi toleransi MCB ini sudah dapat dibuktinya kenyataannya. Setelah kami melakukan ketiga percobaan tersebut, maka dapat kami simpulkan bahwa batas durasi toleransi MCB memang ada dan toleransi tersebut durasinya berbeda-beda tergantung dari spesifikasi dari mesin las tersebut.

Percobaan kami selanjutnya adalah menggunakan MCB merk ABB, karena sebelumnya kami menggunakan MCB merk schneider. Hal ini juga kami lakukan untuk membuktikan penjelasan kami tentang faktor-faktor yang mempengaruhi durasi toleransi sebuah MCB. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi durasi toleransi adalah merk MCB. Untuk itu percobaan kami selanjutnya adalah dengan menggunakan MCB merk lain yaitu ABB tetapi tetap menggunakan ketiga mesin las yang sama.

Dan pada percobaan dengan MCB merk ABB ini kami dapatkan beberapa hasil pengelasan yaitu seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Yang pertama kami mendapatkan panjang pengelasan sepanjang 15 cm dengan mesin las Lakoni 120e yang memakan waktu 30 detik lebih saat MCB merk ABB ini mencapai batasnya ( jeglek / jepret ).

Dan pada percobaan kedua dengan MCB merk ABB ini kami dapatkan panjang pengelasan sepanjang 14 cm dengan mesin las Daiden MMAi 120 yang memakan waktu 30 detik lebih saat MCB merk ABB ini mencapai batasnya ( jeglek / jepret ).

Dan pada percobaan ketiga dengan MCB merk ABB ini kami dapatkan panjang pengelasan sepanjang 10 cm dengan mesin las Rhino MMA 120 yang memakan waktu 20 detik lebih saat MCB merk ABB ini mencapai batasnya ( jeglek / jepret ).

Jadi dapat kami tarik kesimpulan bahwa memang benar adanya salah satu faktor yang mempengaruhi durasi MCB adalah merk MCB itu sendiri. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat tabel dibawah ini yang membuktikan bahwa kami melakukan pengelasan yang sama yaitu di angka 50 amp pada 3 buah mesin las yang sama.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Keunggulan Pembersih Lantai RJ Ware Cleaner Dan Aturan Pakainya

tips-mengelas-tanpa-takut-MCB-Jeglek-Jepret-Tabel-perbandingan-waktu-pengelasan

tips-mengelas-tanpa-takut-MCB-Jeglek-Jepret-Tabel-perbandingan-panjang-pengelasan

Pada tabel diatas dapat anda lihat perbedaan antara merk ABB dan merk Schneider baik dari segi durasi toleransi maupun dari segi panjang pengelasan.

TUTORIAL MENGELAS TANPA TAKUT MCB JEGLEK / JEPRET

Nah sekarang saatnya kita bagi-bagi informasi tentang cara atau tutorial mengelas tanpa takut MCB jeglek / jepret. Jadi hal pertama yang sudah kita pelajari bersama adalah adanya durasi toleransi MCB. Jadi kita harus memanfaatkan kelebihan dari MCB ini yaitu dengan cara melakukan pengelasan pendek. Atau dapat kita katakan, anda perlu melakukan pengelasan bertahap dengan waktu sekitar 5 – 7 detik kemudian setelah itu berhenti mengelas. Dan lanjutkan lagi setelah jeda waktu 3 detik sampai anda mulai mengelas lagi. Dan dapat kami pastikan MCB yang anda gunakan dirumah ataupun di bengkel tidak akan jeglek atau jepret. Jadi tetap ingat jangan terlalu lama mengelas dan berikan jeda waktu antara proses pengelasan satu dengan dua dan seterusnya. Untuk contoh pengelasan dengan teknik ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

tips-mengelas-tanpa-takut-MCB-Jeglek-Jepret-hasil-pengelasan-pendek

Jadi gimana?? udah pada paham kan tentang tips mengelas tanpa takut MCB jeglek / jepret yang sudah kami jelaskan pada artikel ini. Jadi jangan lupa buat pelajari atau terapin sendiri dirumah dan cari sela dan pelajari karakter MCB anda masing-masing. Karena tentunya tiap MCB memiliki karakteristik toleransi yang berbeda-beda.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat  menghubungi kami di 021 77202571/ 021 7751552/ 021 78881701. Atau WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat. Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *